Memahami Biaya Asuransi Mobil All Risk dan Total Lost

Ketika Anda membeli mobil baru, membeli asuransi dan memahami biaya asuransi mobil adalah langkah penting berikutnya, terutama jika mobil Anda bernilai tinggi atau jika Anda sangat tergantung pada mobil tersebut. Asuransi akan membantu Anda memperbaiki kerusakan atau mengganti mobil jika sesuatu terjadi, terutama jika Anda pengemudi berisiko tinggi atau sering menggunakan mobil tersebut. Biaya klaim asuransi mobil sangat tergantung pada berbagai hal, dan ini memengaruhi berapa yang akan Anda peroleh ketika mobil Anda mengalami sesuatu.

2 Jenis Biaya Asuransi Mobil Utama

Ketika Anda membeli asuransi mobil, Anda harus memilih jenis perlindungan. Secara umum, asuransi mobil di Indonesia menawarkan dua macam perlindungan, yaitu:

  • All Risk/Komprehensif. Jenis asuransi ini merupakan perlindungan terhadap hal-hal yang tidak terduga terhadap mobil, misalnya jika mobil Anda menjadi korban vandalism, tabrakan, kecurian, atau rusak akibat kebakaran, kejatuhan benda berat seperti pohon tumbang, dan sebagainya. Jenis asuransi ini adalah yang umum ditawarkan, dan biaya asuransi mobil all risk biasanya tergantung pada nilai mobil serta kemampuan pembiayaan Anda.
  • Total Loss. Jenis asuransi ini merupakan perlindungan jika mobil Anda mengalami sesuatu yang mengakibatkan kerusakan total atau melebihi 75% dari seluruh bagian mobil tersebut. Perlindungan ini biasanya melibatkan perpanjangan perlindungan untuk kemungkinan peristiwa buruk atau bencana yang beresiko mengakibatkan total loss, yaitu bencana alam, kerusuhan, terorisme, dan sebagainya. Tabrakan juga termasuk, tetapi jika mengakibatkan kerusakan total atau nyaris total.
Biaya asuransi mobil - Fotolia

Biaya asuransi mobil – Fotolia

Beberapa jenis perusahaan asuransi mungkin menawarkan rincian perlindungan yang berbeda-beda dalam layanan perlindungan kendaraan bermotor, sementara yang lain bekerjasama dengan jasa terkait seperti perusahaan derek atau perbaikan kendaraan/bengkel otomotif, dimana Anda bisa mendapat potongan harga ketika memperbaiki mobil yang ditebus dengan asuransi tersebut.

Perkiraan Premi Asuransi Mobil All Risk

Pengemudi dapat membeli baik paket all risk maupun total loss jika ingin mobilnya terlindungi secara maksimal. Akan tetapi, memilh keduanya akan membuat paket asuransi sangat mahal. Jalan terbaik adalah memilih jenis perlindungan yang resikonya sesuai dengan area dimana Anda tinggal serta aktifitas apa yang Anda lakukan dengan mobil tersebut. Misalnya, jika Anda tinggal di kota yang sering banjir atau berpotensi kerusuhan, perlindungan total loss mungkin diperlukan. Akan tetapi, secara umum, pemilik mobil biasanya mengambil perlindungan all risk.

Lalu, berapa premi asuransi mobil all risk yang harus dibayar? Hal ini tergantung dari jenis mobil, tahun pembuatan dan harganya. Mobil yang berharga di bawah 100 juta rupiah biasanya membuat Anda harus membayar premi sekitar 3 persen dari nilainya, yang berharga 100 hingga 150 juta rupiah berarti 2.5 persen, 150 hingga 300 juta berarti 2 persen, 300 hingga 500 juta berarti 1.75 persen, dan di atas 500 juta berarti 1.50 persen. Semakin tua suatu mobil, biasanya semakin tinggi preminya, apalagi jika mobilnya tergolong antik atau klasik, atau mobil koleksi.

Bagaimana jika Anda merasa membeli dua perlindungan terlalu mahal, tetapi ingin perlindungan all risk yang lengkap? Anda bisa mengambil pilihan perluasan jaminan alih-alih perlindungan all risk dan total loss sekaligus. Perluasan jaminan bisa meliputi kerusuhan, banjir dan terorisme, sehingga perlindungan all risk Anda lebih lengkap. Untuk jelasnya, Anda bisa meminta harga asuransi mobil terbaik dan terlengkap dari perusahaan asuransi, lalu membandingkan jenis perlindungannya. Membeli mobil berarti memperhitungkan biaya asuransi mobil, termasuk jenis perlindungan yang harus Anda ambil.

Info Asuransi:

all risk kecurian berapa - biaya pembuatan asuransi mobil di garda oto - biaya asuransi mobil all risk - biaya asuransi mobil 150 juta - biaya asuransi all risk takaful - asuransi mobil makin tua - asuransi mobil allrisk nilainya berapa dari harga mobil? - asuransi klaim vandalism - asuransi all risk biasanya berapa % - apa terjadi jika total loss - Total lost -
Content Protection by DMCA.com