Sejarah Asuransi Syariah Bumiputera di Indonesia

Asuransi Bumiputera merupakan asuransi tertua di Indonesia, dengan sejarah yang telah dimulai sejak masa sebelum kemerdekaan. Sejarah asuransi syariah Bumiputera, sebaliknya, jauh lebih muda daripada nama perusahaan ini sendiri. Akan tetapi, walaupun baru ada setelah era reformasi tahun 1998, asuransi syariah Bumiputra bisa dibilang memiliki akar pendirian yang mirip dengan nama Bumiputra sendiri.

Sejarah Asuransi Syariah Bumiputera

Asuransi Bumiputera didirikan oleh guru bernama Dwidjosewojo, yang ingin meningkatkan kesejahteraan para guru pribumi di era penjajahan Belanda. Pada tahun 1912, beliau memprakarsai berdirinya AJb Bumiputera, yang merupakan semacam badan usaha bersama di mana semua orang yang terlibat di dalamnya memiliki status sama sebagai pemilik. Semua orang ini memiliki polis yang memberi kekuatan sebagai pemodal sekaligus sarana untuk memberi perlindungan finansial. Pihak pengawas asuransinya bahkan dipilih dari sesama pemegang modal juga.

Sejarah asuransi syariah di Indonesia tidak sepanjang sejarah Bumiputera. Di perusahaan ini sendiri, asuransi berbasis syariah baru muncul pada tahun 2002, tak lama setelah “tren” asuransi ini muncul dan diterapkan secara resmi di Indonesia. Dasar hukum asuransi ini adalah:

Sejarah Asuransi Syariah Bumiputera (Fotolia)

  • Keputusan Menteri Keuangan Kep-268/KM-6/2002 tertanggal 7 November 2002 sebagai dasar hukum formal serta patokan sistem penerapan nilai kualitas layanan asuransi.
  • Fatwa Dewan Syariah Nasional 21/DSN MUI/X/2001 tertanggal 17 Oktober 2001, sebagai tanda bahwa perusahaan ini memang mengikuti sistem syariah 100% dalam setiap kegiatan operasionalnya.
  • Pengelolaan yang didasarkan pada hukum syariah serta dikerjakan secara terpisah dari layanan asuransi pertama. Hal ini agar Anda tidak perlu merasa keberatan dengan perbedaan sistem di bawah naungan yang sama, hanya karena sistem yang satu berdasarkan bentuk aturan tertentu yang khusus.

Selain sejarah berdirinya asuransi syariah Bumiputera, di sini Anda juga bisa mengetahui berbagai produk yang ditawarkan paket asuransi Bumiputera. Salah satunya adalah paket asuransi perorangan standar yang disebut Asuransi Perorangan Mitra Amanah.

Tentang Asuransi Syariah Utama Bumiputera

Asuransi syariah utama Bumiputera tidak bisa dilepaskan dari sejarah perkembangan asuransi syariah di Indonesia. Asuransi jenis ini dibuat untuk memberi alternatif perlindungan finansial serta investasi bagi anggotanya tanpa harus mengikuti sistem yang mengandung riba. Dalam kaitannya dengan Bumiputera, asuransi ini merupakan perpanjangan dari tujuan pembentukan Bumiputera, yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan dengan cara adil.

Asuransi Perorangan Mitra Amanah adalah asuransi perorangan utama Bumiputera, dan memberi perlindungan tanggungan kematian serta kecelakaan, plus manfaat tambahan (bisa diperoleh dengan biaya tambahan) dan investasi untuk tabungan masa depan. Asuransi semacam ini memberi manfaat kesejahteraan serta perlindungan bagi Anda dan keluarga dengan sistem bagi hasil dan tanpa riba dari bunga. Dengan setoran minimal 200 ribu Rupiah setiap bulan, Anda sudah bisa berkontribusi untuk mendapat paket perlindungan ini.

Untuk menikmati manfaat dari asuransi ini, ada beberapa persyaratan standar yang harus anda penuhi. Persyaratan untuk mendapat perlindungan ini antara lain adalah:

  • Pihak yang diasuransikan harus berusia minimal 18 tahun dan maksimal 60 tahun.
  • Pihak yang mendaftar untuk membeli polis harus berusia minimal 21 tahun, sudah menikah, dan terdaftar sebagai Warga Negara Indonesia.
  • Minimal masa perlindungan asuransi adalah selama 5 tahun, dan maksimal 99 tahun.
  • Harus membayar biaya kontribusi polis selama minimal 5 tahun.

Perusahaan Bumiputera didirikan sebagai penyedia kesejahteraan bagi masyarakat pribumi di era sebelum kemerdekaan. Tidak jika asuransi ini telah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. Selain itu, sejarah asuransi syariah Bumiputera mengikuti prinsip ini secara konsisten dalam perjalanannya.

Content Protection by DMCA.com