Sudahkan Anda Memiliki Asuransi Motor Yang Tepat?

Jenis kendaraan yang banyak digemari di  tanah air ini adalah kendaraan roda dua alias sepeda motor. Mengapa demikian? Karena sepeda motor dapat dengan lincah mengantarkan kita pergi kemana pun terutama bila kondisi jalanan di kota tempat tinggal kita seringkali macet. Jika Anda saat ini mempunyai motor kesayangan yang sehari-hari Anda gunakan sebagai transportasi Anda,  apakah Anda juga mempunyai asuransi motor untuk kendaraan Anda tersebut?

Dengan sepeda motor kita memiliki alternatif jalan lebih banyak seperti lewat jalan-jalan yang sempit yang tak mungkin dilalui mobil. Namun, pertanggungan resiko akibat hal-hal yang tak terduga juga tidak boleh diabaikan.

Mengapa Asuransi Motor Dibutuhkan?

Beberapa orang mungkin akan mengerutkan kening saat mendengar tentang asuransi untuk motor. Sesungguhnya tak jauh berbeda dengan kendaraan yang lain, saat kita mengendarainya di jalan resiko terjadinya musibah atau hal-hal yang tak diinginkan juga berpotensi terjadi. Resiko-resiko tersebut misalnya adalah kecelakaan, dirusak dengan sengaja oleh oknum penjahat, diincar untuk dicuri, terkena dampak bencana alam, atau yang lainnya.

Asuransi motor - Fotolia

Asuransi motor – Fotolia

Nah, di sinilah asuransi berperan untuk menjamin ganti rugi bila hal-hal yang tak dikehendaki tersebut benar-benar terjadi. Bila sekarang mata Anda telah terbuka dan berminat untuk mencari asuransi motor terbaik untuk motor kesayangan Anda, sebaiknya ketahui terlebih dahulu tentang jenis asuransi kendaraan roda dua ini.

Jenis Asuransi Motor

Jaminan asuransi Total Loss Only (TLO)

Jenis yang pertama ini adalah melakukan penggantian akibat kerugian total yang disebut sebagai TLO. Jaminan jenis inilah yang akan mengganti kendaraan roda dua Anda yang rusak mungkin akibat terjadi kecelakaan di jalan, terbakar, atau hilang karena dicuri. Perusahaan asuransi akan melakukan penggantian bila kerusakan yang dialami kendaraan Anda di atas 75%. Sementara untuk kasus pencurian, Anda akan dapat melakukan klaim bila dalam waktu 2 bulan kendaraan Anda tak kunjung ditemukan.

Asuransi Motor All Risk

Jaminan yang kedua ini disebut juga dengan asuransi komprehensif di mana segala macam resiko pada motor akan diganti rugi oleh perusahaan asuransi, baik itu sekedar lecet, rusak, hilang dicuri, atau terkena bencana apa pun.

Biaya premi untuk asuransi motor hilang serta segala resiko yang lain ini tentu juga lebih tinggi daripada jaminan asuransi yang pertama. Setiap perusahaan mempunyai fitur asuransi yang berlainan termasuk biaya preminya. Pada umumnya pemilik motor-motor mewahlah atau motor gede yang memilih asuransi jenis all risk ini.

Asuransi Motor Yang Cocok Untuk Anda?

Untuk mendapatkan asuransi motor yang bagus berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan.

  • Kumpulkan 3 atau 4 brosur dari perusahaan asuransi lalu pelajari berbagai informasi yang berhubungan dengan kebijakan perusahaan tersebut. Bandingkan kelebihan serta kekurangan dari masing-masing perusahaan yang meliputi nominal rata-rata premi asuransi serta jenis perlindungan yang ditawarkan.
  • Anda disarankan untuk memilih asuransi yang menjamin Anda dari kewenangan kerusakan kendaraan pada kendaraan bukan milik Anda. Selain itu pilihlah asuransi yang juga menjamin penumpang yang Anda bonceng dengan motor Anda.
  • Jangan lupa untuk memilih asuransi yang bersedia menjamin kerusakan akibat dampak bencana alam karena tak semua perusahaan asuransi menyediakan jaminan ini. Hal ini karena di tanah air kita rawan sekali terjadi bencana seperti banjir, longsor, dan letusan gunung berapi.
  • Cermati apakah perusahaan yang Anda incar telah menyediakan fasilitas yang lengkap seperti bengkel mitra yang mudah dijangkau, gratis derek, serta pelayanan 24 jam dalam kondisi darurat.

Sudah cukup jelas bukan, cara memilih asuransi motor yang baik untuk Anda?

Info Asuransi:

Brosur asuransi mobil syariah - motor hilang diganti asuransi -
Content Protection by DMCA.com