Fungsi Asuransi Jiwa bagi Perorangan, Perusahaan, dan Pihak Asuransi

Sekilas, tidak sulit melihat apa fungsi asuransi jiwa bagi keamanan finansial Anda dan pihak penerima santunan seperti anggota keluarga Anda. Ketika Anda meninggal mendadak sebelum masa pertanggungan berakhir, Anda tidak akan meninggalkan keluarga dalam kesulitan finansial. Manfaat asuransi jiwa Allianz, Prudential, Axa dan sebagainya kurang lebih sama walaupun ada perbedaan dalam layanan yang diberikan. Akan tetapi, ada manfaat lain yang diberikan asuransi jiwa, baik untuk pribadi, perusahaan yang menyediakan asuransi untuk karyawannya, maupun perusahaan asuransi itu sendiri.

Fungsi Asuransi Jiwa untuk Pemegang Polis

Tahukah Anda bahwa asuransi jiwa yang Anda miliki bermanfaat dalam pengambilan kredit rumah? Jika Anda berencana mendaftar untuk kredit KPR, salah satu dokumen yang sebaiknya disediakan adalah pernyataan bahwa Anda sudah memiliki asuransi jiwa. Hal ini karena cicilan kredit KPR bisa berlangsung cukup lama, terutama jika Anda dan pasangan memiliki penghasilan terbatas sehingga harus mengatur anggaran dengan ketat untuk bisa membayar cicilan KPR sampai selesai.

Ambil contoh Anda dan istri memiliki jumlah penghasilan gabungan sekitar 15.000.000 Rupiah. Anda memutuskan untuk mengambil kredit KPR dengan uang muka sekitar 25% dari harga rumah, cicilan 20 tahun, dan persentase suku bunga di angka 15%. Setiap bulan, selama 20 tahun, Anda wajib membayar sekitar 5.268.000 Rupiah. Bayangkan jika terjadi sesuatu pada Anda sebelum masa cicilan kredit KPR berakhir, bagaimana keluarga yang Anda tinggalkan akan meneruskan cicilan KPR?

KPR sebenarnya memiliki asuransi jiwa untuk menangani problem ini, dan beberapa asuransi seperti manfat asuransi jiwa AXA Mandiri juga memberi layanan untuk keperluan jaminan pembayaran KPR. Akan tetapi, asuransi yang melekat pada KPR hanya akan memberi manfaat jika kematian terjadi, bukan cacat total atau tetap. Jadi, pastikan asuransi jiwa Anda cukup lengkap dalam hal layanan, sehingga cicilan KPR terasa lebih ringan dan tidak memberatkan.

Fungsi Asuransi Jiwa - Fotolia

Fungsi Asuransi Jiwa – Fotolia

Manfaat Asuransi Jiwa bagi Perusahaan Tertanggung dan Perusahaan Asuransi

Asuransi jiwa juga bermanfaat baik bagi perusahaan yang mempekerjakan karyawan maupun perusahaan asuransi itu sendiri. Perusahaan yang menyediakan asuransi jiwa memadai akan mendapat peringkat lebih tinggi dalam bursa rekrutmen, dimana perusaaan macam ini tak akan kesulitan menarik tenaga profesional serta buruh terlatih untuk bekerja di tempat tersebut. Poin lebih tinggi akan diberikan pada perusahaan yang memberi pilihan asuransi lengkap yang spesifik, misalnya manfaat asuransi jiwa Prudential untuk ibu hamil dan janin (PRUMy Child) yang sangat dibutuhkan kaum ibu serta keluarga.

Bagaimana dengan perusahaan asuransi sendiri? Institusi perusahaan asuransi jiwa sebenarnya juga sangat bergantung pada loyalitas pemegang polis. Ketika Anda membeli paket polis, manfaat asuransi jiwa bagi perusahaan itu sendiri baru menampakkan keuntungan finansialnya ketika kepemilikan polis sudah menginjak sekitar tahun kelima. Tidak heran jika perusahaan asuransi berlomba memberi fasilitas, bonus, serta penawaran bagi masyarakat agar tetap loyal dengan polis tersebut sampai bertahun-tahun.

Sebagai konsumen, Anda bisa memanfaatkan hal ini. Bicaralah dengan agen resmi untuk mencaritahu kemungkinan mendapat diskon premi, karena informasi ini terkadang baru diketahui saat Anda bicara dengan agen. Jika Anda hendak memperpanjang polis dan mengikutsertakan seseorang, atau memperpanjang polis setelah lebih dari 1-2 tahun, Anda bisa menanyakan kemungkinan pengurangan atau diskon premi, atau keuntungan lain sebagai pemegang polis loyal. Dengan memahami fungsi asuransi jiwa bagi semua pihak terkait, Anda bisa mendapat keuntungan serta lebih memahami hak Anda dalam hal asuransi.

Info Asuransi:

manfaat asuransi bagi perusahaan asuransi sendiri adalah - fungsi asuransi - sebutkan fungsi asuransi perorangan - asuransi jiwa prudential apa bisa untuk membayar kpr rumah - asuransi jiwa terkait kredit rumah - perusahaan yang memberi asuransi jiwa - perusahaan asuransi jiwa mendapat keuntungan dari - perbedaan beransuransi di perusahaan dan pribadi - pengertian polis perorangan - pengertian Asuransi serta manfaat bagi perusahan maupun pribadi - penerima santunan gerali indonesia - manfaat yang diberikan asuransi jiwa - fungsi dan manfaat asuransi bagi perusahaan - fungsi asuransi jiwa dalam kpr - fungsi asuransi jiwa - fungsi asuransi bagi manusia/perusahaan - apakah polis asuransi bisa digunakan untuk perorangan dan perusahaan -
Content Protection by DMCA.com