Pengertian Quality Assurance: Tugas dan Tanggung Jawabnya

Di dalam sebuah perusahaan atau bisnis, kita sering mendengar istilah quality assurance yang merupakan bagian penting di dalam perusahaan tersebut. Saking pentingnya, bahkan sedikit saja perbuatan yang dlakukan oleh quality assurance dapat memberikan dampak yang masif bagi aktivitas produksi perusahaan. Sedikit saja melakukan kelalaian, perusahaan akan jadi tak stabil. Sebenarnya apakah pengertian quality assurance? Apa saja tugas pokok dan tanggung jawab quality assurance yang mesti kita ketahui? Simak ulasan berikut ini!

Pengertian Quality Assurance Menurut Ahli

Quality assurance seringkali dikaitkan dengan quality control. Memang, keduanya merupakan bagian dari perusahaan yang menempati satu departemen yang sama. Namun sesungguhnya wilayah kerja mereka berbeda. Dengan bahasa yang lebih mudah, quality assurance fokus kepada jaminan kualitas, sedangkan quality control berorientasi pada pengendalian kualitas. Sebelum berbicara terlalu jauh, sebenarnya apa pengertian quality assurance menurut para ahli?

Para ahli telah sepakat bahwa quality assurance secara garis besar adalah profesi atau bagian dari sebuah perusahaan yang menjalankan fungsi monitoring, uji tes, dan memeriksa semua proses yang terlibat dalam produksi suatu produk. Dengan kata lain, quality assurance adalah orang-orang kepercayaan perusahaan yang bertugas untuk memastikan standar kualitas suatu produk yang diproduksi oleh perusahaan tersebut.

Pengertian quality assurance - Fotolia

Pengertian quality assurance – Fotolia

Aspek dan Pengertian Quality Assurance

Quality assurance nantinya akan terbagi-bagi lagi ke dalam beberapa cabang sesuai dengan bidangnya masing-masing, semisal hospitality quality assurance, software quality assurance, total quality assurance, dan lain sebagainya.

Hospitality Quality Assurance

Pengertian hospitality quality assurance yaitu jaminan atau penjamin mutu untuk sebuah produk yang ditawarkan oleh industri hospitality semacam hotel atau hal-hal yang berkaitan dengan pariwisata. Ini artinya dalam menjual produk-produknya, industri hospitality harus merujuk pada hospitality quality assurance yang mengemban tugas untuk memastikan kualitas produk perusahaannya memuaskan pelanggan.

Software Quality Assurance

Selain itu, kita juga mengenal software quality assurance. Pengertian software quality assurance adalah jaminan atau penjamin mutu untuk sebuah produk yang dihasilkan oleh perusahaan teknologi yang berbasis perangkat lunak yang memastikan bahwa produk perangkat lunak yang perusahaan tawarkan adalah produk yang layak digunakan dan memuaskan pelanggan. Serta tak lupa pula memastikan bahwa produk perangkat lunaknya dapat selalu diinovasikan.

Total Quality Assurance

Dan yang tak kalah penting lagi adalah total quality assurance. Pengertian total quality assurance ialah jaminan atau penjamin mutu atau kualitas perusahaan secaar lebih menyeluruh atau total. Penjaminan total terhadap kualitas suatu perusahaan beserta produk-produk yang diproduksi di dalamnya memang sangatlah sentral karena berkaitan dengan target jangka pendek maupun jangka panjang yang telah dipatok oleh perusahaan. Semakin perusahaan dapat menjamin kualitasnya, maka tentu saja pencapaian target dapat terlaksana.

Tugas dan Tanggung Jawab Quality Assurance

Setelah mengetahui pengertian dari quality assurance, pasti akan timbul pertanyaan sebenarnya apa saja tugas dan tanggung jawabnya? Sebagai quality assurance tentu saja seseorang harus merancang, mengevaluasi, meninjau, menguji, mendokumentasikan, mengumpulkan data, menganalisis data, mengembangkan, merekomendasikan, mengelola, mengidentifikasi, dan memastikan segala hal yang terkait dengan penjaminan mutu atau kualitas suatu produk yang diproduksi oleh sebuah perusahaan.

Itulah pengertian quality assurance beserta tugas pokok dan tanggung jawabnya. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang baik untuk Anda yang sedang mencari tahu tentang quality assurance dan segala hal yang berkaitan dengannya. Ketahuilah bahwasanya tanpa andil dari quality assurance, perusahaan besar tak akan bisa maju seperti sekarang. Apakah Anda ingin menjadi quality assurance juga?

Info Asuransi:

pengertian quality assurance - quality assurance adalah - tugas quality assurance - pengertian quality assurance menurut para ahli - definisi quality assurance - pengertian QA - apa itu quality assurance - pengertian quality - tugas QA - tugas quality assurance adalah - fungsi quality assurance - artikel pengertian quality assurance - arti quality assurance - pengertian quality assurance departement - pengertian quality assurance adalah - tugas dan tanggung jawab quality assurance - tentang quality assurance - profesi quality assurance - materi tentang quality assurance - materi quality assurance - pengertian quality asurance - pengertian kualitas asuransi - pengertian assurance - definisi dari jaminan kualitas / Quality Assurance - artikel pengertian quality control - arti QA - software quality assurance adalah - Makalah Quality assurance - pekerjaan qa - pengertian asurance - maksud quality assurance - kualitas asuransi - pekerjaan seorang qa - tugas dan tanggung jawab qa - tugas seorang quality assurance - pengertian SQA - tanggung jawab quality Assurance - definisi QA - yang dimaksud dengan quality assurance - tujuan quality assurance - tugas qa dan qc - quality assurance arti - maksud dari quality assurance - apa maksud dari quality assurance - materi quality assurance constantin - target kerja qa - qa adalah - pengertian quality assurance menurut expert user dan developer - pengertian dari quality assurance - tugas penjamin asuransi -
Content Protection by DMCA.com