Mengapa Harus Memiliki Asuransi Kesehatan Gigi?

Membeli asuransi kesehatan sudah menjadi kesadaran bagi sebagian masyarakat Indonesia, namun kesadaran itu cenderung masih kurang untuk asuransi kesehatan gigi. Selain itu, tidak seperti asuransi kesehatan, asuransi gigi biasanya bukan produk utama yang ditawarkan perusahaan asuransi, dan kerap dijadikan satu dengan asuransi kesehatan biasa. Walau hal ini tidak masalah, penumpukan ini membuat tanggungan terhadap perawatan gigi menjadi berkurang.

Jika tanggungan terhadap perawatan gigi tidak maksimal, Anda bisa mengalami masalah ketika harus menjalani prosedur perawatan gigi yang lumayan mahal.

Mengenal Jenis Asuransi Kesehatan Gigi

Dalam dunia asuransi di dunia, terutama di negara-negara dimana tanggungan untuk perawatan gigi dipisahkan dari tanggungan kesehatan umum, jenis perlindungan dibedakan lagi berdasarkan prosedur gigi yang dilakukan. Secara umum, jenis asuransi kesehatan untuk gigi ada tiga, yaitu:

  • Asuransi perawatan dasar, yaitu tanggungan yang diberikan untuk perawatan dasar seperti pemeriksaan gigi rutin, perbaikan akar gigi dan prosedur tambal gigi.
  • Asuransi perawatan berat/kompleks, yaitu tanggungan untuk perawatan gigi yang sifanya lebih kompleks, untuk kondisi yang memang sudah cukup parah, misalnya pembedahan atau implantasi gigi.
  • Asuransi pembuatan gigi palsu, khusus untuk kebutuhan membuat gigi palsu dengan kualifikasi dan anjuran dari dokter gigi.
Asuransi Kesehatan Gigi - Fotolia

Asuransi Kesehatan Gigi – Fotolia

Ada juga perusahaan asuransi yang membedakan layanannya menjadi rencana dasar (pemeriksaan gigi tanpa prosedur), rencana kecil (tambal, perawatan akar gigi), dan rencana besar (pembedahan mulut, implantasi). Anda tinggal menyesuaikan antara pilihan rencana perlindungan dan jenis yang kira-kira paling Anda butuhkan.

Di Indonesia, kebanyakan prosedur ini ditanggung bersama dalam paket asuransi kesehatan umum, terutama jika Anda mendapat fasilitas asuransi dari perusahaan. Bahkan, ada juga perusahaan yang jenis asuransinya tidak memberikan penggantian jika prosedur yang dilakukan bersifat dental, termasuk untuk obat-obatan yang terkait dengan perawatan gigi. Di luar itu, jika Anda ingin mendapatkan perlindungan khusus perawatan gigi yang terpisah dari perawatan kesehatan, Anda harus mencari perusahaan asuransi yang menyediakannya serta membayar premi lebih mahal.

Manfaat Asuransi Kesehatan Perawatan Gigi

Apakah mengeluarkan uang ekstra untuk premi paket perlindungan perawatan gigi sebanding dengan fasilitas yang diperoleh? Jawabannya adalah ya. Asuransi kesehatan perawatan gigi mungkin tidak selalu digunakan, namun gigi adalah bagian tubuh yang bisa memengaruhi aspek kesehatan yang lain jika tidak dirawat dengan baik. Dokter gigi merekomendasikan pemeriksaan gigi secara teratur minimal dua kali dalam setahun, dimana dokter bisa mendeteksi masalah gigi sebelum menjadi parah, atau membersihkan gigi secara maksimal jika diperlukan. Hal ini adalah investasi untuk kesehatan gigi atau kemungkinan harus menjalani prosedur yang rumit dan mahal.

Lalu, bagaimana cara memilih asuransi kesehatan gigi yang tepat? Berikut beberapa saran:

  • Jika Anda bekerja, jangan ragu menanyakan jenis perlindungan asuransi yang diberikan. Jika ada perlindungan gigi yang diberikan, walaupun hanya rencana dasar, jangan ragu memilihnya karena akan sangat membantu daripada tak ada sama sekali.
  • Bandingkan jenis rencana yang diberikan masing-masing perusahaan asuransi. Pastikan Anda memilih rencana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika ada kemungkinan Anda harus membuat gigi palsu atau melakukan prosedur karena kondisi gigi tertentu, pilih rencana tersebut dengan menyesuaikan anggarannya.
  • Manfaatkan rencana dasar dalam paket Anda untuk memeriksakan gigi dua kali setahun. Pemeriksaan rutin membantu Anda dalam perawatan gigi dan mengurangi resiko harus mengalami prosedur rumit di masa depan.

Dengan asuransi kesehatan gigi yang tepat, Anda akan mendapat perlindungan untuk merawat anggota tubuh yang kerap kurang diperhatikan tetapi sangat penting.

Info Asuransi:

asuransi gigi - asuransi untuk gigi palsu - kwnapa assurasi gigi diperlukan - apa itu perawatan gigi dasar - prudential khusus gigi - perawatan gigi yang ditanggung asuransi prudential - perawatan gigi kompleks - pengertian asuransi gigi - fasilitas perawatan gigi dari perusahaan - asuransi perawatan gigi - asuransi kesehatan termasuk gigi - asuransi kesehatan gigi - asuransi jiwa yang dapat digunakan untuk gigi - scalong termasuk apa di asurnasi -
Content Protection by DMCA.com