Review: Asuransi Kesehatan Prudential Syariah

Perusahaan asuransi di Indonesia masih dipenuhi oleh asuransi yang bersifat konvensional. Sebagai Negara dengan penganut Islam terbanyak, nampaknya perusahaan-perusahaan asuransi harus lebih concern untuk mengembangkan produk yang sistemnya sesuai dengan syariat islam, khususnya untuk asuransi kesehatan. Salah satu produk dari perusahaan asuransi yang sudah cukup ternama dalam hal syariat adalah asuransi kesehatan Prudential Syariah. Asuransi kesehatan syariah dari Prudential ini terbilang cukup banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia.

Pengertian Asuransi Kesehatan Prudential Syariah

Apa itu asuransi kesehatan syariah versi Prudential? Apa yang membedakannya dari asuransi kesehatan konvensional? Berikut adalah beberapa faktor pembeda antara keduanya:

  • Produk konvensional mengandung Gharar yaitu ketidakpastian kapan resiko akan terjadi pada pihak tertanggung sedangkan uangnya disimpan oleh pihak perusahaan asuransi.
  • Produk konvensional mengandung Maisir atau judi dan untung-untungan. Contohnya jika nasabah baru membayar premi satu bulan dan tutup usia, maka perusahaan wajib membayarkan uang santunan, tapi bila nasabah berusia panjang maka bisa jadi ia tidak mendapatkan santunan sesuai dengan premi yang telah ia bayarkan. Berbeda sekali dengan pembayaran premi asuransi kesehatan Prudential syariah.
  • Produk konvensional mengandung riba karena dana yang kita bayarkan akan diinvestasikan kepada produk yang belum tentu halal bagi umat islam, seperti pabrik rokok, minuman keras, dan lain sebagainya.
Asuransi kesehatan prudential syariah - Fotolia

Asuransi kesehatan prudential syariah – Fotolia

Untuk itu, Prudential berinisiatif untuk mengeluarkan produk kesehatan berbasis syariah yang tidak menyimpang dari aturan-aturan Islam berikut ini:

  • “Dan orang yang akan meninggal dunia di antaramu, dan meninggalkan istri, hendaklah meninggalkan wasiat untuk istri-istrinya, dan meninggalkan nafkah hingga setahun lamanya dengan tidak disuruh pindah…” (QS. Al-Baqarah: 240)
  • “Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap kesejahteraan mereka…” (QS. An-Nisa: 9)
  • Nabi Yusuf AS dicontohkan dalam QS. Yusuf ayat 49 membuatkan sistem proteksi menghadapi kemungkinan yang buruk di masa depan.

Anda perlu mempertimbangkan hal di atas jika masih belum yakin untuk memakai produk asuransi kesehatan syariah.

Produk Asuransi Kesehatan Prudential Syariah

Beberapa produk suransi kesehatan syariah yang ditawarkan oleh Prudential  yang diawasi langsung oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) adalah:

  • PRUcrisis Cover Syariah; Produk ini menanggung pembiayaan untuk tertanggung yang mengalami salah satu atau beberapa penyakit dari 34 penyakit kritis.
  • PRUjuvenile Crisis Cover Syariah; Produk ini menjamin kesehatan anak Anda ketika anak Anda telah didiagnosa menderita penyakit kritis dengan biaya perawatan yang besar.
  • PRUlink Syariah Assurance Account; Produk ini memberikan banyak manfaat kepada korporasi Anda, khususnya manfaat kesehatan. Premi yang harus dibayarkan pada produk ini mulai dari 150 ribu rupiah perbulan.
  • PRUmed Syariah; produk asuransi kesehatan ini memberikan tunjangan berupa harian rawat inap, ICU, dan pembedahan terhadap tertanggung jika tertanggung menjalani rawat inap di rumah sakit.
  • PRUhospital and Surgical Cover; seperti namanya, asuransi ini memberikan tanggungan berupa penggantian biaya rwat inap, ICU, dan pembedahan sesuai manfaat yang diambil.

Itulah beberapa produk asuransi kesehatan syariah dari Prudential. Sebenarnya masih banyak produk atau paket asuransi kesehatan Prudential Syariah yang lainnya, namun beberapa yang disebutkan di atas adalah yang paling dikenal namanya. Anda tak perlu ragu untuk memulai asuransi berbasis syariah. Karena selain akan menjamin kesehatan Anda dan keluarga, produk asuransi kesehatan syariah juga akan membuat Anda tenang karena terhindari dari hal yang dilarang agama.

Info Asuransi:

review prudential syariah - premi yang harus prumed syariah - prudential - asuransi kesehatan murah dan syariat islam - foto tentang kesehatan - review prudential - tawaran prodential syaria -
Content Protection by DMCA.com