Asuransi Kebakaran: Untuk Perlindungan Rumah Idaman Anda

Semakin besar minat masyarakat untuk melindungi setiap aset berharga yang dimiliki. Rumah adalah salah satu tempat tinggal dan merupakan tabungan investasi pemiliknya. Asuransi kebakaran pun banyak dipilih oleh masayarakat untuk melindungi rumah dari bencana buruk yang bisa datang kapan saja khusunya kebakaran. Memilih asuransi ini merupakan tindakan prevensi pertama yang dapat Anda lakukan.

Pengertian Asuransi Kebakaran dan Premi Kebakaran

Sebelum Anda mengasuransikan rumah Anda dari bencana khususnya kebakaran, sebaiknya Anda perlu mengetahui terlebih dahulu pengertian asuransi kebakaran, walaupun nantinya perusahaan asuransi dapat memberikan Anda penjelasan, namun ada baiknya bila Anda juga mengetahuinya supaya tidak ada salah paham sebelum membuat perjanjian.

Sebenarnya, asuransi ini merupakan sebuah perjanjian yang dibuat oleh dua pihak yang biasa disebut penanggung dan pihak yang tertanggung yang mengasuransikan aset miliknya apabila terjadi kebakaran yang melanda benda atau aset tersebut, maka tugas pihak penanggung adalah membayar biaya santunan atau ganti rugi terhadap aset tersebut sesuai dengan biaya perjanjian. Di sini, pihak tertanggung harus membayar premi setiap bulannya sebagai kewajiban dalam perjanjian asuransi perlindungan rumah dari kebakaran.

Asuransi kebakaran - Fotolia

Asuransi kebakaran – Fotolia

Namun, ada benda-benda yang tidak termasuk dalam premi kebakaran. Inilah barang-barang yang dikecualikan dalam premi rumah:

  • Barang yang dititipkan oleh orang lain di rumah Anda
  • Kendaraan bermotor atau alat berat di rumah Anda
  • Logam mulia seperti perhiasan
  • Barang antik atau barang yang bernilai seni
  • Perangkat lunak seperti komputer
  • Pondasi di bawah rumah dan pagar
  • Pohon, tanaman, dan hewan peliharaan
  • Taman di rumah Anda termasuk kolam ikan atau pancuran air

Asuransi Kebakaran: Resiko yang Tidak Ditanggung

Seperti layaknya diri Anda yang kapan saja bisa mengalami suatu kejadian yang tidak terduga, rumah sebagai aset properti juga rentan terhadap bencana-bencana yang datak tidak diundang. Dengan mendaftarkan rumah Anda pada asuransi kebakaran rumah yang Anda percaya, maka rumah Anda bisa mendapatkan perlindungan penuh dari bahaya. Namun ada beberapa resiko bahaya yang tidak dapat ditanggung kerugiannya oleh perusahaan asuransi.

Berikut syarat yang tidak ditanggung oleh asuransi:

  • Kebakaran atau ledakan dari api yang ditimbulkan sendiri akibat kelalaian sendiri
  • Hubungan arus pendek atau api yang ditimbulkan dari jenis bahan atau sifat barang itu sendiri
  • Pengaruh dari radiasi nuklir atau pencemaran yang diakibatkan oleh radio aktif
  • Rumah yang dibakar dengan sengaja

Beberapa dari resiko tersebut adalah resiko umum yang biasanya tidak ditanggung oleh perusahaan asuransi. Namun, beberapa dari perusahaan asuransi sudah banyak yang menghilangkan beberapa resiko polis tersebut sehingga Anda harus cermat dalam memilih asuransi kebakaran terbaik yang memiliki syarat polis paling sedikit supaya perlindungan rumah yang Anda dapatkan maksimal sesuai dengan biaya premi yang Anda bayarkan.

Dengan membayar premi asuransi kebakaran setiap bulannya, rumah Anda akan dilindungi penuh dari berbagai ancaman bahaya utamanya kebakaran. Sebaiknya, Anda memilih jenis asuransi terbaik dengan minim resiko dan syarat supaya perlindungan menjadi maksimal sehingga Anda dan keluarga memiliki rasa aman dan tenang bila suatu saat terjadi kebakaran di rumah Anda.

Pilihlah asuransi rumah yang sudah terpercaya dalam melayani masyarakat dan sudah jelas perizinannya sehingga Anda tidak perlu ragu-ragu untuk mengasuransikan rumah Anda di perusahaan tersebut. Anda bisa mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan anggota keluarga Anda yang mengetahui tentang produk-produk asuransi rumah, seperti asuransi kebakaran ataupun teman Anda yang memiliki jenis asuransi yang sama sehingga Anda bertambah yakin untuk mengasuransikan rumah Anda guna perlindungan masa depan keluarga Anda.

Info Asuransi:

asuransi kebakaran rumah - mendaftarkan rumah dalam asuransi - perjanjian asuransi rumah kebakaran - resiko yg ditanggung perusahaan asuransi -
Content Protection by DMCA.com