Mengenal Asuransi Anti Bangkrut: Asuransi untuk Perusahaan Mikro

Pemilik bisnis mikro kerap kesulitan dalam mendapatkan asuransi untuk perusahaan, karena jumlah tanggungan yang harus dibayarkan sangat besar, terutama bagi bisnis yang dimulai dari bengkel keluarga atau sedang berkembang. Akibatnya, ketika sesuatu terjadi pada bisnis tersebut, si pelaku bisnis bisa jadi bangkrut karena keuangannya tak mencukupi untuk mengembalikan keadaan perusahaan tersebut. Pengusaha mikro juga cenderung tak bisa memberi asuransi perusahaan untuk karyawan karena keterbatasan biaya untuk mengelola perusahaan.

Kementerian Koperasi dan UKM telah mengeluarkan inisiatif untuk membantu perusahaan mikro menutupi biaya perlindungan usaha, yang disebut Asuransi Anti Bangkrut. Dengan paket asuransi ini, pemilik usaha mikro bisa mendapat jaminan perlindungan dan bahkan mengalokasikan pembiayaan untuk menjamin kesehatan karyawan.

Rincian Asuransi untuk Perusahaan Mikro “Si Abang”

Asuransi Anti Bangkrut (“Si Abang”) adalah inisiatif Kemenkop UKM bersama Asosiasi Asuransi Umum Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan yang dirilis pada awal tahun 2015. Asuransi ini adalah alternatif pembiayaan untuk usaha mikro yang memerlukan jaminan keuangan untuk memastikan usahanya tetap bisa berjalan walaupun diterpa bencana atau kesulitan seperti bencana alam, kebakaran, kerusakan akibat kerusuhan, dan sebagainya. Paket asuransi ini berbeda dengan asuransi kesehatan untuk perusahaan, namun dengan adanya penjaminan pembiayaan dan perlindungan terhadap resiko, perusahaan mikro dapat meningkatkan kesejahteraan karyawannya secara tidak langsung.

Asuransi untuk Perusahaan Mikro - Fotolia

Asuransi untuk Perusahaan Mikro – Fotolia

Asuransi Anti Bangkrut memiliki beberapa keunggulan untuk perusahaan kecil dan bisnis mikro, yaitu:

  • Premi sangat ringan, hanya 40.000 Rupiah per tahun, sehingga bisnis yang baru mulai pun bisa mengambil asuransi ini.
  • Sistem administrasinya dibuat lebih sederhana dibandingkan asuransi perusahaan konvensional, sehingga siapapun bisa mengurusnya dengan lebih mudah.
  • Proses pemasarannya dilakukan secara langsung melalui instansi lokal seperti koperasi, pegadaian, badan kredit tingkat kecamatan, kantor pos, lembaga kredit desa, bank, dan sebagainya, sehingga mudah dijangkau siapa saja.
  • Produk asuransi tidak hanya melindungi toko dan kios, namun juga sarana usaha lain yang dipakai berjualan seperti sepeda motor, rombong, gerobak, dan sebagainya.

Karena merupakan asuransi tingkat mikro, uang jaminan yang diberikan juga tidak terlalu banyak. Saat ini, jumlah jaminan yang diberikan paket Asuransi Anti Bangkrut hanya sekitar 5.000.000 Rupiah. Akan tetapi, uang ini bisa cukup membantu ketika pemilik usaha mikro dan kecil mengalami sesuatu yang dalam keadaan biasa akan membuat usahanya bangkrut.

Peran “Si Abang” dalam Asuransi Kesehatan untuk Perusahaan Kecil

Asuransi Anti Bangkrut saat ini memang hanya diperuntukkan sebagai jaminan keamanan usaha bagi pengusaha kecil. Uang pertanggungan tertinggi yang bisa diperoleh hanya sekitar 5.000.000 Rupiah. Akan tetapi, Kemenkop berharap dapat mengembangkan layanan tersebut sehingga dapat lebih membantu pengusaha mikro dalam menjaga dan mengembangkan bisnisnya. Pengusaha mikro juga dapat memanfaatkan uang pertanggungan tersebut untuk mendapat rasa aman dalam melakukan bisnis, sehingga bisa memberi lebih banyak bagi karyawannya, misalnya mengusahakan asuransi kesehatan untuk perusahaan kecil atau pinjaman kesejahteraan karyawan.

Akan tetapi, Asuransi Anti Bangkrut juga menetapkan persyaratan sebelum pengusaha mikro dapat mengajukan permintaan perlindungan. Misalnya, pengusaha wajib memiliki Surat Ijin Usaha Mikro sebagai identitas usaha atau bisnis yang dijalankan. Selain untuk kelengkapan administrasi, hal ini juga sebagai bagian dari pendorong gerakan sejuta UKM yang baru-baru ini dicanangkan pemerintah. Dengan adanya Asuransi Anti Bangkrut dari Kemenkop UKM, asuransi untuk perusahaan kini juga tersedia untuk pemilik usaha mikro, bukan hanya pengusaha menengah ke atas.

Info Asuransi:

Apa yang terjadi jika Pegadaian itu bangkrut - apakah asuransi membantu pelaku usaha - bagaimana cara asuransi utk mengembalikan usaha yang bangkrut - carA asuransi anti bankrut - jaminan keamanan pengusaha kecil - jumlah tanggungan perusahaan asuransi yang kecil - perusahaan asuransi yang menyediakan perusahaan anti bangkrut -
Content Protection by DMCA.com