Perbandingan Keuntungan Asuransi Kesehatan dan Kerugiannya

Asuransi kesehatan kini bukan lagi pengeluaran yang aneh bagi masyarakat Indonesia, dan keuntungan asuransi kesehatan sudah terbukti, namun serba-serbi pembelian serta penggunaan jasa asuransi masih menjadi dilema keuangan bagi banyak orang. Membayar premi asuransi adalah pengeluaran yang cukup signifikan bagi sebagian orang, sehingga banyak yang masih memikirkan untung-ruginya membeli asuransi.

Karena asuransi adalah produk layanan keuangan, ada aspek keuntungan dan kerugian yang harus dipikirkan, terutama jika Anda harus benar-benar mengatur anggaran secara ketat. Keuntungan dan kerugian asuransi kesehatan harus menjadi bagian dari perencanaan keuangan rutin, terutama karena manfaatnya harus disesuaikan dengan harga dan jenis perlindungannya.

Kerugian dan Keuntungan Asuransi Kesehatan

Cara terbaik memutuskan apakah sebaiknya Anda membeli asuransi kesehatan atau tidak adalah dengan melihat untung ruginya. Berikut beberapa keuntungan membeli asuransi kesehatan (terpisah dari asuransi jiwa):

  • Asuransi kesehatan memiliki pilihan perlindungan lebih spesifik dari asuransi jiwa dengan perlindungan tambahan, namun dengan harga lebih murah.
  • Asuransi kesehatan memiliki pilihan tanggungan rawat inap, rawat jalan, perawatan penyakit kritis, bahkan perawatan gigi dan berbagai jenis terapi spesifik. Anda tak perlu khawatir kekurangan uang ketika sakit dan harus menerima prosedur yang mahal.
  • Asuransi kesehatan bisa dijadikan sarana investasi (jika perusahaan menyediakan pilihan asuransi dengan investasi), sehingga jika tidak digunakan, Anda bisa mengambil manfaat tunainya.
Keuntungan asuransi kesehatan - Fotolia

Keuntungan asuransi kesehatan – Fotolia

Asuransi kesehatan merupakan jaring pengaman yang memberi rasa aman, karena Anda tahu akan ada bantuan saat Anda sakit dan harus menjalani prosedur atau dirawat di rumah sakit. Akan tetapi, walaupun keuntungan asuransi kesehatan sudah jelas, ada beberapa kerugian dari membeli layanan asuransi kesehatan, yaitu:

  • Biaya preminya bisa cukup besar, terutama jika Anda menanggung orang lain dalam polis (misalnya istri dan anak). Anda jelas tidak bisa hanya membayar premi dasar jika menginginkan perlindungan yang lebih lengkap.
  • Tidak semua perusahaan asuransi menyediakan pilihan asuransi kesehatan plus investasi. Pilihan ini biasanya diberikan pada asuransi jiwa, sehingga jika Anda tidak menggunakan asuransi kesehatan dalam jangka waktu lama, Anda tak mendapat manfaat tunai.
  • Beberapa prosedur mungkin tidak ditanggung oleh perusahaan asuransi, padahal bisa saja prosedur itu Anda butuhkan, sehingga asuransi Anda sia-sia.

Dengan melihat semua pertimbangan tersebut, Anda bisa mengetahui apakah keputusan membeli asuransi kesehatan adalah pilihan terbaik atau tidak.

Keuntungan Asuransi Kesehatan bagi Perusahaan

Bila Anda pemilik perusahaan, menyediakan asuransi kesehatan bagi karyawan bukan lagi pilihan. Selain memenuhi peraturan pemerintah tentang jaminan kesehatan bagi karyawan, keuntungan asuransi kesehatan bagi perusahaan adalah adanya bantuan finansial saat perusahaan harus menjamin karyawan yang mengalami kecelakaan di tempat kerja, terutama jika jenis pekerjaan karyawan tersebut berisiko besar.

Selain itu, kualitas asuransi kesehatan yang diberikan perusahaan kini menjadi salah satu pertimbangan calon karyawan dalam mencari pekerjaan. Anda akan memenangkan loyalitas karyawan jika memiliki asuransi kesehatan bagi karyawan. Jika Anda adalah karyawan, mengambil layanan asuransi kesehatan yang diberikan perusahaan adalah keuntungan tersendiri. Perusahaan membayar sebagian besar premi untuk berbagai jaminan prosedur kesehatan dan perawatan, sehingga Anda jauh lebih diringankan dalam hal perlindungan dan tanggungan kesehatan.

Anda juga bisa memilih jenis rumah sakit yang disukai, selama rumah sakit tersebut terdaftar. Keuntungan asuransi kesehatan bisa jauh melebihi kerugian dan pengeluaran yang harus Anda tanggung, asal Anda memilih jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga.

Info Asuransi:

keuntungan asuransi kesehatan - kelebihan dan kekurangan asuransi kesehatan - keuntungan dan kerugian asuransi kesehatan - kelemahan asuransi kesehatan - perbandingan yang memakai asuransi dan tidak - kekurangan asuransi kesehatan - apa semua perusahaan mempunyai program kesehatan dan apa untung ruginya - kelemahan perusahaan asuransi kesehatan - kerugian asuransi kesehatan - kekurangan dari asuransi kesehatan - kekurangan dan kelebihan asuransi kesehatan - keuntungan premi bagi karyawan - keuntungan dan kerugian menggunakan asuransi kesehatan - kelebihan dan kelemahan di perusahaan asuransi kesehatan - jelaskan keuntungan asuransikesehatan - keuntungan dan kerugian membuka asuransi kesehatan - keuntungan dan kerugian asuransi kesehatan bagi masyarakat - asuransi kesehatan keuntungan dan kelemahan - keuntungan dan kerugian asuransi karyawan bagi perusahaan - perusahaan membayar asuransi untuk karyawan - keuntungan dan kerugian asuransi cashless - keuntungan dan kerugian asuransi - keuntungan dan kerugian ansuransi kesehatan - keuntungan dan kekurangan asuransi lesehatan - Keuntungan dan kekurangan asuransi kesehatan - asuransi kesehatan di jadikan uang - keuntungan kerugian asuransi kesehatan - keuntungan memakai asuransi kesehatan - apakah pemerintah mengatur asuransi kesehatan perusahaan - manfaat menggunakan asuransi kesehatan - manfaat kelebihan dan kekurangan asuransi kesehatan di indonesia - manfaat dan kekurangan asuransi kesehatan - macam macam kelebihan dan kekurangan asuransi - macam macam asuransi kesehatan dengan keuntungan dan kekurangannya - keuntungan program asuranasi untuk pegawai - kerugian menggunakan asuransi kesehatan - keuntungan pakai asuransi kesehatan - keuntungan menggunakan asuransi kesehatan - keuntungan asuransi kesehatan bagi perusahaan - jasa asuransi yg sudah terbukti - keuntungan asuransi dan apa kerugian jika tidak punya - kelemahan asuransi karyawan - kelebihan pakai asuransi kesehatan - kelebihan jasa kesehatan - kelebihan dari investasi kesehatan - kelebihan dan kelemahan pengguna asuransi kesehatan - kelebihan dan kelemahan jenis asuransi kesehatan - kelebihan dan kekurangan asuransi pemerinta - kelebihan dan kelemahan asuransi kese - Kelebihan dan kekurangan setiap jenis asuransi -
Content Protection by DMCA.com