Kelemahan Asuransi Jiwa Berikut Ini Perlu Anda Antisipasi

Asuransi jiwa yang selama ini kita pikir akan menjamin jiwa kita dan keluarga dengan baik ternyata memiliki beberapa kelemahan asuransi jiwa yang bisa jadi berpengaruh pada ketidakpuasan kita menggunakan layanan asuransi. Oleh karena itu, sebelum menggunakan asuransi jiwa, sebaiknya Anda mengetahui beberapa kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi sebagai tanda yang mencerminkan kelemahan asuransi ini.

Beberapa Kelemahan Asuransi Jiwa Yang Paling Umum

Apa sajakah kelemahan asuransi jiwa yang mesti Anda ketahui? Berikut ini adalah poin-poinnya!

  • Lingkup penanggulangan resiko biasanya terbatas. Pihak asuransi telah menyediakan berbagai paket yang bisa kita pilih. Jika kita memilih produk A, maka wilayah penanggungannya hanya sebatas pada yang tertera di polis. Pihak asuransi tidak mau menjamin hal yang tidak dipoliskan meski hal tersebut urgent untuk dilakukan.
  • Resiko premi hangus; Kerugian asuransi jiwa yang lainnya yaitu premi yang telah dibayarkan menjadi hangus apabila selama masa pertanggungan sampai jangka waktu yang telah ditentukan tidak terjadi klaim. Mungkin hal ini akan membuat Anda bertanya-tanya perihal uang yang telah Anda bayarkan. Jika sudah jatuh tempo dan kita belum melakukan klaim, maka uang itu tidak akan kembali lagi pada kita.
  • Resiko kesalahan saat memilih; Kesalahan dalam memilih produk juga sering menjadi masalah serius yang mungkin akan dihadapi oleh calon nasabah. Misalnya saja nasabah menginginkan perlindungan jiwa dengan proteksi tertentu, namun karena nasabah kekurangan informasi atau karena alasan lainnya, nasabah memilih produk asuransi yang tidak menyediakan apa yang nasabah inginkan. Lalu pada saat nasabah melakukan klaim, nasabah akan kaget karena resikonya tidak di-cover oleh perusahaan asuransi jiwa.
  • Resiko penipuan; Kekurangan asuransi jiwa yang selanjutnya yaitu kemungkinan terjadinya ingkar janji yang dilakukan oleh pihak perusahaan asuransi. Mungkin hal ini terdengar mustahil, namun sesungguhnya memang ada beberapa kasus yang merepresentasikan pengingkaran janji oleh perusahaan asuransi jiwa yang tak hanya terjadi di Indonesia namun juga di seluruh dunia. Ingkar janji juga bisa diartikan sebagai keterlambatan klaim.
Kelemahan Asuransi Jiwa - Fotolia

Kelemahan Asuransi Jiwa – Fotolia

  • Resiko kebangkrutan; Hal lain yang mungkin menjadi resiko para pengguna asuransi jiwa yaitu kebangkrutan perusahaan asuransi jiwa yang Anda ikuti. Jika perusahaan asuransi jiwa yang Anda ikuti mengalami brangkut, tentu saja jiwa Anda tidak terjamin lagi. Sebab proses klaim sudah tidak bis alagi dilakukan dan uang premi yang Anda bayarkan pun belum tentu kembali lagi ke tangan Anda.
  • Resiko penolakan klaim; Kesalahan informasi yang nasabah berikan pada pihak perusahaan asuransi juga dapat menjadi boomerang yang berbahaya. Biasanya jika pihak perusahaan asuransi jiwa mengetahui bahwa nasabah menyembunyikan sesuatu atau memasukkan data palsu, maka bisa jadi perusahaan asuransi jiwa tersebut tidak mau menerima klaim nasabah. Atau yang lebih parah lagi, bisa saja pihak perusahaan tidak mau menanggung nasabah.
  • Resiko penangguhan klaim; Keterlambatan membayar premi juga merupakan hal bisa menjadi penyebab timbulnya resiko dalam menggunakan asuransi jiwa. Jika nasabah telat membayarkan preminya, maka kemungkinan besar proses klaim yang diajukan nasabah tidak akan mudah di-acc. Selain itu, bisa saja pihak perusahaan asuransi jiwa menerapkan sistem denda atau seperangkat peraturan lain yang dapat merugikan pihak nasabah yang telah melakukan kesalahan sederhana.

Itulah beberapa kelemahan asuransi jiwa yang sebaiknya Anda ketahui sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Ketika Anda sudah mengetahui kelemahannya, diharapkan Anda sudah mempersiapkan diri untuk segala kemungkinan negatif yang akan terjadi. Kelemahan ada di setiap aspek kehidupan dan bukan untuk dihindari, melainkan dihadapi dengan cara yang bijak agar tidak memperparah kerugian.

Info Asuransi:

asuransi perlu tidak - kasus penipuan dilakukan perusahaan generali asuransi - kelemahan asuransi jiwa sequislufe - kerugian asuransi jiwa - uang yang telah di berikan ke perusahaan asuransi apa bisa kembali -
Content Protection by DMCA.com