Butuh Jenis Asuransi Kesehatan? Lewati Underwriter Dahulu!

Dalam dunia asuransi kesehatan, kita sering mendengar istilah “underwriter”. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan underwriter? Mengapa di dalam asuransi banyak sekali istilah yang terdengar aneh seperti polis, klaim, premi, dan lain sebagainya? Definisi underwiter sama pentingnya dengan definisi dari istilah asuransi lainnya. Jenis asuransi kesehatan manapun pasti memiliki underwriter yang berperan sangat penting dalam melancarkan kegiatan berasuransi. Bahkan bisa dibilang, underwiter memiliki posisi yang sentral di dalam sebuah asuransi.

Jenis Asuransi Kesehatan dan Peran Underwriter

Underwriter dalam asuransi kesehatan adalah seseorang yang bertugas untuk menguji kelayakan calon tertanggung (calon nasabah) untuk mendapatkan atau tidak mendapatkan jaminan kesehatan dari penanggung (pihak perusahaan asuransi).

Setiap jenis asuransi kesehatan yang bagus pastilah memiliki underwriter. Karena memang untuk menjaminkan asuransi kesehatan kepada seseorang, perusahaan asuransi perlu menyeleksi calon-calon nasabah tersebut sebelum diberikan jaminan. Underwriter adalah orang yang menyeleksi calon-calon nasabah tersebut untuk menilai resiko kesehatan yang dimiliki dan jenis produk asuransi kesehatan yang sesuai untuknya. Bisa dibilang bahwa nasib para calon nasabah berada di tangan underwriter.

Tugas underwriter dalam asuransi kesehatan yang lain adalah menjaga keharmonisan komunikasi dengan pekerja lapangan khususnya para agen asuransi kesehatan. Karena jika komunikasi antara keduanya lancar, maka pihak nasabah pun niscaya akan terpuaskan dengan pelayanan yang diberikan.

Underwriter dan jenis asuransi kesehatan - Fotolia

Underwriter dan jenis asuransi kesehatan – Fotolia

Faktor Pertimbangan Underwiter terhadap Jenis Produk Asuransi Kesehatan

Dengan berbagai tugas dan tanggung jawabnya di atas, bagaimana seorang underwriter menentukan seseorang layak atau tidak untuk mendapatkan jaminan asuransi kesehatan? Tentunya ada seperangkat peraturan baku yang mendasari hampir setiap jenis asuransi kesehatan di Indonesia. Salah satunya adalah mereka pasti memiliki dasar-dasar penilaian tertentu. Berikut ini adalah beberapa faktor penting yang menjadi pertimbangan para underwriter sebelum memutuskan layak atau tidaknya seorang calon nasabah diberikan asuransi  kesehatan:

Usia

Faktor usia sangat penting untuk dipertimbangkan oleh underwriter karena dari usia seseorang kita bisa mengetahui probabilitas kesakitan yang akan menimpanya. Biasanya bayi atau balita dan lansia cenderung memiliki kemungkinan sakit yang lebih tinggi. Akibatnya, perusahaan asuransi akan memberikan pertimbangan khusus (seperti tarif bunga yang lebih tinggi) kepada kelompok nasabah ini.

Jenis kelamin

Ternyata jenis kelamin juga mempengaruhi resiko sakit yang dimiliki seseorang. Biasanya calon nasabahyang berjenis kelamin perempuan preminya lebih mahal. Itu karena resiko sakit yang dimiliki oleh perempuan lebih besar daripada laki-laki.

Pekerjaan

Underwriter juga menilai jenis asuransi kesehatan terbaik kepada seseorang berdasarkan latar belakang pekerjaannya. Berbeda pekerjaan tentunya berbeda pula kemungkinan sakitnya Misalnya saja seorang pekerja tambang lebih beresiko untuk terserang sakit daripada yang bekerja di belakang meja.

Faktor medis

Riwayat medis dan kondisi fisik seorang calon nasabah juga menjadi penilaian underwriter. Jika seorang calon nasabah memiliki rekam jejak penyakit serius, tentunya resiko sakitnya lebih besar daripada orang yang tidak punya riwayat sakit.

Kegemaran

Seseorang yang memiliki kegemaran ekstrem seperti mendaki gunung, naik sepeda freestyle, balap motor, dan lain sebagainya pasti memiliki resiko sakit yang lebih tinggi dibanding orang dengan kegemaran yang tidak terlalu membahayakan.

Moral

Underwriter pasti memperhatikan arsip kriminal dan track record kejahatan yang pernah dilakukan calon nasabahnya. Kemungkinan besar jika seorang calon nasabah memiliki moral atau etika yang tidak baik di masa lalu, underwriter akan berpikir ulang untuk menerima pengajuannya.

Sekian informasi mengenai underwriter dalam jenis asuransi kesehatan apapun. Semoga artikel ini bisa menjadi acuan dalam mengajukan permohonan jaminan asuransi kesehatan. Diharapkan dengan mengetahui tentang underwriter, Anda dapat mempersiapkan segalanya sebelum menghadapi underwriter sungguhan. Selamat berasuransi!

Info Asuransi:

13 faktor underwriting - 3 pertimbangan underwriter dalam menilai resiko - istilah-istilah dalam underwriter - jenis nasabah asuransi yang beresiko tinggi - latar belakang underwriting medis - underwriter yang sering di indonesia -
Content Protection by DMCA.com