Panduan Belanja Asuransi: Perbedaan Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan

Asuransi jiwa dan kesehatan telah menjadi bagian penting dari masyarakat modern, namun banyak orang yang masih bingung soal perbedaan asuransi jiwa dan asuransi kesehatan, dan menganggap keduanya sama saja. Mereka yang hanya bisa membeli satu jenis asuransi juga kerap bimbang soal mana yang sebaiknya dipilih. Akibatnya, ketika membeli asuransi, banyak yang menyadari bahwa perlindungan yang mereka butuhkan ternyata tidak terbeli, sementara perlindungan yang mereka beli ternyata tak begitu berguna. Uang pun melayang sia-sia.

Mengetahui perbedaan asuransi jiwa dan asuransi kesehatan sangat penting untuk mendapat perlindungan sesuai dengan kebutuhan Anda, terutama jika Anda hanya punya anggaran untuk satu jenis asuransi.

Daftar Perbedaan Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan

Secara umum, perbedaan asuransi jiwa dan asuransi kesehatan jelas nampak dari istilahnya. Asuransi jiwa memberi tanggungan untuk penerima santunan ketika si pemegang polis meninggal dunia. Sebaliknya, asuransi kesehatan lebih bersifat perlindungan atau pencegahan, dimana Anda mendapat penggantian uang ketika harus menjalani prosedur pengobatan atau medis, seperti opname di rumah sakit, pembedahan, konsumsi beberapa jenis obat, dan sebagainya. Akan tetapi, perbedaan di antara keduanya bukan hanya rincian dasar tersebut.

Perbedaan asuransi jiwa dan asuransi kesehatan - Fotolia

Perbedaan asuransi jiwa dan asuransi kesehatan – Fotolia

Berikut beberapa perbedaan asuransi jiwa dan asuransi kesehatan selain yang sudah jelas seperti penjelasan di atas:

  • Asuransi jiwa biasanya berjangka lebih panjang daripada asuransi kesehatan, karena asuransi jiwa ditujukan untuk menjamin keuangan si penerima tanggungan di masa depan.
  • Asuransi jiwa biasanya bersifat berjangka, tidak bisa ditarik semudah dana dari asuransi kesehatan yang memang ditujukan untuk pemakaian saat dibutuhkan.
  • Asuransi kesehatan biasanya menawarkan tambahan perlindungan seperti tanggungan cacat total atau perawatan terhadap penyakit berat (biasanya tiap perusahaan asuransi memiliki daftar penyakit berat yang ditanggung), sedangkan asuransi jiwa tambahan perlindungannya kerap berupa kebebasan pembayaran premi, manfaat tunai jika si pemegang polis hidup sampai batas polis, dan sejenisnya.

Jika sudah melihat perbedaannya, Anda bisa menentukan mana yang lebih cocok untuk kebutuhan Anda, terutama jika Anda tidak memerlukan/tidak sanggup membeli dua polis sekaligus.

Memilih Satu di antara Perbedaan Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan

Setelah menilik perbedaan asuransi jiwa dan asuransi kesehatan, termasuk aspek apa yang dilindungi serta perlindungan tambahan yang ditawarkan, Anda bisa menggunakannya untuk memilih jenis perlindungan. Ada orang yang lebih memerlukan asuransi jiwa, dan yang lain memilih asuransi kesehatan sebagai polis utama. Membeli polis yang mencakup kedua layanan tersebut bisa menjadi pilihan, namun jika tidak ada, pastikan Anda mengetahui apa yang akan Anda peroleh.

Jika Anda, misalnya, memiliki tanggungan berupa anak kecil dan ingin menyediakan keamanan finansial ketika Anda meninggal, Anda bisa memilih asuransi jiwa berjangka. Jika tidak ada kematian, Anda bisa menggunakan manfaat tunai setelah jangka waktu asuransi habis untuk membiayai sekolah atau kuliah Anak Anda di masa depan. Sebaliknya, jika Anda merasa kebutuhan akan perawatan ketika terjadi kecelakaan atau penyakit lebih penting daripada investasi jangka panjang yang berujung pada manfaat tunai pada saat kematian, Anda sebaiknya memilih asuransi kesehatan.

Ketika berbelanja asuransi, jangan lupa memeriksa berbagai manfaat yang ditawarkan, baik yang berupa manfaat utama maupun tambahan. Jangan bergantung pada promosi besar-besaran, namun pelajari masing-masing keuntungan dan kerugian polis sebelum Anda memilih. Perbedaan asuransi jiwa dan asuransi kesehatan jelas sangat menyolok, sehingga Anda sebaiknya memahami tiap pilihan sebelum memilih paket polis asuransi.

Info Asuransi:

perbedaan asuransi jiwa dan asuransi kesehatan - perbedaan asuransi jiwa dan kesehatan - apa perbedaan asuransi jasindo sama asuransi jiwa - perbedaan asuransi kesehatan dana asuransi jiwa - perbedaan asuransi kejiwaan dengan asuransi kesehatan - perbedaan asuransi jiwa dan asuransi benda - perbedaan asuransi jiwa asuransi hidup - perbedaan asuransi dan asuransi kesehatan - mana lebih utama asuransi jiwa atau kesehatan? - bedanya asuransi jiwa dan asuransi kesehatan - beda asuransi jiwa dan kesehatan - perbedaan asuransi life dan utama -
Content Protection by DMCA.com