Apa Itu Premi Asuransi, Fungsi, dan Komponennya?

Kita sering mendengar istilah “premi” dalam kegiatan asuransi. Jika ingin mulai menggunakan asuransi apapun, sebaiknya istilah premi asuransi ini dipahami benar maksudnya. Khawatir jika saat Anda disuruh membayar premi, Anda tidak melakukannya sesuai dengan aturan atau malah tidak sama sekali membayarkannya. Itulah mengapa istilah-istilah dalam asuransi sangat penting untuk diketahui artinya. Premi sebenarnya mengacu pada uang bayaran yang dibayarkan nasabah kepada pihak asuransi dengan syarat dan ketentuan tertentu. Jika premi tidak dibayarkan, Anda tentu tidak bisa mengajukan klaim.

Pengertian Premi Asuransi Beserta Fungsinya

Premi pada dasarnya adalah sejumlah uang yang wajib dibayarkan oleh pihak tertanggung (nasabah) kepada pihak penanggung (perusahaan asuransi) atas keikutsertaannya dalam asuransi. Jumlah uang yang dibayarkan setiap bulannya telah ditentukan oleh perusahaan asuransi dengan memperhatikan keadaan pihak nasabah. Ini artinya, premi antara satu nasabah dengan nasabah lainnya bisa berbeda-beda tergantung ketentuan pihak perusahaan asuransi.

Fungsi dari premi adalah sebagai pengembalian finansial kepada tertanggung atas kerugian yang ia hadapi pada suatu hari. Misalnya saja jika seseorang telah membayar premi asuransi kesehatan. Maka suatu hari nanti jika ia sakit dan perlu dirawat, pembiayaannya selama di rumah sakit bisa dipotong atau bahkan digratiskan. Bukan karena benar-benar gratis, melainkan dibayarkan secara tidak langsung oleh pihak asuransi dengan uang premi yang selama ini tertanggung bayarkan. Bisa dibilang premi juga merangkap menjadi uang investasi dan uang tabungan.

Ada 2 faktor yang dapat mempengaruhi besar-kecilnya biaya premi nasabah, yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal meliputi kondisi perekonomian, persaingan dengan perusahaan lain, dan peraturan undang-undang pemerintah. Sedangkan faktor internal yaitu kondisi dari pertanggungan, jenis barang yang diasuransikan, jenis alat pengukur barang yang diasuransikan, cara pengangkutan barang, dan jangka waktu pertanggungan.

Apa itu premi asuransi - Fotolia

Apa itu premi asuransi – Fotolia

Komponen Premi Asuransi

Premi memiliki beberapa komponen dasar yang penting juga untuk diketahui, baik untuk premi asuransi mobil maupun produk asuransi lainnya, yaitu:

Premi Dasar

Premi dasar merupakan premi yang jumlahnya dicantumkan pada polis asuransi dan biasanya tidak berubah selama data atau luas jaminannya tidak mengalami perubahan. Premi dasar terbagi menjadi 3 komponen yang lebih kecil lagi yaitu komponen premi yang membayar kerugian yang mungkin dapat terjadi, komponen premi yang membiayai operasi atau kegiatan perusahaan, dan komponen premi yang menjadi bagian dari keuntungan perusahaan.

Premi Tambahan

Premi tambahan yaitu jenis premi yang ditambahkan pada premi dasar jika terjadi perubahan data dan luasnya resiko yang dijaminkan. Misalnya semula Anda hanya membayar premi asuransi jiwa. Namun karena Anda juga ingin memakai produk tambahan lain selain asuransi jiwa, maka biaya premi Anda tentunya bertambah. Itulah yang disebut premi tambahan.

Reduksi Premi

Reduksi premi adalah potongan dari besarnya premi yang diakibatkan oleh situasi tertentu. Misalnya pembayaran premi secara sekaligus untuk beberapa tahun ke depan atau pembayaran premi melalui lembaga keuangan tertentu.

Tarif Kompeni

Tarif kompeni ialah tariff yang disusun untuk menghindari ketatnya persaingan usaha di antara perusahaan asuransi.

Demikianlah beberapa pengertian istilah yang berkaitan dengan premi asuransi. Semoga dapat memberi manfaat untuk kita semua agar lebih mengetahui ilmu asuransi sebelum melangkah terlalu jauh. Jangan sampai ketidaktahuan kita justru malah membuat kita merasa dirugikan, padahal pihak asuransi tidak bermaksud demikian. Asuransi itu penting. Karena itu penting, maka Anda harus mempelajarinya dengan seksama. Selamat berasuransi!

Info Asuransi:

apa itu premi - premi - premi asuransi - premi adalah - pengertian premi - premi asuransi adalah - pengertian premi asuransi - fungsi premi asuransi - komponen yang terlibat dalam asuransi - komponen asuransi - apa itu premi asuransi - komponen premi asuransi - apa itu premi? - Bayaran kepada asuransi - fungsi premi - maksud premi - jenis jenis premi - https://asuransime com/apa-itu-premi-asuransi-fungsi-dan-komponennya/ - fungsi dari premi asuransi - premi dasar - komponen utama dalam asuransi - apa itu pihak tertanggung - apa itu premi ? - apa yang dimaksud premi - premi tamb - pengertian premi dalam asuransi - apa yang di maksud premi assuransi - fungsi premi dan faltoer perubahan premi - jelaskan fungsi premi asuransi bagi penanggung dan tertanggung - jelaskan fungsi premi bagi penanggung - apa yang di maksud dengan pembayaran premi - jenis tarif asuransi - apa yang anda ketahui tentang premi - apa kegunaan premi untuk kta - komponen dalam kegiatan asuransi - apa itu uang premi - komponen premi asuransi jiwa - komponen premi asuransi kesehatan - fungsi premi#spf=1 - arti dari uang premi - apa yang dimaksud dengan kegiatan asuransi - yg dimaksud premi asurasi kerugian - apa yang dimaksut potongan premi rs - Apa yg anda ketahui tentang premi - besatnya suku premi biasanya ditetapkan dengan memperhatikan komponen di bawah i - besarnya suku premi biasanya ditetapkan dengan memperhatikan komponen sebutkan komponen tersebut - bayaran kepada asuransi disebut? - bayaran kepada asuransi di sebut - apa yg di maksud biaya asuransi - bayaran ke asuransi -
Content Protection by DMCA.com