Pengertian Asuransi: Fungsi, Produk, dan Cara Kerjanya

Dalam menjalani kehidupan ini tentu semua orang menginginkan kesempurnaan seperti umur yang panjang, kesehatan yang tetap prima, dan harta benda serta kendaraan yang selalu terjaga. Tetapi sayangnya dalam hidup ini terdapat berbagai resiko tertimpa kemalangan yang dapat mengakibatkan kita kehilangan semua itu. Untuk mengantisipasi hal tersebut asuransi dapat menjadi salah satu solusinya walaupun tentu tak dapat menggantikan 100% kehilangan kita. Lalu apa sesungguhnya pengertian asuransi?

Pengertian asuransi - Fotolia

Pengertian asuransi – Fotolia

Pengertian Asuransi: Fungsi dan Jenisnya

Asuransi sesungguhnya berasal dari kata berbahasa Inggris insurance yang dapat diterjemahkan sebagai pertanggungan. Jadi asuransi sesungguhnya adalah perjanjian antara nasabah atau pihak tertanggung atau nasabah dengan perusahaan asuransi atau penanggung. Pihak perusahaan berkewajiban untuk menanggung kerugian yang berpotensi terjadi di masa depan dengan jumlah tertentu sebagaimana yang telah disepakati setelah nasabah bersedia membayar premi asuransi dengan nilai yang sudah ditentukan.

Asuransi sesungguhnya merupakan risk transfer  mechanism atau pengalihan resiko dari nasabah kepada perusahaan asuransi. Inilah sebenarnya fungsi utama dari asuransi. Hal ini tentu tak mungkin menjadi menghilangkan faktor kemalangan tetapi perusahaan berfungsi di sini sebagai penyedia fasilitas pengamanan keuangan sehingga menimbulkan perasaan tenang bagi nasabah atau tertanggung. Untuk mendapatkan fasilitas ini maka nasabah wajib membayar premi  secara teratur yang dapat disetorkan dalam waktu bulanan, triwulanan, semesteran, atau tahunan.

Cara kerja asuransi - Fotolia

Cara kerja asuransi – Fotolia

Asuransi Syariah

Selain asuransi konvensional, di Indonesia juga sudah banyak perusahaan yang menyediakan fasilitas pengertian asuransi syariah, yang artinya adalah usaha saling tolong-menolong dan melindungi melalui investasi dalam bentuk aset dan atau tabarru’ di antara sejumlah orang. Keuntungan dari kerja sama ini adalah pemberian pola pengembalian untuk menghadapi resiko tertentu sesuai dengan akad yang telah disepakati berdasarkan syariah. Jadi asuransi syariah memang dirancang dengan semangat tolong-menolong dan saling membantu yang sejalan dengan nilai-nilai ajaran Islam yang universal.

Produk Asuransi

Salah satu produk asuransi yang cukup banyak diminati oleh masyarakat adalah asuransi jiwa dan pengertian asuransi jiwa adalah produk asuransi yang berguna untuk menanggung seseorang atas kerugian keuangan yang tidak terduga karena meninggalnya seseorang. Dengan demikian pihak asuransi berkewajiban untuk membayarkan uang dengan nominal tertentu bila terjadi resiko kematian terhadap pemegang polis. Sangat penting bagi orang yang menjadi tulang punggung keluarga untuk mempunyai asuransi jiwa sebagai jaminan bagi keluarga.

Sementara pengertian asuransi kesehatan adalah produk asuransi yang menjamin biaya perawatan kesehatan para pemegang polis jika secara tak terduga mengalami kecelakaan atau terserang suatu penyakit. Untuk mendapatkan layanan asuransi ini cukup mudah, karena produk ini tersedia pada hampir semua perusahaan asuransi seperti asuransi sosial, asuransi umum, serta asuransi jiwa. Selain disediakan oleh perusahaan asuransi, saat ini pemerintah juga menyediakan fasilitas asuransi kesehatan untuk masyarakat yang disebut dengan BPJS.

Asuransi kesehatan - Fotolia

Asuransi kesehatan – Fotolia

Pengertian Premi Asuransi

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya bahwa untuk memperoleh fasilitas penjaminan atas terjadinya resiko, tertanggung atau nasabah harus membayar premi asuransi. Pengertian premi asuransi adalah sejumlah nominal yang berkewajiban dibayarkan setiap bulan oleh nasabah atau tertanggung atas keanggotaannya pada perusahaan asuransi. Besarnya premi ini dapat berbeda-beda tergantung dari besarnya tingkat resiko yang dijaminkan serta administratif. Hal ini telah ditetapkan oleh perusahaan penyedia asuransi dengan memperhatikan kondisi nasabah.

Nah, demikianlah informasi mengenai pengertian asuransi yang penting untuk Anda ketahui. Untuk memperoleh asuransi terbaik bagi Anda dan keluarga sebaiknya pelajari dahulu ketentuan perusahaan sebelum bergabung menjadi nasabah. Semoga bermanfaat!

Info Asuransi:

pengertian fungsi dan produk asuransi - tujuan dan cara kerja asuransi - Pengertian tujuan cara kerja asuransi - pengertian dan cara kerja asu - maksud cara kerja suatu prodyk - bagaimana pola kerja asuransi di indonesia - asuransi pengertian fungsi prinsip produk - asuransi pengertian fungsi peran produk prinsip produk - pengertian fasilitas asuransi - arti kerja di asuransi - pengertian fungsi tujuan produk dan contoh ASURANSI - Pengertian produk asuransi - Pengertian produk dan prosedur kerja - pengertian produk prinsip kerja fungsi dan peran badan asuransi - apakah asuransi itu sesungguhnya - penjelasan asuransi dan cara kerja - penjelasan cara kerja produk - pola kerja asuransi - pola kerja asuransi di indonesia - produk Asuransi beserta fungsinya - asuransi fungsi asuransi produk asuransi - pengertian asuransi dan cara kerjanya - pengertian asuransi - asuransi kesehatan dan pola kerjanya - cara kerja dan pengertian asuransi - contoh asuransi dan pola kerjanya - definisi dan cara kerja asuransi - funfsi prosuk kerja - fungsi dan produk asuransi - fungsi produk - fungsi sosial industri asuransi - fungsi yang dilakukan oleh perusahaan asuransi fungsi produksi - kegunaan produk asuransi - asuransi Jiwa dan pola kerjanya - pengertiaan produk asuransi - apa yang dimaksud fungsi produk -
Content Protection by DMCA.com