Asuransi Kesehatan Tradisional: Apa yang Harus Anda Ketahui

Saat ini, pengguna asuransi mendapat lebih banyak pilihan paket polis dibanding beberapa dekade lalu, sehingga asuransi kesehatan tradisional bukan lagi satu-satunya pilihan. Sesuai namanya, asuransi kesehatan tradisional hanya menyediakan tanggungan perawatan kesehatan, sedangkan unit link mengaitkan asuransi kesehatan dengan investasi. Sepintas, asuransi unit link terlihat seperti pilihan paling menguntungkan dibandingkan asuransi kesehatan biasa, karena menyediakan pilihan pengembalian dana lebih besar ketimbang asuransi kesehatan tradisional. Akan tetapi, benarkah demikian?

Anda kini memiliki lebih banyak pilihan daripada dulu dalam hal layanan asuransi, jadi asuransi tradisional tak lagi menjadi pilihan satu-satunya. Akan tetapi, bukan berarti asuransi tradisional adalah pilihan yang buruk. Kebutuhan akan asuransi haruslah sesuai dengan keperluan setiap pemegang polis.

Perbedaan Asuransi Kesehatan Tradisional dan Unit Link

Asuransi unit link menawarkan investasi dana dari polis Anda ketika tidak ada klaim, namun asuransi kesehatan tradisional hanya menawarkan pertanggungan kesehatan, dimana manfaat tunainya hangus atau tidak ada sama sekali jika Anda tidak melakukan klaim. Akan tetapi, sekarang banyak perusahaan asuransi yang juga menawarkan polis tradisional dengan manfaat tunai, namun tidak sebesar asuransi unit link.

Dalam asuransi tradisional, biasanya ada pilihan berjangka namun tidak memiliki manfaat tunai (term life), seumur hidup (whole life), dan yang berjangka tetapi sekaligus memiliki manfaat tunai (endowment). Akan tetapi, manfaat tunai yang ditawarkan asuransi tradisional tidak sebesar unit link. Dalam asuransi whole life dan endowment, manfaat tunainya juga tidak terlalu bervariasi; misalnya, tidak seperti asuransi unit link, Anda tidak mendapat pilihan investasi yang akan memutar uang Anda jika tidak ada klaim, seperti equity fund, balance fund, fix income fund, dan money market fund.

Sepintas, memilih asuransi tradisional tanpa manfaat investasi kelihatan seperti kerugian, namun sebenarnya tidak selalu seperti itu. Asuransi kesehatan yang biasa juga memiliki keunggulan tersendiri, tergantung apa yang Anda butuhkan.

Apa itu asuransi kesehatan tradisional (Fotolia)

Apa itu asuransi kesehatan tradisional (Fotolia)

Manfaat Asuransi Kesehatan Tradisional ketimbang Unit Link

Salah satu keunggulan asuransi kesehatan tradisional yang jelas terlihat adalah: harganya jauh lebih murah daripada unit link. Selain itu, asuransi tradisional juga tidak memiliki risiko sebesar unit link, walaupun manfaat tunai yang Anda peroleh tidak besar. Hal ini karena, dalam asuransi unit link, dana yang berasal dari pembayaran premi Anda akan dikelola oleh manajemen investasi, yang akan memutar dana Anda dalam berbagai lahan investasi sesuai pilihan pendanaan.

Keunggulan lain dari asuransi tradisional adalah tidak adanya pemotongan dana atau keharusan untuk membayar tambahan premi, yang bisa terjadi ketika investasi pada unit link berakhir minus. Dalam asuransi unit link seperti ini, Anda harus membayar tambahan premi jika tidak ingin polis tersebut mati. Akan tetapi, dalam asuransi tradisional terutama yang berjangka, Anda hanya membayarkan apa yang memang menjadi kewajiban Anda. Begitu masa pertanggungan habis, Anda juga tidak perlu membayar apa-apa lagi dan tidak perlu memikirkan polis mati, selama Anda rajin membayar premi.

Asuransi tradisional juga paling cocok jika Anda benar-benar membutuhkan pertanggungan terhadap berbagai penyakit berat dan prosedur/perawatan rumah sakit. Hal ini karena asuransi unit link biasanya tidak memberi layanan pertanggungan kesehatan selengkap asuransi tradisional, karena juga berfokus pada investasi. Jadi, jika Anda menginginkan pertanggungan kesehatan selengkap mungkin, Anda sebaiknya memilih asuransi kesehatan tradisional, terutama jika ada kemungkinan bahwa Anda mungkin tak membutuhkan polis itu selamanya.

Info Asuransi:

asuransi kesehatan tradisional - asuransi kesehatan tradisional murah - asuransi tradisional kesehatan - macam asuransi kesehatan tradisional - perbandingan asuransi kesehatan tradisional -
Content Protection by DMCA.com