Apa Kata Para Ahli tentang Pengertian Premi Asuransi?

Seiring dengan semakin tingginya resiko dalam kehidupan sehari-hari, mempunyai asuransi adalah alternatif yang bisa kita lakukan sebagai tindakan perlindungan baik bagi diri sendiri maupun keluarga. Asuransi juga merupakan produk investasi yang sudah sangat akrab bagi masyarakat terutama di daerah perkotaan. Bagi Anda yang awam dalam hal ini, berikut ini adalah penjelasan tentang pengertian premi asuransi, yang merupakan bagian tak terpisahkan dari asuransi itu sendiri.

Pengertian Premi Asuransi Menurut Ahli dan Ilmu Akuntansi

Berikut ini adalah pengertian premi dalam asuransi menurut beberapa ahli.

  • Menurut Juli Irmayanto dkk: premi adalah sesuatu yang diberikan sebagai hadiah atau sesuatu yang dibayarkan ekstra sebagai pendorong atau perancang atau sesuatu pembayaran tambahan di atas pembayaran normal.
  • Menurut Subagyo dkk: premi asuransi adalah sebagai uang yang dibayarkan oleh tertanggung terhadap perusahaan asuransi yang dapat ditentukan dengan cara tertentu.
  • Definisi atau pengertian premi asuransi menurut para ahli yang terakhir dirumuskan oleh Soeisno Djojosoedarso: yaitu pembayaran dari tertanggung kepada penanggung.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa premi asuransi mengacu kepada dua hal. Pertama, Imbalan jasa atas jaminan yang disediakan oleh pihak penanggung kepada pihak tertanggung untuk penggantian resiko kerugian yang mungkin terjadi di masa mendatang (pada asuransi kerugian), 2. Imbalan jasa atas jaminan perlindunganyang diberikan oleh penanggung kepata tertanggung dengan menyediakan sejumlah uang terhadap resiko hari tua maupun kematian (pada asuransi jiwa).

Selain menurut pendapat para ahli tersebut, pengertian premi asuransi dalam akuntansi adalah istilah yang menjelaskan sejumlah dana yang dibayarkan oleh pihak pemegang polis terhadap pihak penanggung atau perusahaan asuransi untuk memperoleh nilai perlindungan bila yang bersangkutan tertimpa peristiwa yang tak diinginkan.

Pengertian Premi Asuransi (Fotolia)

Pengertian Premi Asuransi (Fotolia)

Masih terkait dengan akuntansi, ada premi yang disebut sebagai premi bruto atau premi yang didapatkan dari penutupan langsung dan penutupan tak langsung. Hal ini termasuk premi yang didaptkan dari penutupan polis bersama. Sementara untuk premi reasuransi adalah bagian dari premi bruto yang merupakan hak reasuradur sesuai dengan perjanjian reasuransi.

Contoh Perhitungan Premi Asuransi

Bila Anda tertarik untuk bekerja sama dengan perusahaan asuransi, berikut ini adalah contoh perhitungan premi asuransi secara sederhana yang sebaiknya Anda ketahui. Perusahaan asuransi mempunyai 2 acuan dalam menghitung besaran premi, yaitu hukum bilangan besar, dan mortalitas dan besaran premi.

Contoh Perhitungan Premi Asuransi: Menurut Hukum Bilangan Besar

Untuk perhitungan pertama, filosofi bilangan besar adalah ketidakpastian serta resiko akan semakin kecil bila jumlah orang yang menjadi nasabah perusahaan asuransi mengalami kenaikan. Jadi semakin besar jumlah orang yang bergabung dalam suatu program asuransi jiwa maka ketepatan perhitungan terhadap kemungkinan kerugian asuransi akan lebih mudah dilakukan. Dengan demikian perusahaan akan dapat mengantisipasi klaim di masa depan dengan lebih tepat.

Misalnya, perusahaan akan menghadapi resiko yang besar bila harus menutup pertanggungan asuransi untuk satu nasabah dengan nilai 100 juta dalam 1 tahun. Tetapi saat orang yang mengikuti program asuransi mencapai 500 orang maka ketidakpastian akan lebih minim walaupun resiko tetap ada. Artinya jumlah kematian akan menurun sehingga perusahaan dapat mengantisipasi klaim dengan lebih akurat.

Contoh Perhitungan Premi Asuransi: Menurut Mortalitas

Masih berkaitan dengan pengertian premi asuransi, perusahaan akan menghitung premi berdasarkan hasil statistik pada tabel peringkat mortalitas. Hal ini berhubungan dengan tingkatan umur. Dari data yang telah diobservasi sebelumnya, perusahaan asuransi kemudian menghitung rata-rata sebagai tolak ukur untuk merancang ilustrasi kemungkinan tingkat harapan hidup pada setiap golongan usia.

Selain itu, perhitungan premi juga akan dihubungkan dengan perkiraan tingkat suku bunga, biaya distribusi, serta biaya administrasi. Hal ini tentu sesuai dengan kebijakan masing-masing perusahaan asuransi. Nah, semoga informasi di atas bisa menambah wawasan Anda.

Info Asuransi:

pengertian premi menurut para ahli - pengertian premi asuransi menurut - pengertian pembuatan premi pertama menurut para ahli - pengertian premi asuransi menurut para ahli - pengertian premi bruto - premi reasuransi - definisi premi menurut husein umar - perhitungan premi menurut para ahli - pengertian premi penutupan langsung - premi menurut ahli - pengertian premi pertama - pengertian premi tahunan menurut ahli - premi asuransi menurut para ahli - perhitungan premi asuransi menurut para ahli - pengrtian premi sendiri - pengertian premi dan polis menurut ahli - pengertian premi bruto dan premi reasuransi - arti tepat istilah kata bruto adalah - definisi premi asuransi menurut para ahli - kata besar pengertian asuransi - kata yang berhubungan dengan premi - maksud dari premi bruto rata-rata - pendapat ahli tentang investasi asuransi - pengertian perhitungan premi menurut ahli - pengertian perhitungan premi menurut para ahli - apa itu mortalitas dan besaran premi - yg dimaksud premi bruto asuransi -
Content Protection by DMCA.com