Definisi Asuransi Jiwa Menurut Para Ahli dan Komponennya

Produk asuransi semakin banyak diminati oleh masyarakat sebagai sebuah payung perlindungan dari segala resiko yang tidak terduga. Ada baiknya sebelum memutuskan untuk membeli sebuah produk, Anda mengetahui terlebih dahulu definisi asuransi jiwa yang dijelaskan oleh para ahli sehingga Anda bisa benar-benar yakin untuk membeli produk tersebut.

Definisi Asuransi Jiwa Menurut Pakar

Beberapa ahli dalam bidang ekonomi maupun sosial sudah menerangkan berbagai macam pengertian asuransi jiwa bila dilihat dari berbagai segi diantarannya:

Djoko Prakoso dan I Ketut Murtika

Menurut beliau, pengertian asuransi jiwa syariah merupakan semua perjanjian atas pembayaran sejumlah modal atau bunga yang didasari dengan dua kemungkinan yaitu hidup dan mati, sedangkan untuk pembayaran premi akan digantungkan pada masa hidup dan juga meninggalnya seseorang atau lebih dari satu namun didasari pada prinsip syariah dalam pengelolaan dana.

Wirjono Prodjodikoro

Dalam pasal 1a, Bab 1 Staatsblad 1941-101, beliau menyatakan bahwa asuransi jiwa adalah sebuah perjanjian tentang pembayaran sejumlah uang dengan menikmati premi yang ada hubungannya dengan hidup atau matinya seseorang dan termasuk juga dengan sebuah perjanjian yang dibuat untuk uang yang kembali dengan sebuah catatan bahwa perjanjian tersebut tidak termasuk dengan asuransi kecelakaan.

H.M.N Purwosutjipto

Menurut beliau, pengertian asuransi jiwa menurut para ahli bisa dikatakan sebagai sebuah pertanggungan jiwa dan perjanjian timbal balik antara pengambil asuransi serta pihak penanggung yang mana pihak tertanggung akan mengikatkan diri selama masa pertanggungan atau perjanjian dengan menyerahkan uang premi kepada pihak penangung.

Sementara itu, pihak penanggung telah diperjanjikan untuk mengikatkan diri pada pihak penanggung untuk menanggung akibat langsung dari meninggalnya seseorang yang jiwanya sudah dipertanggungkan dimana penanggung harus membayar sejumlah jaminan uang tertentu sebagai penutup asuransi.

Definisi Asuransi Jiwa - Fotolia

Definisi Asuransi Jiwa – Fotolia

Volmer

Beliau mengatakan istilah pengertian asuransi jiwa dan contohnya sebagai sommen verzekering yang artinya adalah sebuah perjanjian yang dibuat oleh dua pihak dimana suatu pihak yang mengikatkan diri dengan wajib diminta untuk membayar sejumlah uang atau premi sekaligus ataupun secara berkala, sementara untuk pihak yang diberi premi harus membayar kembali uang tersebut tergantung pada hidup atau matinya seseorang.

Santoso Poejosoebroto

Menurut beliau, pengertian asuransi jiwa unit link merupakan sebuah perjanjian timbal balik antara pihak penanggung dan juga tertanggung dimana pihak penanggung menerima premi yang dibayarkan untuk mengikatkan diri dengan memberikan sejumlah uang kepada pihak tertanggung karena sebuah peristiwa yang tidak pasti. Disebutkan dalam perjanjian bahwa pengambil asuransi menderita sebuah kerugian oleh peristiwa yang menimpa hidup serta kesehatan seseorang dengan pemberian bunga sebagai investasi.

Komponen Polis Asuransi

Seperti diterangkan oleh para ahli bahwa komponen polis berisi beberapa aspek, yakni:

  • Premi asuransi, jenis asuransi yang dipilih, saat mulai dan berakhirnya perjanjian
  • Nama orang yang jiwanya ditanggungkan atau diasuransikan
  • Nama pihak tertanggung sebagai pemegang polis,
  • Hari dan juga tanggal diadakannya asuransi. Hari serta tanggal diadakannya asuransi merupakan komponen peting untuk mengetahui kapan sebuah perjanjian dimulai serta diketahui juga kapan pihak tertanggung menjadi beban dari pihak penanggung.

Nama tertanggung berbeda dengan nama orang yang diasuransikan karena pihak pemegang polis merupakan seseorang yang wajib untuk membayar premi semnetara jiwa yang diasuransikan merupakan anggota yang ikut dilindungi serta sebagai pihak ketiga penerima premi apabila pemegang polis meninggal dunia.

Dengan mengetahui definisi asuransi jiwa secara lengkap dan juga jelas karena dipaparkan oleh para ahli di bidangnya, maka diharapkan Anda sebagai calon nasabah bisa memilih dengan baik jenis asuransi yang dibutuhkan.

Info Asuransi:

pengertian asuransi jiwa menurut para ahli - pengertian asuransi jiwa - definisi asuransi jiwa - pengertian asuransi menurut para ahli - pendapat para ahli tentang asuransi jiwa - pengertian jiwa menurut para ahli - hukum asuransi jiwa menurut para ahli - asuransi jiwa menurut ahli - asuransi jiwa menurut para ahli - pengertian sommen verzekering - jenis asuransi jiwa menurut para ahli - pengertian asuransi jiwa menurut mashlow - pengertian asuransi jiwa menurut pakar - polis menurut beberapa ahli asuransi - pengertian pembayaran asuransi menurut para ahli - Pengertian Asuransi Menurut Mulyadi - Pengertian dan sejarah asuransi jiwa - Pengertian dana cadangan asuransi jiwa menurut para ahli - Pengertian politik sebagai polis atau asuransi menurut aristoteles - asuransi jiwa menurit ahli - pendapat pakar asuransi jiwa - asuransi jiwa menurut ahli dan bukunya - asuransi jiwa menurut beberapa ahli - asuransi jiwa menurut para ahli dalam bukunya - Asuransi jiwa menurut purwosutjipto - asuransi jiwa purwosutjipto - asuransi menurut purwosutjipto - buku tentang asuransi jiwa menurut para ahli - definisi asuransi jiwa menurut para ahli - divinisi asuransi jiwa menurut ahli - investasi asuransi menurut ahli - pembolehan dan larangan investasi asuransi menurut ahli - penanggung menurut para ahli - penanggung menurut parah ahli - resume asuransi jiwa menurut buku -
Content Protection by DMCA.com