Apa Itu Asuransi Umum dan Produknya?

Banyak sekali asuransi yang beredar di Indonesia dan memiliki tanggung jawab yang sama sebagai pelindung. Asuransi umum merupakan sebuah program penanggulangan resiko atau kerugian yang disebabkan oleh peristiwa yang tidak pasti. Resiko-resiko yang timbul tidak bisa diduga namun setidaknya pihak asuransi sebagai pihak penanggung memberikan jaminan penggantian beruapa uang yang disebut dengan santunan pada pihak tertanggung yang mengalami peristiwa tersebut.

Perbedaan Asuransi Umum dari Asuransi Lain

Asuransi umum berbeda dengan asuransi asuransi jiwa. Jika asuransi jiwa melindungi diri Anda dan keluarga dari resiko tak terduga seperti sakit ataupun meninggal dunia, maka asuransi umum bertujuan untuk melindungi aset-aset berharga Anda seperti bangunan rumah dan isinya serta mobil sebagai kendaraan utama Anda sehari-hari. Asuransi tersebut dilindungi oleh badan yang bernama Asosiasi Asuransi Umum Indonesia atau yang lebih sering disebut dengan AAUI. Sama seperti asuransi jiwa, asuransi umum juga memberikan berbagai macam manfaat dan kelebihan.

Seperti yang tertera pada Pasal 246 Kitab Undang-undang Hukum Dagang, pengertian asuransi umum dibagi menjadi tiga yaitu:

Adanya Kepentingan

Kepentingan yang dimaksud adalah pihak pertanggungan yang merupakan hal bersifat subyektif yang bisa rusak, hilang, atau berkurang nilainya karena sesuatu peristiwa yang tidak terduga menimpa. Unsur kepentingannya bersifat mutlak dan harus segera diselesaikan. Pada kondisi seperti inilah klaim asuransi umum dapat diajukan.

Adanya Peristiwa Tak Tentu

Unsur peristiwa tak tentu tersebut menyebabkan kerugian secara materiil ataupun bukan. Kalim asuransi bisa diajukan jika peristiwa tak terduga tersebut tidak dilakukan secara sengaja untuk tujuan tertentu, namun murni terjadi karena kecelakaan.

Adanya Kerugian

Kerugian di sini merupakan tanggung jawab pihak penanggung untuk mengganti berupa jaminan uang dengan jumlah tertentu sesuai kesepakatan yang dibuat oleh pihak penanggung dan juga pihak tertanggung. Besarnya jumlah dana ditentukan oleh besarnya program asuransi yang dipilih oleh pihak tertanggung.

Asuransi umum dan produknya - Fotolia

Asuransi umum dan produknya – Fotolia

Jenis Produk Asuransi Umum

Agen asuransi umum biasanya menawarkan produk asuransi tersebut yang sesuai dengan aset yang dimiliki oleh calon pihak tertanggung. Produk-produk yang biasanya ditawarkan di antaranya:

Asuransi Kendaraan Bermotor

Di sini, perusahaan asuransi akan melindungi kendaraan Anda dari resiko-resiko yang mungkin menimpa seperti kecelakaan lalu lintas, bencana alam, resiko kerusakan yang disebabkan oleh pihak ketiga, dan juga kejatuhan benda-benda berat sehingga kendaraan menjadi rusak.

Seperti dibahas sebelumnya, asuransi kendaraan sendiri terbagi menajdi dua yaitu TLO dan juga All risk. Asuransi TLO hanya akan mengganti biaya jaminan kendaraan apabila kendaraan tersebut mengalami kerusakan lebih dari 75%. Sementara all risk akan mengganti setiap kerusakan yang terjadi pada kendaraan Anda baik lecet sedikit maupun kerusakan berat.

Asuransi Kebakaran

Pihak asuransi akan melindungi rumah Anda dari resiko-resiko yang bisa menyebabkan kerusakan. Klaim asuransi kebakaran bisa diajukan jika kebakaran yang dimaksud bukanlah kebakaran yang disebabkan dengan sengaja namun terjadi tak terduga seperti akibat ledakan gas, kerusuhan, dan juga korslet aliran listrik.

Asuransi Kebongkaran

Selain kebakaran, rumah Anda tidak lepas dari resiko lain seperti kehilangan yang disebabkan oleh pencurian, perampokan, bencana alam, dan penjarahan. Di sini, tugas perusahaan asuransi adalah melindungi rumah dan perabotan tertentu yang terdapat di dalamnya. Penanggung menjamin penggantian biaya kerusakan aset yang terdapat di dalam rumah. Namun, biasanya pihak asuransi tidak menjamin penggantian untuk barang-barang berharga seperti emas.

Semoga seluruh penjelasan dan juga informasi seputar asuransi umum bisa membuat Anda paham dan bisa memilih jenis asuransi apa yang cocok sesuai kebutuhan. Anda juga harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan petugas untuk memahami syarat dan ketentuan produk tersebut.

Info Asuransi:

asuransi umum - produk asuransi umum - prodak asuransi kerugian - pengertian asuransi umum - pengertian asuransi dan produknya - jenis asuransi umum - jelaskan prodak yang di tawarkan oleh perusahaan asuransi - apa itu asuransi umum - perusahaan asuransi dan produknya - asuransi umum melimdungi apa - produk assuransi kerugian asset - produk asuransi general - produk asuransi kerugian - produk asuransi kerugian com - produk asuransi secara umam - produk asuransi secara/umum - Asuransi dan produknya - produk dari asuransi - produk produk asuransi secara umum - produk produk lembaga asuransi - produk produl yang ditawarkan asuransi - produk yang ditawarkan asuransi - produk yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi - produk-produk asuransi kerugian - produk apa yang ditawarkan asuransi - asuransi jenis dan produk - general insurance atau asuransi umum melindungi - jelas kan jenis jenis produk asuransi secara umum - jelaskan jenis asuransi jiwa dan asuransi umum - asuransi umum antara lain melindungi apa saja - Jelaskan produk produk asuransi - jenis asuransi beserta produknya - jenis asuransi dan produknya - jenis jenis asuransi umum - jenis jenis dan produk asuransi - jenis produk asuransi secara umum - pengertian asuransi dan jenis produknya - asuransi produk produk dan pengertian - asuransi kecurian produk - penjelasan asuransi umum - tentang asuransi umum -
Content Protection by DMCA.com