Mengapa Anda Harus Mempertimbangkan Asuransi Pendidikan Murni

Asuransi pendidikan kini memiliki beragam variasi seperti asuransi jiwa dan kesehatan, sehingga pilihan orangtua tidak harus terbatas pada asuransi pendidikan murni. Sesuai namanya, asuransi ini hanya memberikan pertanggungan sejauh masa pendidikan si anak, dan akan habis begitu pendidikan si anak sudah selesai.

Sepintas, pilihan ini mungkin terlalu sederhana, terutama karena ada berbagai jenis asuransi pendidikan lain seperti asuransi unit link (asuransi beserta investasi) dan tabungan pendidikan yang ditawarkan bank. Akan tetapi, di balik kesederhanaannya, asuransi pendidikan murni ternyata menawarkan keunggulan yang tak kalah dari unit link. Asuransi jenis ini cocok untuk anda yang membutuhkan cakupan asuransi pendidikan yang lebih aman dari resiko.

Perbedaan Asuransi Pendidikan Murni dengan Tabungan

Perbedaan mendasar antara asuransi pendidikan dan tabungan adalah penyedianya; tabungan pendidikan disediakan oleh bank, bukan perusahaan asuransi. Jika Anda tidak berminat menggunakan asuransi dan lebih nyaman dengan tabungan pendidikan, Anda bisa kehilangan manfaat yaitu investasi. Dalam asuransi pendidikan unit link, dana Anda akan diinvestasikan dalam berbagai metode investasi, sehingga hasilnya bisa lebih tinggi daripada deposito tabungan pendidikan.

Manfaat tersebut hanya bisa diperoleh jika Anda mengambil polis asuransi pendidikan unit link. Akan tetapi, Anda bisa mengambil asuransi pendidikan murni jika hanya memiliki kebutuhan untuk menanggung biaya pendidikan anak sampai selesai, bukan yang lain. Berbagai manfaat ini termasuk biaya premi yang lebih rendah, jaminan lebih pasti untuk tanggungan, dan sebagainya.

Asuransi pendidikan murni (Fotolia)

Asuransi pendidikan murni (Fotolia)

Keuntungan Asuransi Pendidikan Murni

Asuransi pendidikan biasa sekilas tidak memberi manfaat lebih dibanding asuransi unit link. Akan tetapi, ada berbagai manfaat yang bisa Anda peroleh, seperti:

  • Biaya yang lebih murah. Asuransi pendidikan tradisional atau murni memiliki biaya lebih rendah dibanding unit link, sehingga Anda akan merasa lebih ringan saat membayar premi secara rutin. Cocok jika Anda berusaha memfokuskan keuangan pada pendidikan anak.
  • Kontrak tanggungan bersifat pasti. Asuransi pendidikan murni memiliki kontrak pertanggungan yang pasti. Pihak tertanggung akan mendapat jaminan tanggungan biaya pendidikan ketika terjadi sesuatu pada pemegang polis, dan pembiayaan ini tak akan berhenti hingga si tertanggung (si anak) menyelesaikan pendidikannya sesuai ketentuan.
  • Ada asuransi jiwa untuk orangtua. Pihak orangtua sebagai pemegang polis dapat memeroleh manfaat asuransi jiwa dari asuransi pendidikan. Selain itu, ketika pihak pemegang polis meninggal dunia atau mengalami kecacatan sehingga tak bisa mencari nafkah, pembayaran premi bisa dihentikan namun manfaat pertanggungan dana pendidikan tak akan berhenti.

Asuransi pendidikan murni mungkin tidak menawarkan manfaat ektra seperti unit link, yang menawarkan berbagai pilihan investasi. Akan tetapi, kesederhanaan ini memberi keunggulan ekstra pada Anda yang hanya memikirkan soal tanggungan biaya pendidikan anak. Anda tidak perlu membayar premi terlalu banyak, namun tetap mendapat manfaat dasar asuransi.

Anda juga mendapat kontrak pertanggungan yang pasti, sementara asuransi unit link memberi risiko kehilangan dana investasi jika hasilnya minus, sehingga Anda justru harus mengeluarkan uang ekstra untuk menyokong premi agar polis tidak mati. Asuransi pendidikan juga memberi jaminan keamanan yang lebih dibandingkan tabungan pendidikan, karena menghentikan kewajiban membayar saat orangtua si anak meninggal sebelum anak menyelesaikan pendidikan.

Walaupun saat ini ada tabungan pendidikan yang menyediakan jaminan pemutusan pembayaran bagi anak yang orangtuanya meninggal, namun asuransi pendidikan menyediakan layanan yang lebih komprehensif jika hal ini yang Anda pikirkan. Asuransi pendidikan murni mungkin merupakan layanan dasar, namun menawarkan manfaat yang melebihi sifatnya yang nampak sederhana.

Info Asuransi:

asuransi pendidikan murni - asuransi murni pendidikan - asuransi pendidikan unit link vs murni - lebih nyaman memakai asuransi jiwa atau asuransi pendidikan -
Content Protection by DMCA.com