Bagaimana Cara Kerja Asuransi untuk Memberikan Pertanggungan?

Apakah anda memiliki asuransi? Lalu, apakah anda memahami cara kerja asuransi dalam memberikan pertanggungan untuk anda dan keluarga? Sekalipun sudah menjadi nasabah asuransi, pada kenyataannya banyak nasabah yang belum memahami bagaimana asuransi bekerja. Satu-satunya hal diketahui oleh masyarakat adalah asuransi mengcover biaya dan seluruh jaminan keselamatan diri dan keluarga sepenuhnya.

Premi yang dibayarkan oleh masyarakat merupakan sebuah kewajiban yang dibayarkan sebagai persetujuan dan juga tabungan investasi masa depan. Namun seringkali uang santunan yang Anda dapatkan melebihi dari premi yang Anda bayarkan. Lalu, bagaimana itu terjadi?

Cara Kerja Asuransi Secara Umum

Sistem cara kerja perusahaan asuransi sebenarnya sangat mudah dipahami. Ada 3 tahapan sistem yang dilalui, yakni:

Menarik dan merekrut nasabah atau pemegang polis

Disini perusahaan asuransi bertugas untuk mencari calon nasabah ataupun menerima calon nasabah yang ingin menjadi peserta asuransi. Selanjutnya perusahaan akan mengelompokkan Anda berdasarkan jenis asuransi yang dipilih. Misalnya Anda memilih asuransi kesehatan, maka cara kerja asuransi kesehatan akan mengumpulkan Anda menjadi satu dengan orang-orang yang membeli asuransi kesehatan juga. Dana yang terkumpul juga akan dibedakan berdasarkan jenisnya sehingga pencairan klaim mudah dilakukan.

Mengumpulkan dana premi

Setelah menyetujui syarat dan ketentuan polis, maka Anda wajib untuk membayar iuran yang bisa dibayarkan secara berjangka atau sekaligus yang disebut premi. Dana yang Anda bayarkan untuk jenis asuransi tertentu akan dikumpulkan menjadi satu dengan dana yang dibayarkan orang lain dan sesuai dengan jenisnya.

Cara kerja asuransi - Fotolia

Cara kerja asuransi – Fotolia

Misalnya cara kerja asuransi jiwa, perusahaan mengelompokkan premi sesuai dengan kriteria yang ditetapkan, seperti besarnya dan juga nilai dari potensi kerugian tersebut, biaya administrasi, kesalahan saat menilai potensi kerugian, serta beberapa penilaian lainnya.

Pembayaran klaim

Setelah dana dari Anda dan nasabah lain terkumpul, maka langkah selanjutnya adalah perusahaan akan membayar klaim pada setiap nasabah yang mengajukan klaim kerugian karena sesuatu hal, bisa karena sakit, kecelakaan atau musibah tertentu. Sebelum perusahaan membayarkan klaim tersebut, perusahaan akan menyelidiki terlebih dahulu apakah klaim itu benar-benar murni ataukah dilakukan dengan sengaja. Apabila klaim dilakukan dengan sengaja, maka perusahaan tidak mau mencairkan dana tersebut.

Cara Kerja Asuransi Pendidikan

Sedikit berbeda dengan asuransi jiwa dan kesehatan lainnya, cara kerja asuransi pendidikan memang terbilang unik karena asuransi pendidikan difokuskan sebagai tabungan untuk menyiapkan biaya pendidikan anak dari dini sampai anak lulus dari universitas. Berikut ini sistem asuransi pendidikan:

  • Orang tua memilih produk asuransi; Anda sebagai orang tua harus memilih terlebih dahulu produk asuransi pendidikannya baik besar jumlahnya dan juga lama periode asuransi. Periode asuransi pendidikan biasanya dari 5, 10, dan 15 tahun tergantung kebutuhan Anda.
  • Pemegang polis membayar premi; Selanjutnya pemegang polis harus membayar premi yang sesuai dengan persyaratan selama periode asuransi tersebut. Besar jumlah premi biasanya ditentukan oleh besaran jumlah tanggungan.
  • Perusahaan akan membayar dana; Tugas perusahaan asuransi akan membayar biaya pendidikan anak sesuai dengan polis yang dipilih selama beberapa tahun sampai anak Anda lulus dari perguruan tinggi.
  • Perusahaan menanggung biaya penuh; Di sini, perusahaan akan membiayai pendidikan anak sampai lulus meskipun terjadi sesuatu pada orang tua sebagai pencari nafkah. Di sini tugas perusahaan asuransi akan meneruskan premi dan melanjutkan tanggung jawab pembiayaan dana sekolah.

Setelah Anda mengetahui cara kerja asuransi secara menyeluruh, maka Anda bisa menentukan jenis produk asuransi apa yang ingin Anda  pilih sesuai dengan kebutuhan keluarga dan manfaat apa yang ingin Anda peroleh dari menjadi nasabah asuransi.

Info Asuransi:

cara kerja asuransi - mekanisme kerja asuransi - sistem kerja asuransi - bagaimana cara kerja perusahaan asuransi - cara kerja asuransi mobil - sistem kerja asuransi prudential - cara kerja asuransi prudential - cara bekerja asuransi kecelakaan - cara kerja asuransi syariah - cara kerja asuransi kesehatan - sistem kerja asuransi pendidikan - perusahaan asuransi bertugas untuk - sistem asuransi itu bagaimana - sistem asuransi bekerja - cara kerja asuransi pendidikan - cara kerja perusahaan asuransi jiwa - resume cara kerja asuransi - cara kerja perusahaan asuransi - prinsip kerja perusahaan asuransi - bagaimanakah cara kerja asuransi - mekanisme asuransi - cara kerja di perusahaan asuransi - bagaimana asuransi bekerja - sistem kerja perusahaan asuransi - mekanisme cara kerja asuransi - mencairkan axa mandiri - mekanisme dana asuransi setelah iuran d terima perusahaan - mekanisme cara bekerja asuransi - prinsip kerja asuransi - jenis-jenis asuransi dan prinsip kerjanya - mekanisme kerja perasuransian - prinsip kerja ansuransi - mekanisme kerja persahaan asuransi - mekanisme pertanggungan asuransi - pores cara kerja asuransi asuransi motor - mekanisme pertanggungan pada asuransi - mekanisme premi asuransi pada nasabah - mekanisme asuransi#spf=1 - prinsip perusahaan asuransi pendidikan - untuk menjadi nasabah perusahaan asuransi seseorang harus membayar - untuk menjadi nasabah perusahaan asuransi harus membayar - tips bekerja di perusahaan asuransi - tip cara kerja asuransi jiwa - teknis kerja perusahaan asuransi - tabungan asuransi itu gimana ya cara kerjanya - sustem asuransi - sistim kerja asuransi - sistem kerja di perusahaan asuransi - sistem kerja di asuransi - sistem kerja asuransi syariah -
Content Protection by DMCA.com