Insurance Comparator: BPJS Vs Asuransi Kesehatan Swasta

Beberapa orang terkadang masih bingung untuk memilih diantara BPJS atau asuransi kesehatan swasta. Pemerintah sendiri sudah bersikeras untuk membuat seluruh lapisan masyarakat dicover oleh BPJS dan hal tersebut juga tertulis dalam undang-undang. Namun sebagian orang juga masih lebih memilih asuransi swasta yang memberikan berbagai macam manfaat seperti investasi.

Pemerintah menetapkan sebuah peraturan bahwa seluruh masyarakat Indonesia harus menggunakan BPJS sebagai badna yang menangungi asuransi kesehatan untuk karyawan swasta dan negeri secara komprehensif.

Kesamaan Asuransi Kesehatan Swasta dan BPJS

BPJS sendiri juga memberikan berbagai macam manfaat untuk apra anggotanya seperti pelayanan promotif dan juga preventif dengan pemberian imunisasi, penyuluhan, pemeriksaan kesehatan dan keluarga berencana. Selain itu, terdapat pelayanan kuratif serta rehabilitatif seperti rawat inap baik di ruangan intensif atau biasa serta rawat jalan baik dengan dokter umum ataupun dokter spesialis. Diberikan juga penggantian biaya obat-obatan dan juga akomodasi seperti biaya ambulans.

Asuransi kesehatan swasta di Indonesia juga memberikan manfaat yang sama atau lebih sesuai dengan premi yang dipilih oleh peserta dan juga memiliki beberapa manfaat rider yang terdapat dalam manfaat utama produk. Beberapa dari produk asuransi swasta juga memiliki manfaat investasi yang akan diberikan oleh pihak penanggung pada akhir masa perjanjian.

Hanya saja, manfaat dan produk dari asuransi swasta bisa berlaku untuk invidu saja dan ada juga produk yang bisa mengcover jumlah keluarga tertentu. Beberapa keuntungan juga ditawarkan oleh BPJS selaku dari asuransi milik pemerintah yang btelah mengalami perubahan nama berkali-kali sejak pertama didirikan.

Asuransi kesehatan swasta vs pemerintah - Fotolia

Asuransi kesehatan swasta vs pemerintah – Fotolia

Kelebihan Layanan BPJS dibanding Asuransi Kesehatan Swasta

Premi Murah

Keuntungan dari BPJS adalah pembayaran iuran atau preminya murah dan juga digolongkan dalam beberapa kelas. Orang-orang yang berada di kelas 1 membayar premi tipa bulannya sebesar Rp 59.500, sementara untuk anggota kelas 2 adalah Rp 42.500 dan bagi yang berada di kelas 3 harus membayar iuran sebesar Rp 25.500 dan sudah mencakup seluruh anggota keluarga apabila pemegang kartu merupakan karyawan.

Asuransi kesehatan bagi pegawai swasta dan negeri ini memang lebih murah dibandingkan dengan asuransi swasta. BPJS juga tidak menentukan premi berdasarkan dari umur, jenis kelamin, golongan, prokok atau bukan. Sementara untuk asuransi swasta memiliki perbedaan dan juga kriteria dalam menentukan premi.

Layanan Komprehensif

Keuntungan lain yang diperoleh dari BPJS sebagai jaminan asuransi kesehatan bagi pegawai swasta maupun negeri adalah beragam manfaat kesehatan yang dijamin. Resiko yang dijamin tersebut antara lain rawat inap, rawat jalan, biaya konsultasi kehamilan bahkan juga persalinan baik sesar maupun normal serta biaya optik atau penggantian kacamata.

Sebenarnya, beberapa dari manfaat tersebut juga terdapat dalam asuransi swasta namun jumlah premi yang ditanggung memang jauh lebih besar daripada iuran bulanan BPJS ditambah dengan berbagai macam syarat dan ketentuan untuk bisa mendapatkan semua manfaat tersebut.

Layanan untuk masalah kesehatan yang sudah ada

Manfaat lainnya dari BPJS adalah tidak adanya pre-existing condition atau penyakit yang sudah pernah diderita sebelumnya. BPJS akan menanggung dan juga menerima semua peserta meskipun sebelumnya peserta tersebut sudah pernah menderita penyakit tertentu. Kebanyakan asuransi swasta tidak mau menerima calon nasabah yang sudah memiliki riwayat penyakit tertentu.

Tidak mengharuskan cek kesehatan

Selain itu tidak diperlukan adanya cek kesehatan terlebih dahulu serta tidak adanya batasan atau limit dalam menerima perawatan. Namun, karena BPJS merupakan asuransi umum yang hampir dimiliki oleh semua warga maka ada banyak tantangan yang harus dihadapi seperti proses rujukan untuk mendapatkan perawatan sangat lama dan panjang. Semoga perbandingan dari BPJS dan asuransi kesehatan swasta bisa menjadi sebuah referensi bagi Anda untuk menentukan jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan perlindungan Anda.

Info Asuransi:

Asuransi kesehatan milik pemerintah - rekomendasi produk asuransi terbaik selain bpjs - jenis produk yang ditawarkan dari bpjs - jenis jenis asuransi kesehatan swasta - jenis asuransi di indonesia negeri ataupun swasta - asuransi swasta investasi manfaat ke asuransi kesehatan - asuransi seperti bpjs - asuransi pihak swasta atau negeri - asuransi kesehatan murah selain bpjs - tujuan jaminan asuransu kesehatan bagi karyawan swasta -
Content Protection by DMCA.com