Metode Penghitungan Uang Pertanggungan Asuransi

Pada dasarnya, uang pertanggungan asuransi merupakan sebuah jaminan dalam bentuk santunan yang diberikan pada pihak tertanggung yang asalnya dari dana premi yang disetorkan pada pihak penanggung dan digunakan untuk menutupi serta mengganti kerugian yang dialami oleh pihak tertanggung sebagai pemegang polis resmi. Pada dasarnya setiap perusahaan asuransi memiliki cara menghitung uang pertanggungan asuransi yang berbeda-beda namun harus memenuhi sejumlah kriteria.

Kriteria Uang Pertanggungan Asuransi

Memiliki Nilai Ekonomis

Yang dimaksud dengan nilai ekonomis adalah suatu nilai yang diperoleh dari sebuah penghasilan dalam setahun milik seseorang dan dirata-ratakan untuk setiap bulannya, dengan kata lain untuk seorang karyawan adalah nilai dari gaji bersih yang dibawa pulang ke rumah setelah selesai bekerja. Bagi seseorang yang memiliki pekerjaan profesional seperti dokter, agen, dan juga pengacara, maka nilai ekonomisnya adalah rata-rata yang diambil dari penghasilan setiap bulannya.

Jika Anda seorang pengusaha, maka nilai ekonomis diperoleh dari profit yang didapat setiap bulannya. Uang pertanggungan hanya difokuskan kepada nilai ekonomis atau penghasilan bersih tersebut, bukan dilihat dari segi cukup atau tidaknya penghasilan yang dimiliki seseorang.

Individu Lain Yang Terikat

Uang pertanggungan asuransi harus memiliki kriteria untuk melihat adanya individu lain selain dari pemegang polis asuransi yang juga bergantung pada nilai ekonomis itu. Atau dengan kata lain, sebuah uang pertanggungan tidak hanya diberikan pada pemegang polis yang terikat kontrak, namun juga pada pihak keluarga lain yang juga dicover oleh asuransi seperti istri, anak, kakak, adik bahkan orang tua Anda yang sudah pensiun.

Uang Pertanggungan Asuransi - Fotolia

Uang Pertanggungan Asuransi – Fotolia

Dana Yang Diperoleh Dari Pihak Lain

Kriteria yang berikutnya adalah adanya dana yang berasal dari pihak lain dalam suatu hubungan bisnis sebagai contoh pinjaman pribadi yang berada di luar utang bank atau lembaga keuangan lainnya yang tidak ada kaitannya dengan asuransi jiwa. Jadi bisa dikatakan apabila Anda berencana untuk melakukan pinjaman atau hutang dari lembaga keuangan apapun, maka Anda bisa bertanya pada pihak tersebut apakah sudah disertai dengan asuransi jiwa atau belum.

Cara Menghitung Uang Pertanggungan Asuransi Jiwa

Selain beberapa kriteria di atas, ada beberapa metode yang digunakan sebagai cara menghitung uang pertanggungan asuransi jiwa sebagai berikut:

Metode Human Life Value

Metode ini merupakan cara penghitungan uang pertanggungan yang sifatnya mutlak dan dihitung berdasarkan rata-rata penghasilan yang diperoleh setiap bulannya dan direkap dalam setahun serta dikalikan dengan perkiraan berapa lama dana tersebut mampu menopang hidup para ahli waris yang ditinggalkan sampai mereka mampu untuk memperoleh pendapatannya sendiri. Dalam metode ini tidak diperlukan adanya pertimbangan faktor perkembangan dana apabila uang pertanggungan itu disimpan di dalam lembaga keuangan.

Metode Income Based Value

Menurut metode ini, perhitungan uang pertanggungan dilakukan dengan menghitung rata-rata penghasilan setiap bulan yang diperoleh seseorang dan direkap dalam setahun kemudian dibagi dengan faktor perkembangan dana karena uang pertanggungan tersebut harus disimpan dalam lembaga investasi selain bank.

Metode Financial Needs Based Value

Metode ini dibuat lebih spesifik untuk melindungi kebutuhan dana finansial yang ada di masa depan sebagai contoh dana pendidikan anak-anak. Dalam prakteknya, untuk bisa terhindar premi asuransi jiwa dengan uang pertanggungan terbesar, maka metode ini tidak bisa berdiri sendiri dan harus digabungkan dengan produk investasi yang cocok seperti asuransi unit link dimana nominal pengembaliannya berada di atas deposito. Metode tersebut tidak melindungi penghasilan namun memenuhi kebutuhan keuangan di masa depan.

Dengan mengetahui kriteria dan juga metode dalam menghitung uang pertanggungan asuransi, maka Anda bisa memperkirakan besarnya uang pertanggungan yang bisa Anda peroleh jika Anda merupakan nasabah salah satu produk asuransi.

Info Asuransi:

metode asuransi - uang pertanggungan asuransi adalah - rumus menghitung asuransi individual - apa yang dimaksud dengan uang pertanggungan - metode perhitungan Needs Based Value - metode produk asuransi - metode yang paling sering digunakan dalam asuransi - perbandingan premi dg uang pertanggungan - perhitungan uang hasil asuransi terbesar - pertimbangan uang pertanggungan asuransi jiwa - pinjaman uang di asuransi jiwa seraya - rumus metode human life value - uang pertanggungan - uang pertanggungan asuransi - metode perhitungan asuransi - metode penghitungan uang - apa yg dimaksud metode finansial needs based value - berapa uang yang di peroleh perusahaan jika perusahaan tersebut mengasuransikan - cara menghitung pertanggungan asuransi kesehatan - cara perhitungan asuransi kesehatan untuk individu - cara perhitungan uang pertanggungan asuransi - contoh perhitungan asuransi apapun - contoh perhitungn asurnsi jiwa dan kesehatan yang diperoleh kepada pihak ahli waros - contoh soal perhitungan premi dengan metode income replacement based - kenapa uang pertangguangan asuransi bisa didapat ? - Kontrak uang pertanggungan - metode nasuransi kesehatan - metode penghitungan asuransi - uang pertanggungan asuransi dalam prasuransi -
Content Protection by DMCA.com