Tips Memilih Asuransi Mobil Murah Jenis All Risk dan Total Loss

Dari berbagai jenis asuransi mobil yang beredar di pasaran, asuransi All Risk dan Total Loss (TLO) nyaris tak pernah dikategorikan ke dalam asuransi mobil murah. Sepintas, kedua jenis asuransi ini memang akan menuntut pengeluaran cukup banyak setiap bulannya, namun bukan berarti Anda tidak bisa menghemat uang. Menyesuaikan antara kebutuhan dan jenis mobil dengan jenis asuransi yang dibeli akan membantu Anda mengeluarkan uang dengan lebih efisien, serta mendapat asuransi mobil yang bagus dan murah untuk jenis TLO atau All Risk.

Asuransi Mobil Murah Jenis All Risk

Asuransi jenis All Risk adalah jenis perlindungan paling umum selain asuransi tabrakan, namun mudah dipahami mengapa perlindungan jenis ini memakan biaya banyak. Asuransi All Risk memberi perlindungan bahkan saat Anda sedang tidak mengemudikan mobil. Jika Anda sering memarkir mobil untuk waktu lama, misalnya, asuransi All Risk akan memberi payung finansial jika mobil Anda dicuri atau dirusak. Asuransi All Risk juga memberi perlindungan ketika mobil Anda tertimpa dahan pohon, rusak akibat banjir, dan sebagainya. Bahkan, tergantung kebijakan perusahaan, Anda juga bisa mendapat perlindungan finansial untuk kerusakan akibat kerusuhan, tawuran, atau terorisme.

Bagaimana cara mendapat premi asuransi mobil All Risk paling murah? Anda bisa melakukan pengurangan nilai asli kendaraan saat mendaftarkan mobil untuk asuransi ini. Dengan demikian, Anda bisa mendapat premi lebih rendah untuk kendaraan tersebut. Akan tetapi, Anda harus hati-hati agar tidak mematok nilai terlalu rendah, karena kendaraan Anda justru tidak akan terlindungi secara maksimal. Idealnya, kendaraan yang berusia di bawah 7 tahun harus dilindungi dengan asuransi All Risk.

Tips Memilih Asuransi Mobil Murah (Fotolia)

Tips Memilih Asuransi Mobil Murah (Fotolia)

Asuransi Mobil Murah Jenis Total Loss

Asuransi jenis Total Loss merupakan asuransi yang menjamin pertanggungan finansial jika mobil Anda hilang atau rusak hingga mencapai lebih dari 70%. Asuransi ini juga sering disebut Total Loss Only (TLO), karena tidak menjamin perlindungan lebih luas seperti asuransi komprehensif atau All Risk. Jika Anda kesulitan mencari asuransi mobil murah All Risk karena mobil yang masih baru, mencari asuransi TLO murah bisa susah-susah gampang. Hal ini karena walaupun kelihatannya Anda harus membayar banyak, TLO lebih cocok untuk mobil yang usianya sudah lama.

Idealnya, Anda bisa membayar untuk asuransi TLO jika mobil Anda sudah berusia 7 tahun ke atas, mengingat harga mobil cepat sekali menurun. Jika kurang yakin, Anda bisa berdiskusi dengan agen asuransi untuk menentukan paket asuransi yang bisa diambil berdasarkan nilai dan harga mobil. Mematok nilai mobil yang agak rendah mungkin bisa mengurangi pembayaran premi Anda, tetapi jika Anda menginginkan mobil baru setelah mobil yang lama rusak atau hilang, klaim yang diperoleh mungkin tak akan cukup.

Tips Memilih Asuransi Murah untuk All Risk dan TLO

Selain berdiskusi dengan agen asuransi, serta mematok angka wajar untuk nilai mobil, ada beberapa hal lain yang bisa Anda lakukan untuk mendapat asuransi All Risk atau TLO murah:

  • Menggunakan kalkulator asuransi. Kini, Anda bisa menemukan kalkulator daring untuk menghitung premi asuransi ideal untuk kendaraan Anda, baik untuk All Risk maupun TLO. Kalkulator ini akan menemukan perkiraan harga tepat untuk masing-masing individu.
  • Memastikan alamat bengkel rekanan. Semakin dekat lokasi bengkel rekanan suatu perusahaan asuransi dengan alamat Anda, semakin mudah Anda mengikuti perkembangan perbaikan mobil. Hal ini juga akan menjadi nilai tambah bagi Anda sebagai pelanggan.

Memilih asuransi mobil murah untuk tipe All Risk dan Total Loss kini tak perlu memusingkan, asal Anda mengikuti merode yang tepat dan tidak terlalu “merendahkan” nilai mobil sendiri.

Content Protection by DMCA.com