Pertanyaan Penting dalam Memilih Asuransi Jiwa di Usia 50

Ketika Anda sudah berusia 50 tahunan atau lebih dan hendak memilih asuransi jiwa, pertimbangannya akan lebih rumit ketimbang saat Anda lebih muda. Biasanya, ketika Anda mencari asuransi saat sudah berusia 50-an, tujuan Anda adalah menanggung kondisi finansial orang lain yang akan memerlukan uangnya saat Anda sudah tiada. Plus, ketika Anda sudah menginjak usia paruh baya, memilih asuransi jiwa yang tepat membutuhkan usaha ekstra dibandingkan ketika Anda masih lebih muda, karena berbagai pertimbangan seperti kondisi kesehatan dan faktor pemasukan.

Lalu, bagaimana memilih asuransi agar pilihan Anda tepat? Bagaimana memastikan agar Anda dan si penerima santunan mendapat hasil maksimal dari paket pilihan Anda?

Pertanyaan sebelum Memilih Asuransi Jiwa

Ketika Anda sudah berusia 50-an, wajar jika Anda banyak berpikir sebelum memilih asuransi jiwa terbaik. Berikut beberapa pertanyaan yang harus Anda ajukan pada diri sendiri, sebagai dasar pemilihan asuransi jiwa:

Siapa yang tergantung secara finansial pada Anda? Berapa usia mereka?

Jika Anda membeli asuransi jiwa untuk memberi keamanan finansial pada pihak penerima santunan, perhitungkan berbagai aspek seperti usia dan rencana hidup pihak tersebut. Ada harus memperhitungkan berapa lama kira-kira sampai mereka menerima uang santunan, apakah mereka masih kecil atau sudah menjelang dewasa, apakah mereka masih bersekolah, apa yang akan mereka lakukan ketika Anda sudah tiada, dan sebagainya.

Memilih asuransi jiwa - Fotolia

Memilih asuransi jiwa – Fotolia

Berapa banyak asuransi yang harus Anda beli?

Jika Anda sudah berusia 50-an, Anda mungkin mempertimbangkan membeli beberapa asuransi sekaligus. Akan tetapi, ada juga orang yang kondisinya memungkinkan untuk hanya membeli satu macam asuransi jiwa. Pastikan Anda memerhitungkan kebutuhan akan asuransi sebelum membeli.

Bagaimana kondisi kesehatan Anda?

Kondisi kesehatan dan usia merupakan bagian dari penilaian faktor resiko oleh perusahaan asuransi jiwa. Orang yang sudah berusia 50 tahun ke atas kerap harus membayar ekstra untuk asuransi jiwa karena resiko kesehatan yang lebih tinggi, kecuali jika perusahaan asuransi tersebut menyediakan paket asuransi jiwa khusus untuk senior citizen.

Tipe asuransi macam apa yang harus dipilih?

Secara umum, Anda punya pilihan antara term insurance dan whole life insurance untuk asuransi jiwa; yang pertama memiliki batas waktu perlindungan, sedangkan yang kedua memberi manfaat tunai pada saat kematian. Cara memilih asuransi jiwa adalah dengan memerhitungkan kebutuhan si penerima santunan; term insurance biasanya cenderung lebih cocok untuk kebutuhan jangka pendek, seperti biaya kuliah.

Semua pertanyaan penting ini akan memberi Anda petunjuk untuk memilih asuransi paling tepat, terutama jika Anda baru akan membelinya saat sudah berusia 50 tahun ke atas.

Tips Memilih Asuransi Jiwa Sesuai Kebutuhan

Ketika memilih asuransi jiwa, Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan si penerima santunan. Tips memilih asuransi jiwa sesuai kebutuhan adalah memperhitungkan aspek seperti kondisi kesehatan Anda sendiri, usia si penerima santunan, serta kebutuhan yang harus dipenuhi oleh si penerima santunan ketika Anda sudah tiada. Anda juga harus memerhitungkan soal pewaris polis, dimana Anda bisa memilih beberapa orang sekaligus, bukannya membeli lebih dari satu polis yang akan membuat Anda membayar lebih banyak.

Anda harus melakukan riset teliti soal berbagai layanan yang ditawarkan perusahaan asuransi; tiap perusahaan mungkin menawarkan keuntungan di satu aspek, namun tidak di aspek lainnya. Ada baiknya Anda berkonsultasi dengan konsultan keuangan atau agen asuransi bersertifkat saat memilih asuransi jiwa, sebelum akhirnya memilih satu yang paling tepat.

Info Asuransi:

asuransi jiwa 50tahunan - apa perlu asuransi jiwa untuk umur 50 tahun tanya jawab - pertanyaan untuk riset ansuransi jiwa - pertanyaan tentang asuransi prudential untuk riset - pertanyaan saat memilih asuransi - pertanyaan kuliah umum asuransi - pertanyaan ansuransi jiwa paling rumit - asuransi syariah untuk usia 50 tahun - asuransi kesehatan pertanyaan secara umum - asuransi jiwa untuk usia 50 - produk asuransi kesehatan usia 50 tahun -
Content Protection by DMCA.com