Perbandingan Asuransi Jiwa dan Aktifitas Keuangan Lain di Indonesia

Saat ini, berbagai penawaran finansial menghampiri kita dari segala penjuru, dan perbandingan asuransi jiwa dengan penawaran tersebut kadang cukup tipis. Jika Anda tidak terlalu paham perbedaan berbagai aktifitas atau paket keuangan, Anda bisa keliru memilih dan akhirnya tidak mendapat manfaat dari uang yang sudah dikeluarkan. Misalnya, perbedaan asuransi jiwa dan kesehatan atau asuransi jiwa dan umum relatif kecil, namun manfaat yang diberikan berbeda sehingga Anda harus tahu cara membedakan serta memilihnya.

Selain itu, Anda juga sebaiknya paham perbedaan antara asuransi jiwa dan penawaran finansial lain, seperti tabungan, spekulasi, bahkan perjudian.

Perbandingan Asuransi Jiwa, Umum dan Kesehatan

Mari kita bahas dulu sesuatu yang relatif sering dikelirukan: asuransi umum, jiwa dan kesehatan. Ketiganya merupakan layanan perlindungan terhadap hal-hal tak terduga yang mengakibatkan dampak finansial terhadap orang yang menerima santunan/tertanggung. Akan tetapi, masih banyak orang yang tak bisa membandingkan mereka, sehingga sering keliru menerima penawaran. Berikut beberapa perbedaan asuransi jiwa di Indonesia dengan asuransi umum dan asuransi kesehatan:

  • Asuransi jiwa memberi pertanggungan kepada penerima santunan ketika yang tertanggung meninggal. Bisa memiliki manfaat investasi (jika tersedia), dan ketika kematian terjadi, proses klaim lumayan cepat serta gratis.
  • Asuransi kesehatan memberi bantuan pembiayaan ketika pemegang polis harus menjalani prosedur seperti rawat inap, pembedahan, atau rawat jalan. Biasanya tidak memiliki pilihan investasi, dan mungkin memiliki prosedur yang memudahkan jika pemegang polis harus masuk rumah sakit tanpa ada yang mendampingi, misalnya transaksi cashless atau ijin penebusan belakangan (reimbursement).
  • Asuransi umum biasanya ditujukan untuk mengasuransikan benda mati seperti rumah, kendaraan atau properti. Proses klaim mungkin memakan waktu agak lama karena harus ada proses penyesuaian klaim untuk menentukan kerugian.
Perbandingan Asuransi Jiwa - Fotolia

Perbandingan Asuransi Jiwa – Fotolia

Perbandingan premi asuransi jiwa dengan asuransi kesehatan juga tidak begitu besar, setidaknya dari segi perlindungan dasar. Akan tetapi, Anda harus membayar jumlah tertentu jika menginginkan perlindungan yang lebih banyak atau spesifik.

Perbandingan Asuransi Jiwa, Tabungan, dan Aktifitas Lain

Bagaimana dengan aktifitas keuangan lainnya? Mengetahui perbandingan asuransi jiwa dan tabungan serta aktifitas lain bisa membantu Anda memilah-milah pilihan atau tawaran yang datang. Berikut beberapa contoh perbandingan untuk memilih:

  • Asuransi jiwa VS tabungan: asuransi memiliki jumlah tanggungan sesuai kesepakatan, menuntut setor premi secara teratur, dan ada proteksi resiko. Tabungan bisa ditambah/diambil tergantung kemauan Anda, namun tak ada proteksi resiko.
  • Asuransi jiwa VS spekulasi: asuransi merupakan bentuk kontrak tanggungan finansial, sementara spekulasi berupa kontrak jual-beli. Resiko dalam asuransi berupa kematian, kecelakaan dan sebagainya, sedangkan dalam spekulasi resikonya berupa perubahan harga.
  • Asuransi jiwa VS bonding: asuransi adalah transaksi antar dua pihak, sedangkan bonding antar tiga pihak. Fungsi asuransi adalah mengurangi resiko dengan menyebar kerugian yang dialami si tertanggung, sedangkan bonding adalah peminjaman demi mendapat bunga. Ikatan dalam bonding juga biasanya bersifat pribadi dan lebih erat (pihak-pihaknya saling mengenal), sedangkan dalam asuransi tidak perlu ada relasi dekat.
  • Asuransi jiwa VS judi: resiko asuransi jelas dan bisa diperkirakan, sedangkan perjudian resikonya tidak jelas. Asuransi juga bersifat sosial (membantu menanggung resiko finansial saat pemegang polis meninggal), sedangkan judi bersifat kesenangan pribadi dan memiliki resiko kehancuran finansial, sehingga tanggungjawab ada di pihak Anda sendiri.

Dengan melihat perbandingan asuransi jiwa, asuransi jenis lain dan berbagai aktifitas finansial, Anda akan bisa membedakan serta memilih mana layanan keuangan yang tepat untuk kondisi Anda.

Info Asuransi:

asuransi jiwa dengan spekulasi - asuransi dan spekulasi - asuransi tabungan spekulasi adalah - asuransijiwa - jumlah tanggungan asuransi kematian premi 700rb - perbedaan asuransi dan keuangan lain - perbedaan asuransi jiwa dan bonding - perbedaan asuransi jiwa dan tabungan - perbedaan perjuadian dengan spekulasi -
Content Protection by DMCA.com