Dewan Asuransi Indonesia: Fungsi dan Program Utamanya

Di Indonesia, pengguna asuransi semakin marak. Hal itu disebabkan oleh tumbuhnya kesadaran berasuransi di masyarakat. Entah itu asuransi jiwa, kesehatan, pendidikan, kendaraan, bangunan, perseorangan, kelompok, konvensional, maupun syariah, semuanya memiliki manfaat yang kini mulai dirasakan oleh khalayak. Banyak peminat, tentu juga semakin banyak perusahaan asuransi yang bermunculan. Untuk itu, dibentuklah Dewan Asuransi Indonesia yang bertujuan untuk mewadahi seluruh perusahaan asuransi di Indonesia. Asosiasi yang disingkat dengan DAI tersebut merupakan persatuan yang penting untuk diketahui keberadaannya.

Visi, Misi, dan Fungsi Dewan Asuransi Indonesia

DAI yang merupakan persatuan dari perusahaan-perusahaan asuransi di Indonesia ini dibentuk pada tanggal 1 Februari 1957. Pembentukan dewan ini diawali oleh terselenggaranya Kongres Asuransi Nasional seluruh Indonesia yang diadakan pada tanggal 15 sampai dengan 30 November 1956. DAI hanya berkantor pusat di Jakarta dan tidak membuka cabang di daerah lainnya di Indonesia. Hal itu dikarenakan tugas DAI hanya sebatas yang bersifat non-teknis yang dibutuhkan oleh semua asosiasi.

Dewan asuransi indonesia - Fotolia

Dewan asuransi indonesia – Fotolia

Dewan Asuransi Indonesia memiliki visi “Sebagai wadah pemersatu bagi asosiasi perasuransian Indonesia” dan memiliki misi untuk “Melakukan kegiatan lintas asosiasi dalam rangka peningkatan SDM melalui pendidikan berkesinambungan, memasyarakatkan asosiasi asuransi serta perannya, dan pengelolaan publikasi asuransi.”

Adapun fungsi dari Dewan Asuransi Indonesia yaitu:

  • Badan perjuangan dan musyawarah untuk kepentingan dunia usaha perasuransian Indonesia
  • Badan tarif atau badan yang bertanggung jawab menetapkan standarisasi polis maupun klausula
  • Badan yang membantu pemerintah dalam pembinaan dan pengawasan terhadap usaha asuransi

Beberapa Program Unggulan Dewan Asuransi Indonesia

Lalu apa saja yang dilakukan oleh dewan asuransi ini untuk kemajuan industri asuransi di Indonesia? Sebetulnya DAI telah melakukan banyak hal selama kurun waktu beberapa puluh tahun terakhir. Namun terdapat 2 program unggulan yang sampai saat ini masih dijalankan. 2 program unggulan tersebut adalah:

Program Insurance Goes To Campus (IGTC)

Program ini dilaksanakan pertama kali oleh Dewan Asuransi Indonesia pada tahun 2007. Program IGTC dilakukan dengan tujuan untuk mensosialisasikan asuransi kepada masyarakat, terutama kepada para mahasiswa di Indonesia. Sosialisasi tersebut bertujuan untuk mengubah paradigma masyarakat luas tentang asuransi.

Program Dewan Asuransi Indonesia ini diadakan di kampus-kampus di Indonesia dengan dukungan Kementerian Pendidikan, Kementerian Ekonomi, universitas-universitas, dan tentunya perusahaan asuransi. Dalam setiap acara IGTC yang diadakan, para mahasiswa selalu antusias menyambutnya. Mungkin karena acara di dalam IGTC juga cukup beragam, seperti kuliah umum tentang asuransi, seminar tentang asuransi, pendidikan asuransi untuk dosen, dan yang terbaru adalah pendidikan asuransi jarak jauh (E-learning).

Peringatan Insurance Day

Insurance Day atau Hari Asuransi adalah buah kesepakatan yang dideklarasikan pada konferensi East Asian insurance (EAIC) di tahun 2006 di Brunei Darussalam. Pada deklarasi tersebut, 11 negara anggota konferensi menyepakati bahwasanya tanggal 18 Oktober adalah Hari Asuransi Internasional (khususnya Negara-negara Asia). Indonesia sebagai Negara yang memiliki banyak perusahaan asuransi tentunya juga merayakan Hari Asuransi serta melakukan berbagai kegiatan untuk memasyarakatkan asuransi di tanah air.

Hari Asuransi di Indonesia dipanitai oleh beberapa asosiasi seperti Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), Asosiasi Asuransi Jaminan Sosial Indonesia (AAJSI), Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), Asosiasi Broker Asuransi Indonesia (ABAI), dan Asosiasi Adjuster Asuransi Indonesia (AAAI) yang bernaung di bawah nama DAI pula.

Itulah ulasan tentang Dewan Asuransi Indonesia yang mungkin bermanfaat bagi Anda dan kita semua. Semoga dengan keberadaan DAI, asuransi Indonesia dapat semakin berjaya dan dapat menjamin lebih banyak jiwa manusia lagi.

Info Asuransi:

Dewan Asuransi Indonesia - dewan asuransi - dewan asuransi syariah - dewan asuransi indonesia dai daerah khusus ibukota jakarta - hari asuransi nasional - apa itu dewan asuransi indonesia (dai) - perusahaan asuransi di brunei darusslam - perusahaan asuransi di indonesia dan dunia serta fungsi yang dilakukannya - perusahaan asuransi di indonesia tanggal 1 februari 1957 adalah - tugas dan fungsi average adjuster - tugas dan fungsi dewsn asuransi indonesia - fungsi dewan asuransi syariah - fungsi dewan asuransi indonesia - fungsi dan tugas asosiasi asuransi indonesia - brunei darussalam dan asuransi - asuransi yang di adakan oleh negara indonesia - asuransi yang bagus menurut dewan asuransi indonesia - asuransi nasional - asuransi di indonesia yg tak bertanggung jawab - tugas dewan asuransi indonesia -
Content Protection by DMCA.com