Asuransi Jiwa: Pengertian dan Manfaatnya untuk Anda

Setiap orang tentu berharap untuk menjalani hidup dengan usia panjang dan kehidupan yang bahagia, tetapi tentu kita tak memiliki kuasa untuk menentukan umur kita. Oleh karena itu sangat penting untuk menjadi nasabah asuransi jiwa yang secara umum berfungsi untuk memberikan jaminan dengan sejumlah uang dalam nominal tertentu untuk mengatasi kesulitan keuangan bila yang bersangkutan atau pemegang polis adalah pencari nafkah dalam keluarga.

Pengertian asuransi jiwa - Fotolia

Pengertian asuransi jiwa – Fotolia

Sejumlah uang dalam nominal tertentu bahkan mungkin bernilai besar tentu tak dapat menggantikan rasa sedih dan kehilangan orang yang dicintai tetapi paling tidak penderitaan anggota keluarga yang ditinggalkan dapat menjadi sedikit lebih ringan karena keuangan keluarga tak akan terancam dengan ketiadaan tulang punggung keluarga.

Pengertian Asuransi Jiwa

Secara ringkas dapat kita pahami tentang pengertian asuransi jiwa sebagai suatu produk asuransi  yang berguna untuk menanggung orang atau nasabah terhadap kerugian keuangan dalam kondisi tak terduga akibat wafatnya nasabah tersebut. Hal ini bisa juga berarti merupakan kontrak perjanjian antara nasabah atau pemegang polis dengan insurer atau perusahaan asuransi dengan pihak insurer berkewajiban untuk membayarkan nominal uang tertentu bila terjadi resiko kematian terhadap nasabah atau pemegang asuransi.

Lalu apa asuransi jiwa terbaik yang layak untuk menjadi mitra Anda? Jawabannya tentu relatif karena setiap perusahaan menyediakan produk asuransi jiwa ini dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Beberapa perusahaan asuransi yang cukup ternama di tanah air yang dapat menjadi referensi bagi Anda adalah asuransi Prudential, asuransi AXA, Manulife, Sinarmas, dan Allianz. Pelajari  terlebih dahulu tentang kebijakan perusahaan serta peraturan tentang preminya sebelum memutuskan untuk menjadi nasabahnya.

Asuransi jiwa untuk perlindungan seluruh keluarga - Fotolia

Asuransi jiwa untuk perlindungan seluruh keluarga – Fotolia

Manfaat Asuransi Jiwa dan Faktor Yang Mempengaruhi Premi

Untuk manfaat asuransi jiwa antara lain adalah, meminimalkan resiko yang tak terduga sebagaimana yang telah disebutkan di  atas. Dengan memiliki asuransi kita akan merasa lebih tenang karena perlindungan bagi keluarga akan lebih meringankan. Kesulitan keuangan bagi keluarga bisa diatasi dengan klaim asuransi bila sewaktu-waktu terjadi hal yang terburuk terhadap kepala keluarga. Dengan skema asuransi Anda akan dapat mempersiapkan berbagai hal seperti misalnya pendidikan, pengeluaran operasional bulanan, dan berbagai kebutuhan rutin lainnya.

Untuk memperoleh manfaat dari asuransi jiwa tentu tertanggung harus membayar premi asuransi jiwa setiap bulannya. Faktor yang mempengaruhi jumlah premi adalah usia, riwayat kesehatan, serta jenis kelamin. Berikut adalah beberap aspek penting tentang asuransi jiwa:

  • Pada umumnya nasabah yang berusia lebih tua akan membayar premi asuransi lebih besar bila dibandingkan mereka yang masih muda.
  • Selain itu hal lain yang juga menjadi pertimbangan adalah kondisi jantung, penyakit mental, riwayat penyakit keturunan, tekanan darah tinggi, dan sebagainya.
  • Orang-orang dengan profesi atau hobby yang berbahaya juga pada umumnya harus membayar premi dengan nilai yang lebih tinggi seperti skydiving, terjun payung, atau scuba diving.
  • Mereka yang mempunyai kebiasaan merokok juga harus membayar premi asuransi dua kali lipat lebih banyak daripada tertanggung yang bukan perokok.
Faktor yang mempengaruhi premi asuransi jiwa - usia dan kesehatan (Fotolia)

Faktor yang mempengaruhi premi asuransi jiwa – usia dan kesehatan (Fotolia)

Jadi, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi resiko kematian maka harga premi yang dibayarkan juga akan semakin mahal.

Lalu apakah semua orang membutuhkan asuransi jiwa? Ternyata tidak, karena yang diutamakan untuk mempunyai asuransi di sini adalah mereka yang mempunyai tanggungan. Pada umumnya kepala keluarga yang mempunyai putera-puteri yang masih belum mandiri atau pendidikannya belum mencapai tingkat universitas. Selain anak-anak mungkin juga ada anggota keluarga lain yang membutuhkan dukungan finansial dari mereka. Semoga bermanfaat!

Info Asuransi:

makalah asuransi pada onh - pengertian asuransi jiwa dan manfaat - Pengertian dan produk Asuransi jiwa - perlindungan jiwa -
Content Protection by DMCA.com