Definisi Perusahaan Asuransi dan Rekomendasinya di Indonesia

Anda pasti sering mendengar kata “asuransi”, bukan? Ditambah dengan iklan-iklan yang mengaduk emosi Anda di televisi yang ternyata itu adalah iklan produk perusahaan asuransi. Asuransi berasal dari kata “insurance” yang secara bahasa dapat diartikan pertanggungan. Pertanggungan dalam definisi asuransi ini mengacu pada bermacam kegiatan yang dilakukan oleh sebuah lembaga yang disebut perusahaan bidang asuransi. Asuransi berperan sebagai penanggung, dan nasabahnya berperan sebagai tertanggung. Untuk lebih jelasnya, silakan baca paparan berikut ini.

Pengertian Perusahaan Asuransi Menurut Undang-Undang

Di dalam Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD), asuransi diartikan sebagai suatu perjanjian antara dua pihak atau lebih, yang mana pihak penanggung (insurer) alias penjamin mengikatkan diri kepada pihak tertanggung (insuree) atau pihak yang dijamin dengan menerima premi asuransi. Premi inilah yang nantinya digunakan sebagai pengganti kepada tertanggung karena kerugian, kerusakan, atau kehilangan keuntungan yang diharapkan serta berbagai kerugian yang didapatkan akibat peristiwa tertentu.

Pihak yang menerima resiko disebut “penanggung” yang merupakan pihak asuransi, sedangkan pihak yang menyalurkan resiko disebut “tertanggung” yang merupakan nasabah dari pihak asuransi.

Fungsi perusahaan asuransi di Indonesia yaitu sebagai risk transfer mechanism. Ini artinya, asuransi berusaha untuk mengalihkan resiko yang kemungkinan besar akan ditanggung oleh tertanggung kepada penanggung. Pihak asuransi menyediakan jaminan berupa keamanan finansial. Oleh karena itu, tertanggung wajib membayarkan premi berupa uang dengan jumlah tertentu kepada pihak asuransi.

Prinsip Kerja Perusahaan Asuransi di Indonesia

Dalam menjalankan fungsinya, pihak asuransi memegang beberapa prinsip dasar asuransi, yaitu:

  • Insurable Interest; Pihak asuransi berhak untuk mengasuransikan yang timbul dari hubungan keuangan yang diakui secara hukum.
  • Utmost Good Faith; Pihak asuransi harus menernagkan dengan jelas dan jujur tentang kepentingan yang dipertanggungjawabkan.
  • Proximate Cause; Pihak asuransi harus memiliki suatu penyebab aktif yang menimbulkan kejadian tanpa ada intervensi.
  • Indemnity; Pihak asuransi harus menyediakan kompensasi finansial.
  • Subrogation; Pihak asuransi memiliki hak tuntut tertanggung jika klaim sudah dibayar.
  • Contribution; Pihak asuransi berhak untuk mengajak penanggung lainnya meski kewajibannya pada tertanggung tidaklah harus sama.
Pengertian perusahaan asuransi - Fotolia

Pengertian perusahaan asuransi – Fotolia

Contoh Daftar Perusahaan Asuransi di Indonesia

Setelah mengetahui apa itu asuransi beserta fungsi dan prinsip-prinsip dasarnya, ada baiknya pula mengetahui perusahaan di bidang asuransi yang ada di Indonesia. Siapa tahu jika Anda tertarik, Anda dapat memilih salah satunya. Berikut adalah 10 perusahaan asuransi terbaik di Indonesia menurut beberapa lembaga survey, situs, dan majalah bisnis.

  • AIA Financial; Perusahaan ini didirikan pada tahun 1983. Perusahaan ini 80% dimiliki oleh American International Assurance.
  • Allianz; Perusahaan milik Jerman ini pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1981.
  • Avrist; Avrist Assurance didirikan pada tahun 1975. Asuransi ini memiliki banyak sekali produk.
  • AXA Mandiri;l perusahaan yang sahamnya dimiliki oleh Bank Mandiri dan AXA Group.
  • Bumiputera 1912; Sesuai dengan namanya, asuransi ini didirikan pada tahun 1912.
  • CIGN; Asuransi yang berasal dari Amerika ini berdiri di Indonesia pada tahun 1990.
  • Jiwasraya; asuransi ini dimiliki oleh Badan Usaha Milik Negara. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1859.
  • Manulife; Perusahaan besar ini didirikan di Indonesia pada tahun 1985.
  • Prudential; Perusahaan asal Inggris ini didirikan pada tahun 1995.
  • Sinarmas; Asuransi Sinarmas didirikan sejak tanggal 27 Mei 1985.

Itulah bermacam-macam ulasan tentang perusahaan asuransi yang perlu untuk diketahui. Semoga dapat berguna bagi Anda sekalian yang ingin segera berasuransi.

Info Asuransi:

pengertian perusahaan asuransi - perusahaan asuransi adalah - definisi perusahaan asuransi - lembaga asuransi - arti perusahaan asuransi - materi perusahaan asuransi - pengertian lembaga asuransi - pengertian perusahaan asuransi dan contohnya - apa itu perusahaan asuransi - arti dari perusahaan asuransi - tentang perusahaan asuransi - pengertian industri asuransi - materi tentang perusahaan asuransi - pengertian perusahan asuransi - pengertian dari perusahaan asuransi - jelaskan pengertian perusahaan ansuransi - lembaga asuransi adalah - materi perusahaan asuransi di indonesia - materi perusahan asuransi - materi tentang erusahaan asuransi - mengapa perusahaan asuransi didirikan? - pengertiaan perusahaan asuransi - pengertian asuransi dan perusahaan asuransi - pengertian perusahaan jasa asuransi - pengertian peransuransian - pengertian peransuransian dan contohnya - pengertian perusahaan asuransi adalah - pengertian perusahaan asuransii - contoh perusahaan asuransi sesuai dengan prinsip asuransi - 15 perusahaan asuransi dan fungsi - apa arti asuransi perusahaan - apa yang di maksud perusahaaan asuransi - apa yg dimaksud perusahaan asuransi - Apakah asuransi artinya iklan - apakah yang dimaksud perusahaan asuransi - arti korporasi pada asuransi - asuransi dalam perusahaan - asuransi didirikan - contoh perusahaan asuransi dan fungsinya - Contoh perusahaan asuransi dan tugasnya - konsep iklan perusahaan asuransi - defenisi perusahaan asuransi dari segi hukum - definisi perusaan asuransi#spf=1 - definisi perusahaan ansuransi - definisi resikk bisnis sektor asuransi - definisiperusahaan asuransi - devinisi perusahaan asuransi - iklan asuransi nama asuransi apa yang di jaminkan - industri asuransi adalah - 15 CONTOH DAFTAR PERUSAHAAN ASURANSI BESERRTA MANFAATNTNYA -
Content Protection by DMCA.com