Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet Sebelum Perbaikan

Melihat mobil mengalami lecet tentu pengalaman yang tak menyenangkan, dan Anda harus tahu cara klaim asuransi mobil lecet supaya bisa mendapat penggantian yang sesuai. Biaya perbaikan bodi mobil bisa sangat mahal bahkan untuk sedikit lecet atau goresan. Asuransi dapat mengganti kerusakan yang terjadi, selama Anda memiliki jenis perlindungan yang sesuai.  Ketika Anda menemukan lecet pada mobil, segera lakukan cara klaim asuransi mobil lecet tanpa menunda, agar bisa segera mendapat ganti rugi, dan kondisi mobil anda bisa diperbaiki segera.

Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet: Langkah-langkah Darurat

Anda tidak boleh menunda pengurusan ganti rugi perbaikan untuk lecet pada mobil, karena semakin lama Anda menunda, semakin kecil kemungkinan Anda mendapat penggantian sesuai dengan kerusakan yang dialami. Perusahan asuransi biasanya menetapkan jangka waktu pengurusan klaim ganti rugi, sehingga Anda harus menghubungi perusahaan asuransi untuk pengurusan klaim secepat mungkin.

Berikut langkah-langkah cara klaim asuransi mobil lecet yang harus segera Anda lakukan:

  • Ambil foto lecet pada kendaraan sebagai bukti; sebaiknya dengan kamera atau video sehingga ada bukti waktunya. Jika lecet terjadi karena kecelakaan atau kejahatan, laporkan dulu pada pihak kepolisian agar Anda mendapat bukti laporan sebagai salah satu dokumen penting. Jangan lupa buat fotokopinya.
  • Hubungi nomor perusahaan asuransi atau langsung datangi kantor asuransi. Jika Anda punya agen yang bisa diandalkan dan sering menjadi rekan konsultasi, Anda juga bisa menelepon agen terlebih dahulu. Jangan lupa membawa fotokopi bukti laporan atau bukti terkait lain.
  • Siapkan dokumen yang diminta. Biasanya, klaim ganti rugi menuntut Anda menyediakan dokumen seperti fotokopi SIM dan STNK, fotokopi polis, surat keterangan kepolisian, dan fotokopi KTP (sebaiknya siapkan beberapa lembar fotokopi dokumen ini di rumah atau dompet untuk jaga-jaga).
  • Jika lecet pada mobil terjadi karena kesalahan pihak ketiga, harus ada surat pernyataan berisi tuntutan penggantian kerugian. Jika pihak ketiga tidak punya asuransi, atau jika Anda tidak ingin permintaan ditolak karena pihak ketiga memiliki asuransi, harus ada surat keterangan tidak memiliki asuransi. Hal ini karena ada perusahaan asuransi yang tak bersedia mengganti kerugian jika pihak ketiga yang bersalah juga memiliki asuransi.
  • Jika Anda harus membawa mobil tersebut ke bengkel, pergilah ke bengkel yang biayanya ditanggung oleh perusahaan. Telepon perusahaan asuransi untuk memastikan bahwa bengkel yang akan Anda kunjungi benar-benar ada dan ditanggung.

Dengan mengikuti cara klaim asuransi mobil lecet yang benar, Anda bisa mendapat ganti rugi dan tidak perlu pusing berlama-lama atau bahkan membiarkan mobil anda lecet tanpa perbaikan segera.

Cara klaim asuransi mobil lecet (Fotolia)

Cara klaim asuransi mobil lecet (Fotolia)

Jenis Asuransi untuk Mobil Lecet

Sebelum meminta ganti rugi perbaikan dari perusahaan asuransi, pastikan Anda sudah memiliki jenis perlindungan yang benar. Jika mobil Anda lecet karena dirusak orang, atau terkena ranting pohon yang jatuh, atau rusak saat sedang tidak dijalankan, Anda membutuhkan asuransi komprehensif/all risk. Asuransi ini menutup perbaikan atau kerugian akibat kerusakan mobil yang bukan berasal dari peristiwa tabrakan. Tanpa asuransi jenis ini dalam polis Anda, sulit untuk meminta pertanggungan demi biaya perbaikan mobil lecet yang tidak diakibatkan oleh tabrakan.

Jika Anda sudah memiliki jenis perlindungan yang sesuai, Anda tinggal mengikuti langkah-langkah yang sudah dijabarkan untuk segera mendapatkan ganti rugi perbaikan. Asalkan tidak menunda-nunda untuk menghubungi perusahaan asuransi, serta menyediakan dokumen yang sesuai dan memiliki jenis perlindungan yang tepat, Anda sudah menjalankan cara klaim asuransi mobil lecet yang tepat.

Info Asuransi:

cara klaim asuransi mobil lecet - klaim asuransi mobil lecet - cara klaim asuransi mobil baret - biaya klaim asuransi mobil lecet - klaim asuransi mobil - biaya klaim asuransi mobil - cara mengklaim asuransi mobil - body lecet klaim asuransi - syarat klaim asuransi mobil lecet - mobil lecet klaim asuransi - klaim asuransi mobil baret - syarat klaim asuransi mobil - cara klaim mobil lecet - lecet pake asuransi - klaim mobil lecet - asuransi mobil lecet - klaim mobil - klaim asuransi mobilio - harga klaim asuransi mobil - cara claim asuransi mobil karena lecet - claim asuransi mobil - biaya asuransi mobil lecet - klaim asuransi lecet mobil - cara claim asuransi mobil lecet - klaim asuransi mobil honda - kegores apa harus kleim asuransi - klaim asuransi mobil baru - klaim asuransi mobil acc - kerusakan yang ditanggung asuransi ramayana - ketentuan klaim mobil lecet aca asuransi - klaim all risk mobil lecet - klaim asuransi aca mobil baret - mau cat ulang mobil bisa ngak klam ke asuransi - klaim asuransi ketika mobil di baret orang - cara prosedur klaim asuransi kendaraan - klaim asuransi baret mobil - kapan saat tepat klaim perbaikan body mobil - contoh body mobil tergores di Asuransi - claim lecet mobil di semuq bagian - claim lecet honda - claim autocilin mobil tergores - claim asuransi mobil lecet hana bank - claim asuransi mobil lecet - claim asuransi cat garda oto - cat mobil ertiga tergores apakah bisa claim - caravclaim/asuransi/lecet2 - cara urus asuransi mobil lecet - Contoh surat penyataan klim asuransi mobil lecet - cra klaim asuransi mobil baret - jika mobil lecet asuransi -
Content Protection by DMCA.com