Kelebihan vs Kekurangan Produk Asuransi Jiwa Allianz

Asuransi Allianz merupakan salah satu perusahaan asuransi yang sudah berdiri cukup lama di Indonesia dan selalu dipercaya oleh masyarakat untuk melindungi keluarga Anda dari resiko tak terduga. Berbagai macam produk pun sudah banyak dikeluarkan oleh Allianz dan disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan keluarga Anda, seperti asuransi jiwa Allianz, yang hadir dalam berbagai skema pertanggungan.

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Jiwa Allianz

Asuransi jiwa dan kesehatan Allianz adalah dua produk unggulan yang digunakan untuk membantu masyarakat. Namun, sebagai calon nasabah Anda juga perlu tahu kelebihan dan kekurangan masing-masingnya, sebagai bahan pertimbangan agar anda bisa mengambil keputusan secara matang. Berikut ini adalah kelebihan asuransi jiwa murni Allianz:

  • Harga premi murah tanpa ada biaya tambahan yang lain
  • Asuransi ini tidak terikat pada jangka waktu yang sangat lama
  • Proses klaim tidak ribet dan mudah dicairkan dengan syarat ringan
  • Nilai dari uang pertanggungan setiap manfaat proteksi bersifat tetap

Namun, asuransi jiwa murni ini juga memiliki sejumlah kekurangan yang mesti anda ketahui, antara lain:

  • Dana dapat hilang atau hangus bila tidak ada klaim
  • Uang premi jumlahnya tetap dan tidak berubah karena tidak ada investasi
  • Tidak mendapatkan santunan berupa dana investasi apabila pemegang polis meninggal dunia
Asuransi jiwa Allianz - Fotolia

Asuransi jiwa Allianz – Fotolia

Banyaknya polemik serta pro kontra akan keberadaan asuransi konvensional menyebabkan beberapa perusahaan asuransi juga menghadirkan produk asuransi berbasis syariah salah satunya adalah Asuransi Jiwa Allianz Syariah.

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Jiwa Allianz Syariah

Asuransi berbasis syariah dipilih karena adanya sistem transparansi dalam pengelolaan dana sesuai dengan prinsip syariah sehingga masyarakat mengetahui bagaimana dananya dikelola. Pengelolaan dana dilakukan secara Islami sehingga terhindar dari riba (bunga), maisir (judi), dan gharar (ketidakjelasan) Semua pengelolaan dilakukan dalam pengawasan Dewan Pengawas Syariah. Selain itu, asuransi ini menerapkan sistem bagi hasil dimana keuntungan yang diperoleh tidak hanya menjadi keuntungan perusahaan tapi juga milik Anda sebagai nasabah.

Meski demikian, asuransi berbasis syariah juga memiliki sejumlah kelemahan, yakni:

  • Dana yang terkumpul dari nasabah tidak bisa dimasukkan dalam bentuk investasi yang sembarangan, semua proses harus melalui persetujuan Dewan Pengawas Syariah.
  • Asuransi syariah milik Allianz masih kalah pamor dari asuransi syariah perusahaan lain
  • Masyarakat tidak begitu yakin dengan asuransi syariah yang dimiliki oleh Allianz karena Allianz bukan produk asuransi milik Indonesia asli tetapi milik asing.
  • Tidak semua hal bisa dasuransikan sehingga asuransi jiwa syariah ini terbatas

Perbedaan Premi Asuransi Jiwa Allianz Murni dan Syariah

Baik asuransi jiwa murni maupun syariah, nasabah dituntut untuk tetap membayar premi yang merupakan kewajiban pihak tertanggung kepada pihak penanggung sebagai syarat di mana pihak penanggung akan menjamin perlindungan Anda dan keluarga dari resiko. Premi asuransi jiwa Allianz sendiri memiliki perbedaan antara sistem konvensional dan syariah, antara lain:

  • Asuransi jiwa murni tidak memiliki dewan pengawas yang mengawasi kegiatan pengelolaan dana sementara asuransi syariah ada badan pengawas
  • Pembayaran premi dalam asuransi murni bersifat jual beli sementara asuransi syariah bersifat tolong menolong
  • Asuransi murni tidak memiliki investasi sehingga tidak ada keuntungan dalam perhitungan investasi sementara asuransi syariah memiliki sistem bagi hasil.
  • Dana yang disetorkan pada asuransi murni sepenuhnya merupakan milik perusahaan sementara asuransi syariah semua dana adalah milik nasabah dan tugas perusahaan hanya menyimpan dana saja.
  • Dana pada asuransi murni bisa hangus jika tidak ada klaim sementara asuransi jiwa syariah tidak ada dana hangus

Semoga perbedaan, kelebihan, dan kekurangan asuransi jiwa Allianz baik yang murni maupun syariah bisa membantu Anda dan keluarga untuk menentukan jenis produk asuransi mana yang terbaik dan tidak memberatkan Anda dalam membayar premi sehingga proteksi yang diberikan maksimal.

 

Info Asuransi:

kelebihan dan kekurangan asuransi allianz - kelemahan asuransi jiwa - kerugian asuransi - kekurangan asuransi allianz - kelebihan asuransi allianz - kelebihan dan kekurangan asuransi - kelemahan asuransi allianz - resiko dan keuntungan ikut asuransi allianz - keuntungan dan kerugian produk asuransi jiwa allianz - kelemahan dari sistem di perusahaan allianz - kelebihan dan kekurangan asuransi jiwa - keunggulan dan kekurangan asuransi allianz - 10 kelebihan allianz - produk asuransi jiwa allianz - produk asuransi allianz - Pro dan kontra tentang asuransi alians - premi asuransi alianz - plus minus asuransi kesehatan allianz - manfaat asuransi allianz vs bri - kruntungan asuransi alian - kritik asuransi allianz - keuntungan menggunakan asuransi allianz - keuntungan ikut asuransi allianz - keuntungan ikut asuransi alians - apa keuntungan nasabah bila berinvestasi di alianz asuransi - keuntungan dan kerugian ikut asuransi allianz - keunggulan masing masing produk asuransi - kekurangan menggunakan asuransi allianz - keunggulan asuransi alianz - kekuatan perusahaan allianz - kekurangan allianz syariah - kelemahan dan keunggulan asuransi jiwa allianz - kekurangan asuransi allianz indonesia - kekurangan asuransi jiwa - kelemahan allianz - kelemahan alianz - kelebihan simpan dalam allianz - kelebihan dan kelemahan produk kesihatan - kelebihan dan kelemahan produk asuransi Allianz - kekurangan dan kelebihan allianz - kekurangan dan kelebihan polis asuransi jiwa - kekurangan dan kelebihan produk asuransi syariah - kelebihan dan kekurangan allianz life indonesia -
Content Protection by DMCA.com