Premi Asuransi Mobil All Risk dan TLO: Pilih Mana?

Melindungi mobil dari berbagai risiko adalah kebutuhan utama pemilik kendaraan yang berpikir panjang, namun premi asuransi mobil yang beragam bisa membuat Anda bingung memilih perlindungan terbaik. Misalnya, Anda mungkin bingung antara memilih Total Loss Only (TLO) atau perlindungan komprehensif menyeluruh (all risk), karena kebutuhan perlindungan masing-masing orang bisa berlainan. Memilih jenis perlindungan yang salah akan membuat Anda memboroskan uang untuk perlindungan yang mungkin tidak dibutuhkan.

Mana premi asuransi mobil termurah yang bisa Anda peroleh untuk perlindungan maksimal? Pastikan memahami perbedaan antara premi TLO dan all risk sebelum memilih perlindungan.

Perbedaan Premi Asuransi Mobil TLO dan All Risk

Pertama, pahami dulu definisi umum kedua asuransi mobil ini. Berikut perbedaan definisi asuransi all risk dan TLO:

Total Loss Only

Sesuai namanya, ini adalah jenis asuransi yang diperuntukkan untuk kendaraan dengan tingkat kerusakan di atas 70%, sehingga kerusakan di bawah ketentuan tingkat kerusakan tersebut tidak akan dijamin. Selain itu, asuransi ini juga menjamin mobil yang hilang dicuri atau terseret banjir.

All Risk.

Asuransi komprehensif menyeluruh alias all risk menawarkan perlindungan penuh untuk mobil. Premi asuransi mobil all risk menyediakan perlindungan terhadap kerusakan seperti baret, rusak akibat vandalisme, kerusuhan, bencana seperti banjir, tergelincir, tabrakan, dan sebagainya. Asuransi ini juga menyediakan layanan seperti mobil derek, valet otomatis, dan garansi perbaikan serta penggantian suku cadang.

Selain kedua perlindungan ini, ada juga asuransi kombinasi, walau ini lebih menjurus ke pemilik kendaraan yang membeli dua asuransi ini dalam periode tertentu secara bergantian. Misalnya, pemilik mobil mungkin membeli asuransi all risk di awal-awal setelah membeli kendaraan. Akan tetapi, setelah kendaraan tersebut mulai menjadi tua, TLO mungkin menjadi pilihan yang lebih masuk akal.

Premi Asuransi Mobil (Fotolia)

Premi Asuransi Mobil (Fotolia)

Membandingkan Premi Asuransi Mobil sebelum Membeli

Dilihat dari jenis perlindungannya, TLO bisa dibilang lebih murah daripada all risk. Hal ini karena all risk memberi perlindungan lebih menyeluruh, ditambah dengan premi untuk perlindungan ekstra yang mungkin ditawarkan oleh perusahaan asuransi dan Anda beli. Sementara itu, walau TLO lebih murah, tetapi tidak begitu bermanfaat jika mobil Anda terhitung masih baru, karena Anda tidak akan mendapat penggantian ketika mobil mengalami kerusakan jika kerusakannya belum 70%.

Sebaliknya, tergantung perusahaan asuransi yang menawarkan, all risk biasanya tidak ditawarkan untuk semua jenis mobil. All risk biasanya ditawarkan untuk mobil dengan kisaran harga di atas jumlah tertentu, serta mobil dengan tahun pembuatan dan jenis tertentu. Hal ini bisa bervariasi antar perusahaan asuransi, tetapi mobil dengan harga di bawah 100 juta Rupiah biasanya tidak berkesempatan mendapat asuransi all risk.

Lalu bagaimana menentukan nilai asuransi terbaik untuk Anda? Ada beberapa cara:

  • Kumpulkan dokumen yang merekam hal-hal seperti usia, kondisi kesehatan, identitas mobil seperti tahun pembuatan dan fitur keamanan yang dimiliki (rem, alarm, dsb), serta laporan kartu kredit. Semua dokumen ini bisa dibawa ke kantor asuransi atau didiskusikan dengan agen untuk membantu Anda mendapat perhitungan jumlah premi yang pas.
  • Menggunakan situs penghitung premi asuransi. Berbagai situs konsultasi asuransi menyediakan cara menghitung premi asuransi mobil secara langsung. Anda tinggal memasukkan data-data seperti tahun produksi mobil, usia Anda, fitur keamanan yang dimiliki, dan sebagainya. Angka yang muncul adalah rata-rata premi asuransi untuk mobil Anda.

Dengan memahami jenis premi asuransi mobil, Anda bisa menentukan jenis perlindungan yang tepat serta berapa kira-kira yang harus dikeluarkan.

Info Asuransi:

lecet bemper klaim asuransi -
Content Protection by DMCA.com