Timbang Kerugian dan Keuntungan Asuransi Sebelum Memilih

Asuransi sudah merupakan hal biasa didengar oleh masyarakat Indonesia saat ini. Begitu banyak perusahaan asuransi yang berlomba-lomba menjaring masyarakat untuk mengikuti asuransi di perusahaan mereka. Dari asuransi pendidikan, jiwa, kesehatan, mobil, rumah hingga bahkan suara, semuanya ditawarkan perusahaan dengan segala keuntungan asuransi yang mereka tawarkan.

Asuransi merupakan pertanggungan atas segala kerugian atau resiko yang mungkin terjadi di masa mendatang. Banyak keuntungan yang akan didapatkan jika anda berada di bawah coverage sebuah asuransi. Namun, mesti diingat bahwa dibalik keuntungan ikut asuransi, ada kerugian atau resiko yang harus anda ketahui sebelum mengambil keputusan.

5 Keuntungan Asuransi Konvensional dan Syariah

Sebagai sebuah sistem, tentunya belum ada asuransi yang benar-benar sempurna dalam memberikan keuntungan tanpa resiko bagi para nasabah. Namun bila anda memilih asuransi dengan bijak sesuai dengan kebutuhan, anda tentunya akan lebih banyak mendapat keuntungan dari pada kerugiannya. Berikut adalah beberapa keuntungan asuransi:

Transfer resiko

Keuntungan yang pertama dari asuransi adalah transfer resiko. Transfer resiko di sini dimaksudkan bahwa segala macam resiko (musibah) yang tejadi dalam hidup seseorang yang mengikuti asuransi akan ter-cover biayanya kepada pihak asuransi, selama resiko-resiko tersebut masuk dalam daftar claim asuransi tersebut.

Investasi

Banyak asuransi yang tidak hanya untuk jiwa namun juga hal lain, misalnya untuk asuransi unit link, sehingga jika iklim investasi bagus, nilainya juga ikut naik; artinya, nilai uang anda akan naik, dan bahkan ada asuransi yang memungkinkan anda mengambil uang secara tunai saat dibutuhkan sesuai ketentuan yang berlaku.

Mengikui asuransi bisa juga dikatakan seperti menabung, dengan beberapa pilihan jenis asuransi yang ditawarkan. Misalnya untuk merencanakan masa depan anak anda maka pilihannya asuransi untuk pendidikan. Dalam kurun waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan yang anda pilih, (mulai dari masuk SD hingga perguruan tinggi) anda hanya membayar polis asuransi untuk dana pendidikan. Keuntungan asuransi pendidikan sendiri adalah saat tiba waktunya nanti anda tak perlu kerepotan untuk membayar biaya masuk anak anda.

Keuntungan dan kerugian ikut asuransi - Fotolia

Keuntungan dan kerugian ikut asuransi – Fotolia

Hak Waris Menerima

Bila anda mengikuti asuransi, maka anda bisa memberikan keuntungan bagi ahli waris anda dengan menerima hak waris dari asuransi yang anda ikuti. Bila anda membayar polis asuransi dengan tertib, maka bila suatu saat anda meninggal maka ahli waris anda akan berhak menerima uang yang telah anda bayarkan pada pihak asuransi sesuai dengan ketentuan masing-masing perusahaan asuransi

Bila anda mengikuti asuransi yang berbasis syariah, maka anda juga menikmati keuntungan asuransi syariah, yakni terbebas dari riba. Untuk itu anda tak perlu takut untuk mengikuti asuransi, kini banyak pihak perusahaan asuransi yang telah berbasis asuransi syariah.

Kekurangan Di Balik Keuntungan Asuransi

Bukan suatu hal yang baru lagi jika alasan utama masyarakat tidak mengikuti asuransi karena mengikuti asuransi di perusahaan asuransi tidaklah murah, bahkan bisa dikatakan mahal. Premi yang dibayar minimal lima ratus ribu rupiah setiap sebulan. Bagi masyarakat berpendapatan rendah, angka ini tentunya cukup besar. Bahkan bagi beberapa keluarga, membayar asuransi kesehatan pemerintah atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan secara rutin pun masih dianggap berat.

Kelemahan lain dari asuransi terletak pada proses selesi resiko. Tidak semua penyakit dapat di claim dengan asuransi. Selain itu, ada batasan usia dalam mengikuti asuransi. Dengan menimbang keuntungan dan kerugian ikut asuransi, anda tentunya bisa mengambil kesimpulan dengan bijak dan anda dapat mengambil banyak keuntungan dari asuransi anda. Semoga bermanfaat.

Info Asuransi:

kerugian ikut asuransi prudential - kerugian mengikuti asuransi - keuntungan dan kerugian mengikuti asuransi - keuntungan dan kerugian ikut asuransi - kerugian ikut asuransi - keuntungan bagi perusahan jika masyarakat ikut asuransi - keuntungan dan kerugian as - keuntungan dan kerugian mengikuti asuransi rumah - keuntungan ikut asuransi - keuntungan kerugian ikut asuransi pendidikan - keuntungan ngambil jurusan asuransi kerugian - keutungan dan kerugian asuransi - manfaat dan kerugian asuransi - mengambil asuransi yang bijak - resiko dalam mengikuti asuransi - sistem asuransi untuk memberikan keuntungan - untung dan rugi ikut asuransi kesehatan - untung rugi ikut asuransi - kerugian tidak memilih - apa keuntungan dan kerugian apabila ikut asuransi - apa keuntungan ikut ansuransi - apa keuntungan ikut asuransi tafakul kesehatan? - hak waris dalam asuransi pendidikan - kekurangan asuransi bumi putr - kekurangan asuransi bumiputera - kekurangan asuransi pendidikan bumiputera - kelebihan dan kekurangan asuransi pendidikan - kelebihan dan kekurangan masuk asuransi - kelemahan asuransi bumiputera - kerugian asuransi pendidikan - kerugian dan kerugian asuransi - kerugian ikut asuransi 2016 - kerugian ikut asuransi bumiputera - kerugian jika ikut asuransi - Kerugian masuk asuransi - untung rugi ikut asuransi pendidikan bumiputera -
Content Protection by DMCA.com