Mengenal dan Mempelajari Sistem Asuransi di Indonesia

Pengertian dari sistem asuransi adalah sebuah sistem yang dibentuk untuk meminimalisir sebuah resiko berupa kehilangan atau kerugian yang terjadi pada seseorang kemudian resiko tersebut dipindahkan atau disalurkan ke badan usaha lain untuk menanggungnya. Oleh karena itu, asuransi juga sering disebut atau dikaitkan dengan suatu jalan alternatif untuk memindahkan sebuah resiko pada orang atau pihak lain sehingga mereka akan mendapatkan akibat yang kecil.

Dalam dunia asuransi, ada juga istilah yang bernama sistem informasi asuransi. Sistem itu dibentuk untuk merendahkan atau mengurangi kehilangan finansial dengan menyalurkannya kepada pihak lain. Sistem-sistem dalam sebuah perusahaan asuransi dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti peningkatan kompleksitas dalam sebuah tugas manajemen, peningkatan kemampuan karyawan dalam menggunakan komputer, dan juga perkembangan teknologi untuk menunjang terbentuknya sebuah sistem yang utuh dan solid.

Kategori Sistem Asuransi di Indonesia

Selain faktor-faktor yang berpengaruh terhadap sistem informasi asuransi, sistem asuransi di Indonesia juga terbagi dalam empat kategori umum di antaranya:

  • Kegiatan pemrosesan (core processing) yang meliputi seluruh kegiatan administrasi dalam pembentukan sebuah polis dan juga pemberian pelayanan kepada pemegang polis.
  • Distribusi (distribution) yang meliputi pelayanan dan juga pemberian jasa pada para agen asuransi seperti pembuatan pelatihan yang meliputi jenis produk, pembuatan tarif premi, dan juga pembatasan rating asuransi.
  • Dokumentasi (documentation) yang meliputi dokumentasi kegiatan investasi, surat menyurat, pelaporan, serta pembuatan sertifikat yang dilakukan oleh perusahaan.
  • Infrastruktur (infrastructure) yang meliputi pelayanan organisasi dalam pengambilan keputusan bisnis oleh perusahaan.
Sistem asuransi di Indonesia - Fotolia

Sistem asuransi di Indonesia – Fotolia

Sistem Asuransi Kesehatan

Untuk sistem asuransi kesehatan di Indonesia, bisa dikatakan bahwa negara ini merupakan pengelola jaminan kesehatan terbesar yang ada di dunia karena pemerintah mewajibkan setiap orang untuk memiliki asuransi yang dikelola oleh pemerintah. Sistem pembiayaan asuransi kesehatan juga berbeda dengan jenis produk lain, di mana pihak ketiga merupakan pihak yang memiliki kewajiban untuk membayar dan mengganti biaya pelayanan kesehatan setelah masyarakat selesai berobat.

Terdapat dua sistem pembiayaan dalam asuransi kesehatan yaitu kapitasi dan sistem Diagnose Related Group (DRG system), Sistem kapitasi merupakan pembayaran kepada pihak rumah sakit secara tetap dan sudah ditentukan berdasarkan periode. Sementara DRG adalah pembayaran dilakukan dengan melihat diagnosa penyakit pada nasabah.

Sistem Asuransi Pendidikan

Lain dengan asuransi kesehatan, sistem asuransi pendidikan menerapkan cara khusus dalam menyiapkan biaya pendidikan bagi anak-anak. Orang tua akan menabung sejumlah dana sebagai tabungan pendidikan untuk anak dari SD sampai dengan peruguruan tinggi. Berbeda dengan sistem menabung di bank, menginvestasikan dana pada asuransi pendidikan merupakan sebuah kepastian di mana walaupun pemegang polis yang merupakan orang tua tidak bisa lagi mencari nafkah untuk pendidikan anak, pihak asuransi akan tetap meneruskan biaya pendidikan tersebut sampai anak benar-benar lulus dari universitas tanpa dibebankan biaya lagi. Jadi disini asuransi pendidikan memiliki peran sebagai orang tua pengganti yang membiayai anak.

Sistem Asuransi Jiwa

Sementara dalam sistem asuransi jiwa, polis asuransi merupakan sebuah kontrak dan juga perjanjian yang sah anatra pihak penanggung yaitu perusahaan dan juga pihak tertanggung yaitu nasabah. Disini pihak perusahaan setuju untuk mmebayar uang jaminan berupa santunan kepada ahli waris pihak tertanggung yaitu keluarga berupa dana kematian yang disebabkan oleh kecelakaan atau sakit. Sebagai imbalannya, pihak tertanggung tersebut harus membayar dana yang disebut premi kepada pihak penanggung dengan jangka waktu tertentu ataupun sekali pembayaran.

Semoga informasi mengenai sistem-sistem dalam perusahaan asuransi bisa memberikan Anda gambaran bagaimana cara kerja dari tiap produk tersebut dalam melayani keluarga Anda.

Info Asuransi:

sistem asuransi - sistem asuransi kesehatan - sistem asuransi di indonesia - sistem asuransi kesehatan di indonesia - sistem sistem asuransi - sistem asuransi yang ada di indonesia - fenomena pelayanan pembuatan ktp - pengertian sistem asuransi - apasaja sistem asuransi di indonesia - bagaimana pelayanan asuransi kesehatan di indonesia - sistem pelayanan pada asuransi - sistim asuransi kesehatan - sistem asuransi indemnity indonesia - sistem asuransi indonesia - sistem asu - sistem asuransi kesehatan di indinesa - sistem perusahaan asuransi - sistem asuransi kesehatan itu bagaimana - sistim asuransi - sistem asuransi perusahaan di indonesia - sistem pembayaran asuransi kesehatan di indonesia - sistem dalam asura - sistem dalam perusahaan asuransi - sistim ansuransi - sistem kerja atau pelayanan asuransi - sistem pada asuransi - Sistem pelayanan asuransi kesehatan di indonesia - sistem ebou asuransi - sistem asuransi diindonesia - bagaimana sistem asuransi kesehatan - ansuransi sistem - cara mempelajari asuransi - cara kerja asuransi kesehatan di indonesia - bagaimana sistim sebuah asuransi - bagaimana sistem sebuah asuransi - bagaimana sistem perasuransian di indonesia - bagaimana perasuransian di indonesia - bagaimana asuransi Indonesia - layanan dan sistem yang ada di perusahaan asuransi - memp3lajari tentang asuransi - mempelajari masalah asuransi - sistem as - sistem aruransi - Sistem ansuransi kesehatan - seperti apakah sistem sistem asuransi itu - pgertian sistim asuransi kesehatan - pengertian drg dalam asuransi - pelayanan kesehatan asuransi di indonesia - mengapa asuransi di kategori sistem - Apa pengertian sistim asuransi kesehatan -
Content Protection by DMCA.com