Sejarah Asuransi Jiwa Syariah di Indonesia dan Dunia

Asuransi jiwa di Indonesia memiliki sejarah yang cukup panjang sejak jaman kemerdekaan, namun sejarah asuransi jiwa Indonesia yang berbasis syariah masih terbilang baru, walaupun konsepnya sudah hadir sejak akhir tahun 1970-an di negara Sudan. Akan tetapi, asuransi jiwa berbasis syariah dengan cepat memenangkan hati masyarakat Indonesia yang sebagian besar beragama Islam, terutama dengan sifat akadnya yang bebas bunga dan mengikuti hukum hibah sesuai akad yang telah ditetapkan. Dengan pertanggungan yang tidak melanggar syariat Islam, masyarakat merasa lebih tenang.

Sejarah Asuransi Jiwa Syariah secara Umum

Sejarah asuransi jiwa di dunia telah berakar lama sejak jaman Romawi Kuno, namun sejarah asuransi syariah bisa dibilang cukup muda. Secara resmi, perusahaan asuransi jiwa syariah pertama di dunia muncul di Sudan pada tahun 1979, yaitu Sudanese Islamic Insurance. Layanan asuransi ini muncul untuk menjawab minat warga Muslim Sudan yang ingin asuransi tanpa memanfaatkan bunga atau riba dari asuransi konvensional. Perusahaan asuransi syariah juga muncul pada waktu yang sama di Uni Emirat Arab, yang kemudian menyebar ke berbagai negara Timur Tengah.

Perusahaan asuransi syariah kemudian muncul pertama kalinya di Eropa pada tahun 1981. Dar Al-Maal Al-Islami menjadi perusahaan asuransi syariah pertama yang muncul di Eropa, tepatnya di Jenewa, Swiss. Sejarah asuransi jiwa syariah kemudian berlanjut ke Luksemburg, dimana Islamic Takafol Company didirikan pertama kali pada tahun 1983 untuk menjawab kebutuhan perlindungan jiwa umat Muslim yang ingin memiliki asuransi berbasis syariah.

Sejarah asuransi jiwa syariah - Fotolia

Sejarah asuransi jiwa syariah – Fotolia

Pada tahun yang sama, Kepulauan Bahama dan Bahrain sama-sama membuka perusahaan asuransi syariah. Akhirnya, pada tahun 1985, perusahaan asuransi jiwa syariah pertama muncul di area Asia Tenggara, tepatnya di Malaysia dengan nama Takaful Malaysia. Hingga kini, Asuransi Takaful masih menjadi salah satu perusahaan terdepan yang menyediakan perlindungan berbasis syariah di Asia Tenggara.

Sejarah Asuransi Jiwa di Indonesia

Sejarah perusahaan asuransi jiwa syariah di Indonesia secara resmi dimulai dengan berdirinya Bank Muamalat pada tahun 1992. Karena bank ini menggunakan prinsip syariah, sistem asuransi yang ditetapkan otomatis menggunakan prinsip yang sama. Bank Muamalat kemudian menjadi salah satu pihak yang terlibat dalam Tim Pembentukan Takaful Indonesia, yang kelak membantu menanamkan penerapan sistem asuransi syariah dengan lebih baik di Indonesia.

Kronologis sejarah asuransi jiwa di Indonesia berbasis syariah sejak Bank Muamalat adalah:

  • Tahun 1993: pendirian Tim Pembentukan Takaful Indonesia (TEPATI) oleh Bank Muamalat, Departemen Keuangan, Asuransi Tugu Mandiri, dan Yayasan Abdi Bangsa.
  • Tahun 1994: PT Syarikat Takaful Indonesia berdiri sebagai hasil studi anggota TEPATI ke Malaysia. Pada tahun yang sama, PT Asuransi Takaful Keluarga juga didirikan sebagai anak perusahaan Syarikat Takaful Indonesia.
  • Tahun 2001: berbagai perusahaan asuransi jiwa syariah mulai bermunculan di Indonesia (termasuk cabang syariah dari asuransi jiwa konvensional), seperti Bringin Life Syariah, Jasindo Syariah, Bumi Putera Syariah, BSAM Syariah, dan sebagainya.
  • Tahun 2003: Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia berdiri untuk pertama kalinya, dengan anggota pertama sebanyak 17 perusahaan asuransi syariah.

Hingga tahun 2014, Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia mencatat sekitar 49 perusahaan asuransi berbasis syariah di Indonesia. Asuransi jenis ini terutama menjadi populer setelah krisis moneter tahun 1997-1998, dan terus meningkat popularitasnya sehingga membuat perusahaan asuransi konvensional menyediakan pilihan asuransi syariah.

Jika menilik ke belakang, sejarah asuransi jiwa berbasis syariah di Indonesia masih relatif muda, namun minat besar masyarakat serta sistemnya yang berbasis hibah dengan akad menjadi alasan mengapa asuransi syariah cepat mendapat tempat di hati masyarakat.

Info Asuransi:

sejarah asuransi syariah - sejarah asuransi jiwa - sejarah asuransi syariah di dunia - pt asuransi jiwa syariah bumiputera - asuransi jiwa sejarah - sejarah asuransi dari barat ke timur indonesia - makalah asuransi jiwa syariah malaysia sistem hibah - sejarah asuransi di dunia - sejarah asuransi di dunia dan di indonesia - sejarah asuransi di dunia dan indonesia - sejarah asuransi dunia - sejarah asuransi jiwa syariah - sejarah asuransi konv - sejarah asuransi - sebutkan perusahaan asuransi syariah di malaysia - asuransi jiwa syariah malaysia - asuransi syariah di asia tenggara - asuransi syariah di dunia - asuransi syariah di malaysia - asuransi syariah tugu - bagaimana sejarah asuransi jiwa syariah - eksistensi asuransi diindonesia dan didunia - nama asuransi di indonesia pada tahun 1994 - Nama perusahaan asuransi syariah di malaysia - perusahaan asuransi jiwa syariah - sejarah lembaga asuransi syariah di dunia -
Content Protection by DMCA.com