Cara Tepat Memilih Asuransi Pendidikan Anak Terbaik

Asuransi pendidikan adalah kebutuhan primer bagi banyak orangtua, terutama karena biaya pendidikan semakin mahal tiap tahun, sehingga menemukan asuransi pendidikan anak terbaik sangat penting. Jika Anda berencana menyekolahkan anak sampai jenjang universitas, pastikan menemukan paket asuransi yang bisa memenuhi kebutuhan ini. Akan tetapi, memilih asuransi terbaik bukan hanya soal menemukan paket asuransi dari merk tertentu, melainkan juga kemampuan memilih dengan teliti.

Tips Memilih Asuransi Pendidikan Anak Terbaik

Memilih asuransi pendidikan anak terbaik membutuhkan ketelitian serta pemahaman akan kebutuhan Anda sendiri. Hal ini karena tiap keluarga memiliki kondisi dan kebutuhan berbeda yang menentukan jenis asuransi yang cocok. Selain itu, rencana pembiayaan pendidikan sebaiknya dilakukan sejak awal, bahkan sejak si anak masih belum bersekolah. Semakin awal menabung, semakin mudah pula bagi orangtua untuk mengumpulkan dana pendidikan lewat asuransi yang tepat.

Memilih asuransi pendidikan untuk buah hati anda harus dilakukan secara seksama, karena anda menginginkan yang terbaik baginya, bukan? Berikut beberapa tips memilih asuransi pendidikan anak terbaik agar Anda tidak salah pilih:

Buat rencana pendidikan mendetail

Pastikan Anda membuat rencana pendidikan sedini mungkin, seperti ke mana anak akan bersekolah dan berapa biaya yang harus dikeluarkan. Anda bisa mengunjungi langsung sekolah-sekolah ideal atau meminta referensi dari teman, kerabat dan kenalan yang sudah memasukkan anak-anak ke sekolah. Pastikan juga Anda punya informasi biaya yang dibutuhkan. Walaupun biaya pendidikan mungkin bisa berubah (kemungkinan menjadi lebih tinggi karena inflasi), Anda bisa bersiap-siap jika punya rencana mendetail.

Memilih Asuransi Pendidikan Anak Terbaik (Fotolia)

Memilih Asuransi Pendidikan Anak Terbaik (Fotolia)

Perhitungkan biaya pendidikan mendetail

Biaya pendidikan tidak hanya mencakup uang pendaftaran dan pembayaran sekolah, namun juga biaya lain seperti seragam, buku dan alat tulis, uang les atau bimbingan belajar, biaya ekstrakurikuler, uang transport, bekal atau uang saku, dan sebagainya. Semakin mendetail perkiraan Anda, semakin mudah pula bagi Anda memperkirakan biaya pendidikan yang dibutuhkan.

Pilih perusahaan asuransi yang tak bermasalah

Hanya karena perusahaan asuransi terkenal atau memberi tawaran menggiurkan, belum tentu reputasinya juga bagus. Pastikan Anda memilih asuransi pendidikan anak terbaik dari perusahaan yang memiliki rekam jejak bagus. Pastikan juga perusahaan ini punya reputasi selalu membayar uang klaim atau pendanaan yang dijanjikan.

Pilih paket asuransi sesuai keadaan dan kebutuhan

Perusahaan asuransi yang berbeda menawarkan paket asuransi yang sedikit berbeda pula. Satu paket mungkin menawarkan persentase pendanaan yang lebih besar, sementara yang lainnya unggul dalam hal fleksibilitas pembayaran serta penarikan dana. Jangan hanya bergantung pada iklan atau brosur, tetapi pastikan untuk berbicara dengan seorang agen terpercaya dan bicarakan kebutuhan Anda akan asuransi yang sesuai dengan kondisi serta keadaan keuangan.

Pastikan Anda sudah punya cara mengelola penghasilan

Asuransi pendidikan harus dibayar secara teratur agar Anda punya rekam jejak baik dan dapat menarik dana tanpa masalah ketika dibutuhkan. Anda sebaiknya punya cara mengelola penghasilan yang baik. Pastikan Anda bisa selalu melakukan pembayaran tanpa masalah.

Pastikan sistem asuransi fleksibel

Karena asuransi pendidikan biasanya berjangka panjang, Anda tak tahu perubahan apa yang akan terjadi di masa depan. Pastikan asuransi pendidikan yang Anda pilih memiliki fleksibilitas agar Anda bisa mengantisipasi berbagai perubahan yang mungkin terjadi pada keluarga dan kondisi keuangan di masa depan.

Memilih asuransi pendidikan anak terbaik memerlukan ketelitian dan ketekunan dari pihak Anda sendiri, jadi pastikan Anda melakukan riset mendalam serta melakukan perencanaan teliti sebelum memilih paket asuransi pendidikan.

Info Asuransi:

tabungan pendidikan murah terjangkau -
Content Protection by DMCA.com