Si Abang: Asuransi Bisnis Skala Kecil dan Menengah

Tidak selamanya bisnis selalu berjalan sesuai dengan rencana dan juga perhitungan yang Anda buat. Resiko kerugian selalu bisa mengintai usaha Anda sehingga ada baiknya untuk mendaftarkan usaha Anda dengan asuransi bisnis. Asuransi tersebut bisa meminimalisir resiko dan juga kerugian yang Anda alami akibat usaha yang dijalankan.

Mengenal Asuransi Bisnis Si Abang

Salah satu asuransi bisnis Indonesia yang aman dan juga dikelola oleh pemerintah bagi Anda yang memiliki bisnis skala kecil dan menengah adalah Si Abang. Si Abang merupakan singkatan dari Asuransi Anti Bangkrut. Asuransi ini dibentuk oleh Kementerian Koperasi dan UKM dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam bentuk melakukan kerja sama dengan Asosiasi Asuransi Umum  Indonesia (AAUI) dan Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia.

Asuransi ini ditujukan sebagai sebuah solusi atas tingginya tingkat resiko pembiayaan dan juga pendanaan yang dilakukan koperasi dalam memberikan jaminan dana kepada para anggotanya serta menjadikan peran sekaligus fungsi mikro dari asuransi sebagai sebuah alternatif pilihan dalam pembiayaan.

Premi yang diberikan oleh asuransi usaha kecil dan menengah Si Abang tergolong murah dan sangat terjangkau oleh masyarakat dibandingkan dengan premi yang diberikan oleh asuransi swasta atau asing lainnya. Pembayaran premi hanya sebesar Rp 40.000 per tahun dengan klaim yang mudah atas kerugian yang terjadi akibat kebakaran atauoun bencana alam seperti gempa, banjir, gunung meletus dan sebagainya. Ganti rugi yang diberikan sebesar Rp 5.000.000.

Walaupun jaminan tersebut tidak sebesar resiko yang didapat dan juga nilai sebuah usaha tersebut, namun resiko kebakaran serta bencana alam tersebut sangat jarang dialami dan juga terjadi pada sebuah bisnis.

Asuransi Bisnis Skala Kecil dan Menengah - Fotolia

Asuransi Bisnis Skala Kecil dan Menengah – Fotolia

Fungsi Si Abang Sebagai Asuransi Bisnis Terbaik

Fungsi utama dari asuransi Si Abang sebagai salah satu asuransi bisnis terbaik di Indonesia adalah untuk memberikan perlindungan menyeluruh kepada lapisan masyarakat khususnya pengusaha kecil dan menengah dari beberapa resiko tak terduga yang terjadi pada  usaha. Selain itu,  peluncuran produk asuransi mikro ini diperuntukkan dan dikhususkan untuk masyarakat dengan penghasilan rendah yang cukup sederhana dan sistem administrasinya sangat mudah untuk diperoleh, ekonomis serta pembayaran klaimnya pun dilakukan dengan segera dan cepat.

Dengan Si Abang, maka kendala-kendala yang menimpa dalam masalah pembiayaan selama ini yang dialami oleh pelaku Koperasi dan juga UKM bisa teratasi dengan mudah. Untuk memasarkan dan mempromosikan produk Si Abang, pemerintah akan bekerja bersama dengan perusahaan asuransi untuk melakukan sosialisasi pasar kepada pelaku-pelaku dan juga anggota koperasi yang memiliki bisnis kecil juga menengah.

Pemerintah memasang target sekitar satu juta UKM setiap tahunnya yang meliputi pemilik usaha seperti pedagang asongan, pemilik lapak atau toko kecil, pedagang pasar tiban dan juga pemilik usaha rumahan dengan kondisi usaha mikro dan kecil serta yang paling diutamakan adalah pihak yang memiliki surat ijin usaha mikro atau SIUMK dengan premi asuransi bisnis yang murah setiap bulannya namun dengan penggantian jaminan yang lumayan besar.

Si Abang Konvensional Vs Syariah

Ada dua jenis asuransi ini yang dikembangkan oleh pemerintah yaitu Asuransi Anti Bangkrut Si Abang untuk jenis asuransi yang bersifat konvensional dan juga Si Abang Syariah untuk para pengusaha yang lebih memilih dana yang disetorkan untuk dikelola secara syariah dengan prinsip agama. Si Abang Syariah sendiri memiliki prinsip dan sistem saling tolong menolong antara sesama nasabah dan saling melindungi sehingga semua peserta akan mengalami dan juga menanggung resiko bersama-sama.

Semoga informasi mengenai asuransi bisnis milik pemerintah yang bernama Si Abang tersebut bisa berguna dan juga menjadi bahan pertimbangan apabila Anda juga mempunyai usaha kecil dan menengah yang meninginkan sebuah perlindungan untuk usaha yang dimiliki.

Info Asuransi:

fungsi dan peran Abang - asuransi usaha kecil menengah - produk asuransi si abang - premi asuransi usaha - premi asuransi bisnis - masalah asuransi pada usaha kecil - asuransi kecil - dampak Masalah asuransi pelaku usaha kecil - asuransi usaha menengah - asuransi lapak pasar - sistem asuransi kerugian ukm -
Content Protection by DMCA.com