Sisi Lemah BPJS: Asuransi Kesehatan Termurah dari Pemerintah

BPJS diciptakan oleh pemerintah untuk melindungi seluruh lapisan masyarakat sehingga BPJS menjadi asuransi kesehatan termurah yang dimiliki dan dikelola oleh pemerintah. Namun, tidak semua masyarakat puas dengan kinerja dan juga pelayanan BPJS sehingga diperlukan adanya koreksi dan penyempurnaan dari pemerintah sehingga bisa menjadi lebih baik.

Beberapa Kelemahan BPJS sebagai Asuransi Kesehatan Termurah

BPJS sebagai salah satu asuransi kesehatan murah dan bagus juga tak luput dari berbagai macam komplain serta kekurangan yang sebenarnya bisa diminimalisir diantarannya:

Memiliki Metode Berjenjang

Untuk bisa mendapatkan layanan kesehatan serta perawatan, anggota BPJS harus melalui fasilitas kesehatan yang tersedia seperti klinik umum biasa atau puskemas. Setelah itu Anda akan mendapatkan surat rujukan untuk berobat ke rumah sakit. Sebenarnya nasabah juga bisa langsung menerima perawatan di rumah sakit apabila kondisi penyakitnya kritis dan membutuhkan perawatan segera.

Melindungi di Kawasan Indonesia

BPJS dibuat untuk melindungi kesehatan masyarakat namun hal ini hanya berlaku di Indonesia. BPJS tidak bisa digunakan di negara lain atau apabila nasabah mengalami sakit saat berada di luar negeri, maka BPJS tidak akan melayani klaim karen tidak memiliki kerja sama dengan rumah sakit di luar negeri.

Antri Lebih Lama

Sebagai asuransi kesehatan premi murah dan dimiliki oleh hampir seluruh lapisan masyarakat, antrian panjang dan juga lama pasti dialami oleh anggota yang ingin mengubah ataupun melakukan pendaftaran di kantor BPJS terdekat di daerah Anda. Tidak ada prioritas peserta yang didahulukan sehingga semua benar-benar harus mengantri lama. Selain antrian di kantor BPJS, antrian di rumah sakit untuk mendapatkan perawatan kesehatan di rumah sakit juga kadang tak terbendung karena jumlah staff administrasi biasanya hanya sedikit namun jumlah pasien yang membutuhkan perawatan lebih banyak.

Asuransi Kesehatan Termurah - Fotolia

Asuransi Kesehatan Termurah – Fotolia

Jarangnya Mendapatkan Kelas 1

BPJS membagi pelayanan kesehatan menjadi 3 kelas dari kelas 1 sampai kelas 3 dengan jumlah premi yang berbeda-beda namun BPJS tetap premi asuransi kesehatan termurah. Walaupun terkadang pemilik kartu BPJS memiliki kelas yang lebih tinggi, namun pada kenyataanya terkadang apabila seseorang berobat, maka pasien akan diletakkan di kamar kelas 3 atau 2 dengan alasan yang biasa diterima oleh masyarakat adalah kamar kelas 1 telah penuh walaupun pada kenyataannya tidak begitu. Hal ini sering menyebabkan komplain dari pemilik kartu BPJS dengan kelas tinggi. Terkadang masih banyak rumah sakit yang belum taat pada peraturan tersebut.

Terdapat Unsur Pemaksaan

Untuk menjadi nasabah asuransi kesehatan terbaik dan termurah, terdapat unsur pemaksaan untuk menjadi anggota BPJS. Pemerintah memang mewajibkan seluruh warga Indonesia untuk memiliki kartu BPJS dan wajib untuk menjadi anggotanya walau terkadang banyak warga yang merasa keberatan karena dinilai masih belum perlu atau sudah memiliki asuransi swasta yang dinilai lebih baik namun harus tetap memiliki asuransi dari pemerintah. Perusahaan sendiri juga diwajibkan untuk mengikuti program tersebut walaupun beberapa perusahaan sudah memiliki kerja sama dengan pihak asuransi swasta lain.

Tidak Bisa Berobat di Sembarang Rumah Sakit

Walaupun BPJS merupakan asuransi wajib dari pemerintah, namun tidak semua rumah sakit menerima pengobatan dengan kartu BPJS sehingga perawatan harus dilakukan di rumah sakit yang menerima kartu BPJS walaupun terkadang menurut sebagian orang, rumah sakit yang menerima BPJS tidak sebagus rumah sakit yang bekerja sama dengan asuransi swasta.

Semoga beberapa kelemahan dari asuransi kesehatan termurah yang dimiliki oleh pemerintah tersebut bisa dijadikan referensi bagi Anda yang ingin memilih produk kesehatan terbaik untuk keluarga.

Info Asuransi:

asuransi kesehatan pemerintah yang bisa di uangkan - asuransi swasta termurah - bpjs murah - bpjs paling murah - bpjs termurah - kelebihan asuransi kesehatan yang dikelola pemerintah - kerugian yang dialami asuransi kesehatan jika hanya bpjs yang berlaku di indonesia - pemaksaan bpjs - pengertian metode berjenjang dalam kekurangan bpjs -
Content Protection by DMCA.com