Prinsip Asuransi Syariah dari Manulife Indonesia

Manulife dikenal sebagai salah satu asuransi internasional dengan jangkauan layanan global, namun untuk cabang di negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam, prinsip asuransi syariah menjadi konsep dasar dari salah satu layanannya, yaitu Manulife Syariah. Walaupun Manulife telah memiliki reputasi cukup baik, apakah Anda sudah mengenal produk syariah yang ditawarkan?

Berikut adalah berbagai rincian tentang produk asuransi syariah dari Manulife untuk dipelajari sebelum membeli, terutama untuk Anda yang berminat dengan layanan asuransi dari perusahaan ini.

Prinsip Asuransi Syariah dan Rekomendasi untuk Manulife

Manulife telah diakui sebagai salah satu penyedia paket asuransi, termasuk asuransi syariah. Asuransi syariah Manulife, yang diberi nama Unit Syariah pertama kali diluncurkan pada tanggal 13 Mei 2009, dan disahkan oleh SK Menteri Keuangan, tepatnya KEP-107/KM.10/2009. Manulife berkomitmen menerapkan prinsip-prinsip asuransi syariah sepenuhnya dalam paket Unit Syariah, sehingga membuatnya mendapat rekomendasi dari Dewan Syariah Nasional MUI di tahun yang sama. Hingga kini, pelaksanaan program Unit Syariah Manulife tetap berada di bawah pengawasan oleh dewan tersebut, serta peraturan pemerintah dan keputusan menteri yang berlaku.

Manulife secara konsisten menerapkan berbagai prinsip dasar asuransi syariah dalam berbagai produk Unit Syariahnya, seperti:

  • Transaksi transparan. Akad yang dilaksanakan dalam sistem syariah harus transparan, sehingga Manulife selalu membuat laporan keuangan secara rutin yang datanya dapat dilihat dan diakses secara terbuka di website Manulife, di bagian produk Unit Syariah.
  • Bebas riba dan berdasarkan akad tolong-menolong. Ciri khas lain dalam asuransi syariah (termasuk yang ditawarkan Manulife) adalah tidak adanya sistem bunga atau riba. Akadnya didasarkan pada tolong-menolong serta bagi hasil.

Prinsip Asuransi Syariah dari Manulife Indonesia (Fotolia)

  • Perusahaan sebagai pengelola keuangan. Dalam Unit Syariah, akad yang dijalankan membuat posisi perusahaan lebih sebagai pengelola keuangan, bukan pengeruk keuntungan. Transaksi dalam sistem Unit Syariah dijalankan di antara para pemberi dana yang dianggap sebagai pemberi hibah, dan perusahaan mengelolanya dengan sedikit mengambil biaya administrasi. Prinsip dana kebajikan diterapkan ketika ada salah satu peserta yang mengalami kecelakaan atau musibah dan membutuhkan tanggungan uang.
  • Alokasi biaya untuk investasi. Manulife memiliki layanan syariah SaveLink, dimana uang peserta asuransi akan diinvestasikan sebanyak 30% sejak tahun pertama sebagai tabungan. Walau tanpa sistem bunga, Anda tetap akan mendapat keuntungan dari sistem investasi berupa tabungan berjangka ini. Jika ingin menarik sebagian uangnya, Anda juga tidak akan dikenakan bunga.
  • Sistem bagi hasil. Ketika Anda membutuhkan tanggungan, atau ingin menarik dana tunai dalam sistem investasi, dana yang tersedia adalah dana bagi hasil, yang berasal dari akad para pemilik polis di program ini. Jadi, transaksi Anda bebas riba dan semuanya bersifat terbuka.

Dengan tersedianya produk syariah untuk populasi masyarakat Indonesia yang tertarik pada sistem ini, Manulife berkomitmen untuk menerapkan sistem-sistem syariah yang penting dalam operasionalnya, terutama dengan pengawasan resmi dari dewan MUI yang ditunjuk.

Produk Lengkap Asuransi Syariah Manulife

Selain menerapkan prinsip syariah dalam asuransinya, paket Unit Syariah Manulife juga menyediakan layanan cukup lengkap. Misalnya, ada paket investasi tabungan yang disebut SaveLink, yang memungkinkan Anda menabung untuk kebutuhan masa depan. Ada juga layanan asuransi tambahan yang sama seperti asuransi konvensional, misalnya asuransi untuk kecelakaan mendadak, paket untuk penderita satu di antara 50 penyakit berat, paket santunan untuk menutupi penghasilan jika tidak memungkinkan, dan sebagainya.

Dengan penerapan prinsip asuransi syariah, Manulife tetap berkomitmen memberi layanan terbaik untuk semua nasabah yang memilih paket dengan sistem tertentu.

Info Asuransi:

sistem asuransi jiwa pada manulife syariah - asuransi manulife termasuk syariah apa konvensional? - cara membuat pinjaman di asuransi manulife -
Content Protection by DMCA.com