Perbandingan Asuransi Kesehatan dan Jiwa menurut Teori Asuransi

Tingkat pemahaman akan teori asuransi dapat membantu Anda mengetahui perbedaan asuransi kesehatan dan jiwa. Pada tahun 2010, Bidang Penelitian dan Pengembangan Asosiasi Ahli Manajemen Asuransi Indonesia menerbitkan versi terbaru buku Dasar-dasar Asuransi Jiwa dan Kesehatan, yang memberi penjelasan rinci serta terbaru tentang apa yang sesungguhnya membedakan asuransi jiwa dan kesehatan, serta bagaimana peran mereka seandainya terjadi overlap.

Teori dasar-dasar asuransi jiwa, kesehatan dan anuitas dalam buku ini memberi penjelasan rinci tentang deskripsi dan makna perlindungan asuransi di Indonesia, serta layanan apa yang diberikan, baik yang spesifik menurut jenis asuransinya maupun yang saling mengisi.

Perbedaan Teoritis Asuransi Kesehatan dan Jiwa

Dalam buku Dasar-dasar Asuransi Jiwa dan Kesehatan, kedua asuransi tersebut tidak hanya dibedakan dari jenis layanannya, namun juga segmentasi pasarnya. Dari segi jenis pelayanan, asuransi jiwa memberi tanggungan tunai pada penerima santunan ketika si pemegang polis meninggal dunia, sedangkan asuransi kesehatan lebih bersifat pencegahan yaitu membiayai perawatan atau prosedur saat si pemegang polis terserang penyakit. Akan tetapi, perbedaan asuransi jiwa dan asuransi kesehatan kemudian dikelompokkan lagi berdasarkan segmentasi pasar.

Asuransi Kesehatan dan Jiwa - Fotolia

Asuransi Kesehatan dan Jiwa – Fotolia

Menurut sasaran pemasarannya, asuransi jiwa dan kesehatan sama-sama dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu:

  • Asuransi perorangan biasa (ordinary individual insurance). Produk ini ditawarkan kepada perorangan, sehingga melalui proses penyeleksian yang cukup ketat. Ini menyebabkan asuransi individual cenderung lebih mahal dari asuransi kelompok, karena ada biaya untuk membayar proses seleksi tersebut.
  • Asuransi industri biasa (industrial insurance). Dalam buku ini, asuransi industri dideskripsikan sebagai jenis asuransi murah yang ditujukan untuk karyawan atau pekerja dengan kondisi finansial rendah yang hanya cukup untuk pemenuhan kebutuhan dasar keluarga. Jenis asuransi ini biasanya dikumpulkan mingguan atau ditagih langsung ke rumah. Bentuk asuransi semacam ini mungkin sudah nyaris tak bisa ditemukan di negara maju.
  • Asuransi kumpulan (group insurance). Asuransi ini ditawarkan kepada kelompok, sehingga penghitungan preminya pun melihat demografi kelompok tersebut, bukan individu. Pengaturan asuransi ini tergantung kebijakan perusahaan serta metode penghitungan premi yang ditetapkan; beberapa perusahaan ada yang menerapkan subsidi silang untuk meringankan beban para karyawan.

Ketiga kategori ini berlaku untuk asuransi jiwa dan kesehatan di Indonesia, namun pentingnya asuransi jiwa dan kesehatan ada di kontrak anuitas. Dalam bahasa asuransi, itu berarti kontrak yang menyatakan bahwa perusahaan asuransi bersedia memberi jumlah uang tertentu tiap bulan sebagai santunan ketika diperlukan, yang dianggap sebagai imbalan pemasukan berupa premi.

Penerapan Teori dalam Asuransi Jiwa dan Kesehatan Terbaik di Indonesia

Dalam operasinya, perusahaan asuransi jiwa dan kesehatan terbaik di Indonesia akan menerapkan semua teori dasar tersebut, namun dengan sedikit variasi yang membedakan antara perusahaan satu dengan lainnya. Misalnya, satu perusahaan asuransi mungkin menawarkan layanan investasi untuk asuransi jiwanya, sedangkan yang lainnya menawarkan perlindungan tambahan (rider) yang lebih bervariasi. Satu perusahaan mungkin memberi paket perlindungan khusus ibu hamil dan janin, sedangkan perusahaan yang lain menawarkan prosedur penebusan dan pertanggungan lebih mudah saat harus rawat inap.

Rata-rata perusahaan asuransi menawarkan nilai tunai untuk beberapa paket asuransi jiwa, sehingga jika pemegang polis tetap hidup sampai masa akhir penanggungan, dia dapat memeroleh manfaat tunai dari asuransi sehingga uangnya tidak hangus. Manfaat tunai jarang ditemui pada asuransi kesehatan, karena asuransi ini punya kemungkinan lebih besar untuk digunakan selama masa pertanggungan. Perbedaan teoretis asuransi kesehatan dan jiwa dalam buku panduan teori asuransi ini akan membantu Anda memahami jenis perlindungan yang Anda perlukan saat hendak berbelanja polis.

Info Asuransi:

dasar-dasar asuransi jiwa kesehatan dan anuitas - buku asuransi murah 2016 - buku buku asuransi jiwa - Definisi teori pentingya beransurasi jiwa menurut para ahli - kontrak anuitas asuransi - memgapa indonesia tidak bisa menerapkan teori asuransi - perbandingan asuransi jiwa 500 000 an - teori asuransi kesehatan -
Content Protection by DMCA.com