Manajemen dan Cara Klaim Asuransi Kesehatan

Klaim asuransi kesehatan akan dilakukan oleh seseorang apabila mereka mengalami sebuah peristiwa hingga mengakibatkan terjadinya kerugian. Cara klaim yang dimiliki oleh setiap perusahaan berbeda sehingga calon nasabah harus cermat dalam memilih manajemen dan juga prosedur yang tidak memberatkan pihak nasabah untuk memenuhinya.

Manajemen serta prosedur klaim asuransi kesehatan merupakan sebuah fungsi yang memegang peran penting dalam perusahaan asuransi. Unit inilah yang memiliki peran atau yang menguasai jalannya kehidupan dengan menentukan apakah klaim harus dibayar atau tidak dengan segera, ditunda atau ditolak. Secara langsung manajemen ini berfungsi untuk menentukan arus perputaran keuangan perusahaan serta bisa mmebangun citra perusahaan.

Cara Mengajukan Klaim Asuransi Kesehatan

Untuk cara klaim asuransi kesehatan sedikit berbeda dengan asuransi jiwa yang membutuhkan banyak surat serta berkas-berkas serta persyaratannya tidak begitu rumit sebagai berikut:

Pelajari polis asuransi sebelum mengajukan klaim

Sebelum mengajukan sebuah klaim, maka Anda harus mempelajari terlebih dahulu manfaat perawatan di rumah sakit serta resiko apa saja yang ditanggung. Anda juga harus memahami posisi polis yang Anda miliki apakah asuransi individu ataupun kolektif bersama keluarga. Pelajari limit maksimum masing-masing manfaat, resiko yang dikecualikan oleh pihak asuransi serta fasilitas rujukan dan jumlah rumah sakit rekanan sehingga bisa dengan mudah mengajukan klaim kerugian biaya.

Pelajari tagihan rumah sakit dengan cermat

Sebelum meninggalkan rumah sakit, biasanya Anda akan diminta untuk menandatangani rincian biaya dengan rincian diagnosa penyakit dan sebagainya. Sebelum menunjukkan data tersebut kepada manajemen klaim asuransi kesehatan, perhatikan dengan seksama tentang diagnosa penyakit serta cara pengobatan atau perawatan yang dilakukan oleh tim dokter, biaya tiap perawatan yang nasabah dapatkan, tanggal, nama dokter serta nama Anda sendiri. Pastikan tidak ada kesalahan penulisan nama karena hal tersebut bisa menunda proses pembayaran klaim karena dianggap tidak valid.

Cara klaim asuransi kesehatan - Fotolia

Cara klaim asuransi kesehatan – Fotolia

Ajukan klaim dengan segera

Di dalam peraturan prosedur pengelolaan klaim asuransi kesehatan terdapat masa kadaluarsa asuransi klaim sehingga apabila Anda terlambat atau terlalu lama mengajukan klaim pada perusahaan, maka secara otomatis klaim akan ditolak dan tidak diproses. Biasanya masa kadaluarsa adalah 30 atau 60 hari sejak pihak tertanggung melakukan perawatan kesehatan. Oleh karena itu, disarankan untuk segera melakukan proses klaim sehingga dana penggantian bisa dicairkan dengan cepat.

Gandakan semua berkas klaim

Sebagai seorang nasabah asuransi, Anda tidak mengetahui bagaimana cara kerja klaim tersebut dan Anda juga tidak mengetahui kinerja dari petugas yang mengelolanya sehingga akan lebih baik sebelum berkas diberikan pada pihak asuransi, Anda sudah memiliki salinan atau mengcopy data tersebut dengan lengkap. Apabila terjadi kesalahan seperti hilangnya berkas atau terselip yang disebabkan oleh pihak asuransi, maka Anda sudah memiliki salinannya.

Apabila ada penolakan, jangan langsung diterima

Jika klaim yang Anda ajukan ditolak oleh perusahaan, maka Anda jangan langsung menerima kondisi tersebut. Pelajari terlebih dahulu alasan yang diberikan dan berusahalah untuk menjelaskannya dengan detail kondisi tersebut. Sampaikan keberatan dan juga pembelaan yang meyakinkan dengan bukti-bukti yang sesuai baik lisan maupun tulisan karena perusahaan mungkin akan mempertimbangkan untuk mengganti biaya tersebut dengan sistem ex gratia. Ex Gratia merupakan penggantian uang jaminan yang tidak tertera dalam polis karena sebuah pertimbangan tertentu yang meyakinkan.

Setelah mengetahui cara mengajukan klaim asuransi kesehatan dengan teliti dan cermat, maka Anda tidak perlu khawatir akan resiko penolakan ataupun proses yang lama karena secara tidak langsung Anda juga sudah mengerti kinerja dari manajemennya.

Info Asuransi:

manajemen klaim asuransi kesehatan - prosedur pengelolaan klaim asuransi - manajemen klaim - manajemen asuransi kesehatan - pengelolaan klaim - manajemen pengelolaan klaim - manajemen pengelolaan klaim di asuransi - manajemen sistim ansuransi kesehatan - menejemen klaim asuransi kesehatan - mengapa harus cermat dan terampil di bagian klaim - pengelolaan klaim asuransi kesehatan - petugas pembayar asuransi - petugas pembayar klaim asuransi - prosedur pengelolaan klam asuransi - apa itu klaim asuransi manajemen - manajemen klaim asuransi - bagaimana manajemen asuransi kesehatan - cara klaim asuransi ilmu manajemen - contoh manajemen klaim asuransi kesehatan - dalam hal klaim asuransi apa saja yang harus di teliti oleh petugas klaim - fungsi asuransi manajemen klaim - klaim asuransi kesehatan - klaim asuransi kesehatan ditolak - klaim manajemen - managemen klaim asuransi - management klaim asuransi kesehatan - manajemen asuransi kesehatan berfungsi untuk? - proses pengelolaan klaim -
Content Protection by DMCA.com