Jenis Asuransi Mobil dan Pertimbangan untuk Memilih Asuransi

Asuransi merupakan salah satu faktor terpenting dalam kepemilikan mobil, namun memilih jenis asuransi mobil yang tepat juga penting. Jenis asuransi tergantung pada faktor-faktor seperti jenis dan tahun pembuatan mobil, lokasi tempat tinggal, serta faktor resiko yang ada di sekitar Anda. Bahkan jika Anda memiliki anggaran tak terbatas untuk membeli asuransi, salah membeli asuransi akan membuat Anda menghabiskan uang percuma atau malah tidak mendapat perlindungan yang sebenarnya Anda perlukan.

Mengenali jenis-jenis asuransi mobil adalah langkah mendapat perlindungan paling tepat untuk mobil Anda. Pastikan Anda mengetahui asuransi apa yang dibutuhkan dan sesuaikan anggaran Anda.

Jenis Asuransi Mobil Menurut Perlindungan

Secara umum, perusahaan asuransi di Indonesia menawarkan dua kelompok perlindungan terhadap kendaraan bermotor, yaitu:

  • Perlindungan all risk, yaitu jenis perlindungan yang memberi penanggungan pada tiap kerusakan yang terjadi pada kendaraan. Ini bisa berarti tabrakan, kerusakan akibat huru-hara, baret atau penyok, vandalisme, dan sebagainya. Jenis asuransi mobil all risk termasuk yang paling umum dipilih, karena memberi perlindungan akan kerusakan bahkan jika kerusakan tersebut sangat kecil.
  • Perlindungan total loss, yaitu jenis perlindungan yang baru diberikan ketika mobil mengalami kerusakan besar lebih dari 75% harga mobil tersebut. Asuransi ini hanya memberikan perlindungan jika kerusakan mobil sudah mencapai batas yang ditetapkan, sehingga dapat memakan biaya premi cukup besar.
  • Perlindungan tambahan. Ini biasanya diberikan oleh perusahaan asuransi selain paket asuransi komprehensif atau total loss, untuk memastikan bahwa Anda mendapat perlindungan lengkap. Tergantung layanan yang diberikan perusahaan asuransi tersebut, perlindungan tambahan dapat berupa perlindungan terhadap kerusakan akibat air yang masuk ke mesin, kerusakan akibat peristiwa kerusuhan, tanggungan untuk perbaikan darurat dan bengkel, tanggungan biaya perawatan penumpang setelah kecelakaan, atau kebakaran mesin.
Jenis asuransi mobil - Fotolia

Jenis asuransi mobil – Fotolia

Dilihat dari jenis asuransinya, all risk paling cocok untuk pemilik mobil penumpang, sedangkan total loss cocok untuk sepeda motor dan kendaraan pengangkut barang. Pastikan Anda memilih jenis asuransi yang tepat agar efektif dan Anda tidak membayar terlalu banyak. Selain itu, Anda juga harus mengecek kebijakan tiap perusahaan untuk tahu perlindungan tambahan apa yang diberikan pada pembeli paket asuransi. Akan tetapi, jenis asuransi mobil baru tidak terbatas pada ketiganya.

Jenis-jenis Asuransi Mobil Spesifik

Selain perlindungan asuransi berupa total loss dan all risk, ada juga beberapa perlindungan spesifik yang ditawarkan perusahaan asuransi, tergantung jenis asuransi yang berlaku di suatu negara. Misalnya, ada jenis asuransi mobil rental, yang khusus dikenakan untuk mobil yang dijadikan sumber penghasilan dengan disewakan. Ada juga asuransi untuk mobil klasik atau mobil kolektor, terutama jika mobil tersebut jarang dikendarai. Ada pula asuransi khusus untuk uninsured motorist, yaitu tambahan perlindungan pada paket asuransi Anda untuk berjaga-jaga jika orang yang terlibat kecelakaan di kendaraan berbeda tidak memiliki asuransi.

Akan tetapi, jenis-jenis asuransi ini tidak selalu tersedia di semua negara, tergantung kebijakan asuransi di negara tersebut. Jenis-jenis asuransi di atas semua tersedia di Amerika Serikat dan Kanada, tetapi tidak semuanya tersedia di Indonesia. Jika ada jenis perlindungan yang Anda perlukan secara khusus, pastikan perusahaan asuransi memilik paket perlindungan yang dapat menutupinya. Walaupun ada beragam jenis asuransi mobil yang ditawarkan berbagai perusahaan, pastikan Anda memilih perlindungan paling tepat sesuai kebutuhan Anda sendiri, bukan sekadar yang paling mahal atau murah.

Info Asuransi:

pertimbangan apa saja dalam asuransi mobil - asuransi all risk termasuk mesin mobil atau tidak - asuransi mobil klasik - Asuransi mobil truck pengangkut barang - jenis jenis asuransi amerika serikat - jenis tanggungan asuransi mobil - pertimbangan asuransi mobil - yang di berikan asuraransi ke pemilik kendaraan -
Content Protection by DMCA.com