Ini Dia Definisi Asuransi Berdasarkan Jenisnya

Anda tentu sering mendengar istilah asuransi dalam kehidupan sehari-hari, bukan? Namun, apa sebenarnya definisi asuransi? Asuransi berasal dari kata insurance yang artinya pertanggungan. Asuransi adalah suatu perjanjian yang dilakukan dan disepakati oleh dua pihak yang disebut dengan penanggung dan yang tertanggung.

Dalam hal ini, penanggung wajib membayar ganti rugi penuh atas resiko-resiko yang mungkin akan terjadi di masa depan kepada pihak tertanggung setelah pihak tertanggung membayar sejumlah uang yang disebut dengan premi.

Beberapa Arti Definisi Asuransi

Banyak sekali jenis-jenis asuransi yang sudah beredar di Indonesia dan disesuaikan dengan tingkat kebutuhan hidup masyarakat. Semakin tinggi tingkat kesadaran masyarakat akan perlindungan diri, maka semakin banyak pula masyarakat yang mendaftar asuransi. Berikut adalah definisi beberapa jenis asuransi yang ada di Indonesia.

Definisi Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah salah satu produk asuransi paling populer di Indonesia. Definisi asuransi kesehatan adalah salah satu produk asuransi yang memberikan Anda jaminan finansial kepada pemegang polis apabila pemegang polis mengalami sakit sehingga harus dirawat di rumah sakit ataupun rawat jalan.

Di sini, perusahaan asuransi mengganti seluruh biaya pengobatan dan perawatan pemegang polis sehingga pihak tertanggung tidak mengalami kesulitan. Asuransi kesehatan ini sangat diperlukan oleh masyarakat mengingat mahalnya biaya pengobatan di rumah sakit sementara kebutuhan yang lainnya pun semakin meningkat.

Definisi asuransi - Fotolia

Definisi asuransi – Fotolia

Definisi Asuransi Jiwa

Selain asuransi kesehatan, asuransi jiwa sering dipilih sebagai prioritas utama seseorang untuk menjadi anggota perusahaan asuransi. Definisi asuransi jiwa adalah suatu produk asuransi di mana perusahaan asuransi menanggung kerugian finansial yang tak terduga karena meninggalnya seseorrang dalam keluarga yang biasanya merupakan pencari nafkah utama dalam keluarga. Selain itu sudah tidak produktifnya seseorang dalam bekerja juga dapat menjadi salah satu alasan orang mendaftar asuransi jiwa.

Asuransi jiwa menanggung seluruh biaya sehingga keluarga yang ditinggalkan tidak mengalami kesulitan finansial bahkan bisa tetap mendapatkan pendapatan. Sebenarnya, tidak ada satu pun orang yang menginginkan hal buruk terjadi dalam keluarganya. Namun asuransi jiwa ini bisa menjadi tindakan prevensi bagi Anda agar hidup dengan aman dan tenang.

Definisi Asuransi Menurut Para Ahli

Asuransi sendiri memiliki banyak pengertian apabila dilihat dari sudut pandang yang berbeda baik dari segi ekonomi, sosial, hukum dan banyak ilmu lainnya. Pakar-pakar ahli sendiri memiliki berbagai pandangan tentang asuransi: Berikut ini definisi asuransi menurut para ahli:

  • Robert I. Mehr: Asuransi adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mengurangi resiko dengan cara menggabungkan unit-unit yang dinilai beresiko supaya kerugian seseorang dapat diprediksi. Selanjutnya kerugian dibagi secara rata diantara unit-unit yang tergabung di dalamnya.
  • Mark R. Greene: Menurut beliau asuransi adalah sebuah lembaga ekonomi yang bertujuan untuk mengurangi segala resiko yang digabungkan di bawah satu manajemen dengan kondisi tertentu sehingga kerugian dapat diprediksi.
  • Arthur William Jr. dan Richard M. Heins; Asuransi merupakan suatu alat yang menggabungkan resiko dari dua orang atau lebih dengan membayar kontribusi premi sebagai dana yang digunakan untuk membayar klaim tersebut.
  • Wirdjono Prodjodikoro; Asuransi adalah suatu persetujuan atau kesepakatan dimana pihak penanggung berjanji kepada pihak tertanggung untuk mengganti kerugian yang mungkin diderita oleh pihak tertanggung yang diakibatkan dari suatu peristiwa.

Setelah Anda mengetahui pengertian asuransi, maka Anda harus melakukan kewajiban sebagai pihak tertanggung yaitu dengan membayar premi. Definisi asuransi premi sendiri adalah sejumlah uang yang dibayarkan setiap bulannya kepada pihak penanggung sebagai suatu kewajiban atas keikutsertaanya pada asuransi tersebut.

Nilai dari premi sudah ditentukan oleh perusahaan sesuai dengan kondisi dan jenis produk yang Anda pilih. Oleh karena itu, Anda harus cermat dalam memilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga demi terjaminnya keselamatan dan keamanan keluarga Anda.

Info Asuransi:

asuransi dan jenisnya - asuransi di lihat dari segi pandang ekonomi - definisi asuransi dari sudut ekonomi - definisi asuransi dari sudut pandang sosisal dan ekonomi - jelaskan yg d maksud dgn asuransi menurut c arthur wiliam jr dan richard m heins! - pembagian asuransi berdasarkan jenisnya -
Content Protection by DMCA.com