Jenis Asuransi Jiwa Bertipe Whole Life: Jaminan Seumur Hidup

Meskipun memiliki fungsi yang sama yaitu untuk memberikan proteksi terhadap resiko tak terduga yang menyebabkan sebuah kerugian pada keluarga, namun jenis asuransi jiwa sendiri berbeda-beda sehingga masyarakat diberi kebebasan untuk memilih asuransi jiwa yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan serta kondisi keuangan dari keluarga tersebut. Oleh karena jenis asuransinya berbeda, maka premi yang harus dibayarkan pun juga berbeda.

Memahami Jenis Asuransi Jiwa Whole Life

Kebanyakan jenis produk asuransi jiwa memiliki batas umur dan juga jangka waktu tertentu sehingga Anda harus cermat dalam memilih. Namun, sudah banyak juga perusahaan asuransi yang mengubah sistem premi dan juga pemberian manfaat sehingga masyarakat bisa merasakan perlindungan yang menyeluruh dan juga dalam jangka waktu yang lama.

Oleh sebab itu, dibentuklah asuransi jiwa whole life atau yang biasa disebut dengan asuransi seumur hidup. Whole life merupakan asuransi jiwa yang memberikan perlindungan seumur hidup dengan biaya pertanggungan sampai umur maksimum yaitu 100 tahun. Seperti namanya, asuransi ini baru akan memberikan biaya pertanggungan sampai pihak tertanggung meninggal dunia.

Hal yang menarik adalah premi asuransi jiwa whole life tidak akan hangus seperti asuransi jiwa berjangka. Apabila tidak ada klaim dari pihak tertanggung, maka uang pertanggungan akan dikembalikan semuanya pada nasabah. Asuransi jenis ini sangat cocok untuk nasabah yang sudah tidak ada tanggungan dan tidak mau merepotkan pihak keluarga apabila pemegang polis meninggal dunia, di mana pihak keluarga sebagai ahli waris akan mendapatkan biaya santunan yang bisa digunakan untuk keperluan lainnya.

Sedikit berbeda dari  jenis asuransi jiwa murni di mana jaminan resiko bisa dilakukan dalam jangka waktu tertentu dan biasanya jenis perjanjiannya juga singkat namun bisa diperpanjang setiap kontrak berakhir.

Jenis Asuransi Jiwa Whole Life - Fotolia

Jenis Asuransi Jiwa Whole Life – Fotolia

Manfaat Jenis Asuransi Jiwa di Indonesia Bertipe Whole Life

Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya bahwa beberapa jenis asuransi jiwa di Indonesia juga memiliki produk term life dan whole life. Asuransi seumur hidup merupakan asuransi unit link yang memiliki kaitan dengan jenis investasi tertentu sehingga manfaat yang diterima tidak hanya uang santunan tapi juga keuntungan nilai investasi. Berikut ini berbagai macam manfaat dan keuntungan asuransi whole life:

  • Whole life mmeiliki sifat nilai pertanggungan seumur hidup sampai dengan usia nasabah mencapai 99-100 tahun.
  • Whole life memiliki nilai tunai polis di akhir masa perjanjian
  • Nilai tunai polis tersebut bisa dijadiakn sebagai pinaman tunai selama masih berada dalm masa kontrak
  • Nasabah mendapatkan bonus berupa deviden dari perusahaan untuk pemegang whole life
  • Masa pembayaran premi bisa dilakukan dalam jangka waktu tertentu seperti 5,10,15, dan 20 tahun.
  • Nasabah juga akan mendapatkan pertanggungan untuk cacat yang disebabkan oleh penyakit atau kecelakaan sebesar 100% dari uang pertanggungan dan juga tambahan biaya apabila mengalami cacat sebelum pemegang polis berusia 65 tahun.

Komponen tabungan dalam asuransi jiwa whole life terdapat dua bagian yaitu cash value atau nilai tunai dan cash surrender value atau nilai tebus. Pada tahun awal, nilai tunai memang dinilai sangat sedikit. Namun nilai tersebut akan meningkat secara drastis setelah beberapa tahun pertama. Jumlah besaran nilai tunai tersebut dipengaruhi oleh jumlah premi yang disisihkan guna memenuhi nilai tunai, biaya agen, biaya asuransi dan juga pengembalian investasi.

Semoga informasi lengkap mengenai jenis asuransi jiwa seumur hidup atau whole life bisa membantu Anda untuk menentukan jenis asuransi jiwa yang tepat bagi Anda dan keluarga. Sebaiknya pilihlah asuransi yang bisa mencakup biaya perlindungan untuk seluruh keluarga sehingga keluarga bisa mendapatkan perlindungan terhadap resiko tak terduga.

Info Asuransi:

asuransi seumur hidup prudential - whole life insurance di indonesia - jenis asuransi jiwa - asuransi whole life - asuransi jiwa seumur hidup - pengertian seumur hidup dalam asuransi seumur hidup - jenis asuransi seumur hidup - manfaat whole life - pengertian asuransi jiwa seumur hidup - pengertian asuransi seumur hidup - pengertian jaminan asuransi jiwa - premi asuransi whole life - premi asuransi whole life dari prudential - Prudential asuransi jiwa seumur hidup - jaminan cacat seumur hidup - asuransi whole life terbaik - asuransi jiwa dan hidup - asuransi jiwa dari segi jaminan - asuransi jiwa prudenstial seunur hidup - asuransi jiwa seumur hidup prudential syariah - asuransi jiwa seumur hidup sequis - asuransi jiwa whole life bumiputera - asuransi seumur hidup - asuransi seumur hidup (whole life insurance) - asuransi whole life di bogor - asuransi whole life prudential - asuransi jaminan hidup -
Content Protection by DMCA.com