Asuransi Pendidikan yang Bagus untuk Kuliah S2

Menyekolahkan anak hingga tingkat pendidikan spesialis alias S2 memerlukan perencanaan matang dan asuransi pendidikan yang bagus. Asuransi pendidikan merupakan pilihan lebih masuk akal terutama untuk orangtua dengan penghasilan tak terlalu besar, karena bisa membantu mengumpulkan dana pendidikan yang dapat berfungsi juga sebagai tabungan, santunan, dan bahkan biaya hidup masa depan.

Memilih asuransi pendidikan anak yang bagus bukan hanya soal nama terpercaya, namun juga memilih jenis yang paling tepat sesuai kebutuhan. Jika Anda berencana si anak bisa kuliah S2 atau spesialis, Anda membutuhkan asuransi yang bisa menanggung kebutuhan itu kelak setelah si anak dewasa (jika anak Anda masih kecil).

Asuransi Pendidikan yang Bagus: Unit Link, Reksadana, atau Manfaat Pasti?

Ketika orangtua hendak berinvestasi untuk pendidikan lanjutan anak, biasanya asuransi yang dipilih adalah yang memiliki manfaat lebih, bukan hanya perlindungan. Berbagai perusahaan asuransi menawarkan asuransi pendidikan yang bagus untuk anak, dan banyak di antaranya menawarkan manfaat investasi bersama perlindungan alias asuransi unit link. Akan tetapi, ada juga pilihan berupa reksadana dan asuransi manfaat pasti (misalnya Go Pro oleh Manulife).

Asuransi Pendidikan yang Bagus untuk Kuliah S2

Asuransi Pendidikan yang Bagus untuk Kuliah S2 (fotolia)

Berikut beberapa penjelasan untuk masing-masing pilihan:

Unit link.

Ini adalah asuransi yang menggabungkan manfaat perlindungan dan investasi, dengan prosedur penarikan yang bisa diatur jangkanya (misalnya setiap 3 tahun sekali, 5 tahun sekali, atau setelah 10 hingga 20 tahun). Jika tujuan pengambilan asuransi adalah untuk pendidikan anak, terutama S2, maka orangtua disarankan untuk mengambil jangka panjang saja (misalnya diambil setelah 10 atau 20 tahun), karena penarikan terus-menerus akan mengurangi nilai investasinya. Selain itu, ada baiknya tidak mengambil jenis asuransi dengan manfaat tambahan (rider) karena akan semakin mengurangi nilai investasi.

Asuransi berjangka plus reksadana.

Pilihan kedua untuk asuransi pendidikan anak hingga jenjang S2 adalah mengambil asuransi jiwa berjangka plus investasi reksadana. Investasi ini memiliki return yang cukup tinggi, dan Anda tidak perlu melihat investasi Anda tergerus seperti kalau menyatukan asuransi pendidikan dengan asuransi jiwa. Reksadana mudah dimulai karena setoran awalnya bisa murah sekali, yaitu sekitar 100 ribu Rupiah. Reksadana bisa menawarkan manfaat yang lebih besar, akan tetapi, ingat bahwa reksadana juga cenderung lebih berisiko daripada unit link.

Asuransi manfaat pasti.

Asuransi ini memiliki “tujuan” pasti dan Anda punya lebih sedikit kebebasan dalam menggunakan dananya. Akan tetapi, jika memang bertekad untuk suatu tujuan seperti menyekolahkan anak hingga jenjang S2, ini adalah asuransi yang cukup ideal karena hasilnya lebih pasti dan tidak tergantung berhasil-gagalnya investasi. Asuransi ini hanya bisa menerima pencairan pada saat anak mulai kuliah, tetapi jika Anda merasa bahwa kuliah akan menjadi masa-masa paling memberatkan, asuransi ini bisa dipilih karena risikonya kecil. Akan tetapi, tetap ada proteksi jika terjadi bencana atau musibah sebelum uangnya bisa diambil.

Ketiga asuransi ini memiliki manfaat masing-masing. Asuransi unit link menawarkan kemudahan investasi dan fleksibilitas dalam pengaturan dana. Asuransi berjangka plus reksadana menawarkan kembalinya investasi lebih besar. Asuransi manfaat pasti menjamin adanya dana tanpa risiko besar untuk tujuan masa depan tertentu (asal Anda bisa berkomitmen tidak menarik dananya). Tinggal pilih asuransi pendidikan yang bagus dan terpercaya dari perusahaan asuransi yang menurut Anda terpercaya.

Menyekolahkan anak hingga jenjang S2 bukan upaya yang mudah serta murah, namun dengan asuransi pendidikan yang bagus dan terpercaya, tujuan itu bukan lagi mimpi.

Info Asuransi:

asuransi pendidikan S2 - tabungan pendidikan s2 - S2 pendidikan yang bagus - asuransi untuk kuliah - asuransi pendidikan untuk s2 - asuransi pendidikan s2 terbaik - Asuransi pendidikan kuliah anak terbaik - asuransi anak hingga kuliah - asuranai pendidikan s2 - apakah ada asuransi pendidikan untuk S2 -
Content Protection by DMCA.com