Faktor yang Mempengaruhi Besarnya Premi Asuransi Jiwa

Setiap orang yang menggunakan asuransi pasti mengenal istilah premi. Premi adalah sejumlah uang yang dibayarkan tiap bulan atau tiap tahun yang digunakan sebagai uang jaminan. Premi asuransi jiwa yang dibayarkan pihak nasabah (tertanggung) kepada pihak asuransi (penanggung) besarnya berbeda-beda tergantung banyak faktor. Pada asuransi jiwa, harga premi dipengaruhi faktor internal dan eksternal.

Faktor yang Mempengaruhi Premi Asuransi Jiwa: Internal

Faktor yang mempengaruhi besar-kecilnya harga premi yang pertama adalah faktor internal atau faktor yang datangnya dari pihak penanggung (perusahaan asuransi jiwa) bukan dari pihak tertanggung (nasabah asuransi jiwa). Inilah yang menentukan perhitungan premi asuransi jiwa yang harus dibayar nasabah nantinya. Faktor tersebut ialah:

  • Hasil Investasi Perusahaan; Jika sebuah perusahaan asuransi jiwa memperoleh hasil investasi yng tinggi atas dana yang telah dikelolanya, maka biaya pembayaran premi yang harus dibayarkan oleh nasabah akan semakin murah, begitu pula sebaliknya. Tidak heran jika kebanyakan premi yang murah berasal dari perusahaan asuransi besar dan memiliki manajemen yang baik
  • Biaya yang Diperhitungkan atas Pengeluaran, Pajak, Laba, dan Lain-lain: Biaya premi asuransi ditentukan dengan cara memperhitungkan pengeluaran yang dikeluarkan oleh pihak perusahan asuransi. Jika kemungkinan pengeluarannya banyak, maka premi juga pasti akan dinaikkan harganya. Begitu pula sebaliknya.
  • Manfaat Perlindungan: Premi asuransi tentu saja ditentukan oleh produk yang Anda pilih. Beda produk pasti berbeda pula manfaat serta jaminan yang ditawarkan. Karena berbeda manfaat itulah, maka harga preminya pun berbeda-beda. Semakin luas cakupan yang anda inginkan, maka semakin besar premi yang harus anda bayar.
Faktor yang Mempengaruhi Premi Asuransi Jiwa - Fotolia

Faktor yang Mempengaruhi Premi Asuransi Jiwa – Fotolia

Faktor yang Mempengaruhi Premi Asuransi Jiwa: Eksternal

Selain faktor internal perusahaan, harga premi asuransi jiwa murni juga ditentukan oleh faktor yang bersumber dari pihak tertanggung. Semakin tinggi resiko seorang calon nasabah, maka premi yang dibebankan akan semakin besar. Beberapa faktor yang mempengaruhi harga premi yang datangnya dari pihak nasabah asuransi adalah:

  • Umur: Semakin muda umur tertanggung, maka akan semakin mudah pengajuannya untuk diterima oleh sebuah perusahaan asuransi jiwa dan preminya pun lebih murah. Karena resiko kematian dan terserang penyakitnya lebih kecil daripada orang yang sudah tua. Premi asuransi jiwa termurah biasanya diperuntukkan untuk orang-orang yang kemungkinan meninggalnya kecil.
  • Jenis Kelamin: Biasanya nasabah yang berjenis kelamin perempuan akan dikenakan premi yang lebih mahal daripada nasabah lelaki. Hal itu dikarenakan perempuan lebih rentan untuk terserang penyakit baik secara fisik maupun psikologis.
  • Tinggi dan Berat Badan: Semakin tinggi dan berat badan seseorang, resiko kematiannya akan lebih tinggi, karena seseorang dengan berat badan di atas rata-rata akan lebih rentan menderita penyakit. Oleh karena itu, biasanya nasabah yang berbadan besar akan dimintai biaya premi lebih besar daripada mereka yang berbadan kecil.
  • Pekerjaan: Faktor jenis pekerjaan tentu saja berpengaruh pada penentuan harga premi. Tertanggung yang bekerja di luar ruangan resiko kematiannya lebih tinggi daripada nasabah yang bekerja di dalam ruangan.
  • Gaya Hidup dan Hobi: Gaya hidup seperti gemar merokok tentu dapat membuat harga premi menjadi lebih mahal, atau bahkan tidak diterima pengajuannya oleh pihak penanggung. Selain itu, memiliki hobi berbahaya juga akan membuat resiko kematian bertambah yang diiringi oleh pertambahan harga premi pula.
  • Kesehatan: Nasabah yang memiliki keturunan berpenyakit atau memiliki pengalaman terserang penyakit, maka biaya preminya akan lebih mahal.

Setelah mengetahui beberapa faktor yang mempengaruhi besar-kecilnya premi di atas, maka anda bisa menilai harga premi asuransi jiwa yang dibebankan kepada anda telah sepadan dengan resiko anda. Perusahaan asuransi tentunya mempertimbangkan banyak hal sebelum memutuskan premi yang harus Anda bayar.

Info Asuransi:

besarnya premi asuransi - unsur unsur yang mempengaruhi besar kecilnya pembayaran premi asuransi jiwa - faktor premi asuransi - faktor yang mempengaruhi premi asuransi - besarnya premi - faktor yang mempengaruhi besarnya premi asuransi - faktor faktor yang menyebabkan tinggi rendahnya premi asuransi - https://asuransime com/faktor-yang-mempengaruhi-besarnya-premi-asuransi-jiwa/ - faktor asuransi jiwa - faktor yang mempengaruhi asuransi di Indonesia - faktor yang mempengaruhi besar kecilnya premi asuransi jiwa - faktor faktor yang mempengaruhi besarnya premi - faktor terlahirnya asuransi - faktor faktor penanggung asuransi - faktor faktor yg mempegaruhiasuransi di indonesia - Faktor yang mempengaruhi besar premi dalam asuransi syariah - faktor internal asuransi - faktor internal asuransi jiwa - faktor internal dan eksternal dalan penetuan tarif premi - faktor internal yang mempengaruhi penentuan premi - faktor yang mempengaruhi besar kecilnya asuransi jiwa - faktor penentu besarnya premi asuransi - faktor penentu jumlah preni - faktor premi - faktor yang mempengaruhi asuransi jiwa - faktor yang mempengaruhi asuransi - faktor premi asuransi jiwa - cara menentukan besar kecilnya premi - apa yang mempengaruhi besar kecilnya polis yang diterima setiap orang dalam asuransi - apakah uji kir mempengaruhi asuransi - apakah umur mempengaruhi pembayaran premi asuransi - Asuransi jiwa penangguang kematian yg tinggi apa? - asuransi jiwa rentan cuci uang - banyak sedikitnya merokok apakah mempengaruhi biaya asuransi - beaar kecilnya premi - beaar kecilnya premi kesehatan - besar kecil iuran jkk apa mempengaruhi premi yg di dapat - besar premi asuransi - besarnya premi dibayar setiap bulan - faktor faktor yang mempengaruhi asuransi jiwa - yang menentukan premi asuransi - faktor asuransi adalah - faktor dasar perhitungan asuransi - faktor dipertimbangkan dalam penentuan premi - faktor eksternal dan internal dalam asuransi - faktor eksternal yang dapat mempengaruhi premi asuransi - faktor eksternal yang mempengaruhi premi - faktor eksternal yg mempengaruhi tarif premi asuransi - faktor faktor asuransi jiwa - 5 faktor eksternal yang mempengaruhi tarip premi asuransi -
Content Protection by DMCA.com