Apa Itu Polis Asuransi dan Fungsinya Bagi Anda?

Dalam berasuransi, kita mengenal beberapa istilah yang cukup sering disebut. Salah satunya adalah polis asuransi. Istilah itu “polis” tentunya akrab di telinga anda, bukan? Namun, apa sebenarnya yang disebut polis dalam asuransi? Pernahkah anda mencari tahu dengan serius apa itu polis dan manfaatnya? Padahal di dalam dunia asuransi, istilah seperti polis sangatlah penting untuk diketahui artinya karena fungsinya yang lebih tidak kalah penting dari definisinya.

Pengertian Polis Asuransi dan Istilah Terkait Lainnya

Ada beberapa istilah penting dalam asuransi yang harus Anda ketahui. Mengapa Anda wajib tahu? Tentu saja. Bagaimana Anda bisa menjalankan proses dalam berasuransi jika Anda tidak tahu arti dari tiap istilah yang identik dengan asuransi tersebut? Misalnya saja Anda diwajibkan untuk membayar premi setiap bulan, tapi karena Anda tidak tahu apa itu premi, maka Anda tidak membayarnya. Contoh tersebut cukup fatal jika benar-benar terjadi pada Anda.

Untuk itu, berikut akan dibahas beberapa pengertian dari istilah-istilah yang sering Anda dengar dari perusahaan asuransi.

Premi

Premi adalah sejumlah uang yang harus dikeluarkan tertanggung setiap bulannya dengan jumlah tertentu sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan asuransi. Premi merupakan kewajiban yang harus dibayarkan oleh seseorang yang terdaftar dalam sebuah perusahaan asuransi.

Polis

Polis merupakan suatu perjanjian tertulis yang berisi kesepakatan antara pihak perusahaan asuransi dengan pihak tertanggung. Dengan kata lain, polis merupakan bukti bahwa telah terjadi perjanjian pertanggungan yang sah. Misalnya, Anda mendaftar asuransi untuk kendaraan bermotor Anda. Ketika Anda selesai melakukan perjanjian dengan pihak asuransi, Anda akan mendapatkan polis standar asuransi kendaraan bermotor Indonesia.

Polis asuransi - Fotolia

Polis asuransi – Fotolia

Klaim

Klaim ialah sebuah permintaan resmi yang diajukan oleh nasabah atau pihak tertanggung kepada pihak perusahaan asuransi. Permintaan itu berupa permintaa bayaran berdasarkan ketentuan perjanjian. Permintaan itu kemudian akan diproses oleh perusahaan dan akan dibayarkan kepada pihak tertanggung jika telah disetujui.

Penangguh / Penanggung

Penangguh atau penanggung adalah pihak yang memberikan jasa asuransi yang memberi jaminan atas resiko yang mungkin terjadi. Penangguh atau penanggung bisa disebut sebagai perusahaan asuransi yang bisa saja merupakan lembaga milik swasta atau pun milik Negara. Contoh tugas penanggung yaitu harus bersedia menandatangani polis asuransi kesehatan sehabis melakukan perjanjian dengan tertanggung.

Tertangguh / Tertanggung

Tertangguh atau tertanggung adalah seseorang atau sekelompok orang yang memanfaatkan jasa pelayanan yang ditawarkan oleh penangguh atau tertangguh atau juga perusahaan asuransi. Dalam hal ini, tertanggung adalah anda sebagai klien, kendaraa, rumah, atau asset lainnya yang anda pertanggungkan di perusahaan asuransi.

Fungsi Utama Polis Asuransi

Dalam asuransi, fungsi polis sangatlah penting baik bagi pihak tertanggung maupun pihak penanggung. Jika proses perjanjian awal tidak memakai polis, maka tidak ada jaminan bahwa perjanjian itu sah. Maka berhati-hatilah jika Anda ditawari jasa asuransi tapi pada prosesnya tidak menyinggung tentang polis. Bisa saja itu adalah bentuk penipuan. Periksa juga lembar polis. Jika Anda mendaftar untuk asuransi jiwa, maka polisnya harus polis asuransi jiwa.

Fungsi polis bagi tertanggung yaitu sebagai bukti tertulis atas jaminan pertanggungan, bukti pembayaran premi kepada penanggung, dan bukti otentik untuk menuntut penanggung jika tidak memenuhi jaminannya. Sedangkan fungsi polis asuransi bagi penanggung adalah sebagai bukti tertulis atas jaminan yang diberikan. Selain itu juga sebagai bukti otentik untuk menolak tuntutan klaim atau ganti rugi bila penyebab kerugian tidak sesuai dengan persyaratan di polis.

Info Asuransi:

polis asuransi - apa itu polis asuransi - apa itu polis - arti polis - pengertian polis - arti polis asuransi - pengertian polis asuransi - polis artinya - polis asuransi adalah - asuransi polis - polis adalah - polis itu apa - fungsi polis asuransi - apa yang kamu ketahui tentang polis asuransi - apakah polis itu - apa polis asuransi - apa itu polis? - apakah itu polis - manfaat polis asuransi - apa arti polis - manfaat polis - apa arti polis asuransi - polis asuransi itu apa - apa yang dimaksud dengan polis asuransi - polis asuransi artinya - fungsi polis - polis asuransi kesehatan - pengertian polis di asuransi - polis ansuransi - apa itu polis asuransi? - apa yang dimaksud dengan polis - apa pengertian dari polis - yang dimaksud polis asuransi - arti polis dalam asuransi - asuransi itu apa - definisi polis - apakah polis asuransi itu - apa yang dimaksud polis asuransi - apa yang di maksud dengan polis - asuransi polis adalah - Pengertian polis dalam Asuransi - apa polis itu - fungsi buku polis asuransi - fungsi utama polis asuransi - fungsi penanggung asuransi polis - apa polis - maksud polis asuransi - defenisi polis asuransi - pengertian polish pada asuransi - apaitu polis asuransi -
Content Protection by DMCA.com