Pengertian Polis Asuransi Menurut Para Ahli dan Fungsinya

Walaupun sudah banyak orang di masyarakat kita yang mengikuti program asuransi dari berbagai perusahaan asuransi, tetapi pada umumnya tak terlalu memahami istilah-istilah penting dalam program investasi sekaligus perlindungan tersebut. Untuk menambah wawasan Anda, berikut ini adalah ulasan mengenai pengertian polis asuransi yang mudah dipahami.

Pengertian Polis Asuransi Berdasarkan Pendapat Para Ahli  

Terdapat berbagai pendapat yang menjelaskan tentang pengertian polis dalam asuransi, yaitu berikut ini:

  • Polis adalah dokumen yang memuat kesepakatan antara pihak penanggung (perusahaan asuransi) dan pihak tertanggung berkaitan dengan resiko yang akan dipertanggungkan dan polis adalah bukti perjanjian penutupan asuransi.
  • Polis asuransi juga bisa dikatakan sebagai sertifikat, akta, atau surat yang dibuat secara tertulis dan dikeluarkan oleh perusahaan asuransi yang akan dibayarkan sesuai pertanggungan atau masa jatuh tempo oleh perusahaan asuransi sebagai penjaminnya.
  • Pengertian polis asuransi menurut para ahli berikutnya juga bisa diterangkan sebagai suatu perjanjian asuransi atau pertanggungan yang berlaku karena adanya kesepakatan. Perjanjian tersebut harus dibuat secara tertulis dalam suatu dokumen atau akta antara pihak yang bersepakat. Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa polis adalah tanda bukti perjanjian pertanggungan yang menjadi bukti tertulis atas kesepakatan tersebut.

Standar pada polis pada umumnya terdiri atas, schedule atau ikhtisar pertanggungan atau hal-hal utama yang perlu diketahui oleh tertanggung. Informasi tersebut terdiri dari nama, nilai pertanggungan, obyek yang dipertanggungkan, besarnya nilai premi, periode asuransi, serta daftar klausula tambahan. Setelah itu ada pula judul polis, pembukaan, penjaminan atau yang biasa disebut operative clause, pengecualian, tanda tangan pihak perusahaan, serta uraian.

Pengertian polis asuransi (Fotolia)

Pengertian polis asuransi (Fotolia)

Setelah mengulas tentang pengertian polis asuransi Anda juga sebaiknya memahami apa manfaat dari polis asuransi tersebut. Berkaitan dengan asuransi polis adalah surat perjanjian atau bukti tertulis antara pihak-pihak yang mengadakan perjanjian dalam hal ini adalah perusahaan asuransi dan nasabah. Inilah pengertian polis asuransi dan fungsinya bagi tertanggung dan bagi perusahaan.

Pengertian Polis Asuransi dan Fungsinya Bagi Kedua Belah Pihak

Bagi tertanggung

Polis asuransi merupakan bukti tertulis atas jaminan perlindungan untuk mengganti kerugian yang mungkin terjadi yang akan ditanggung oleh polis. Kedua, polis berfungsi sebagai bukti pembayaran premi kepada penanggung. Dan terakhir, polis adalah bukti yang kuat untuk mengajukan tuntutan kepada penanggung bila lalai tak memenuhi kewajibannya.

Bagi penanggung

Sementara bagi penanggung atau perusahaan, fungsi polis adalah sebagai bukti atau tanda terima premi asuransi dari nasabah atau tertanggung. Polis juga merupakan bukti tertulis atas jaminan yang diberikan perusahaan terhadap tertanggung untuk membayar biaya perlindungan (ganti rugi) yang suatu saat terjadi kepada tertanggung. Terakhir, polis adalah bukti otentik untuk menolak klaim atau tuntutan ganti rugi bila penyebab kerugian tak memenuhi syarat dari kesepatakan yang dibuat sebelumnya.

Sesuai dengan pasal 255 KUHD (Kitab Undang-Undang Hukum Dagang, perjanjian asuransi harus dibuat secara tertulis dalam bentuk dokumen atau akta yang dinamakan polis. Kemudian sesuai dengan Pasal 19 ayat 1 PP No. 73 tahun 1992 tentang Penyelenggaraan Usaha perasuransian,

Polis atau bentuk perjanjian asuransi dengan nama apapun, disertai dengan lampiran yang merupakan kesatuan polis, tidak boleh memuat kata-kata, atau kalimat yang dapat menimbulkan menyebabkan penafsiran berbeda tentang risiko yang ditutup asuransinya, kewajiban penanggung dan kewajiban tertanggung, atau dapat mempersulit tertanggung mengurus haknya” (19 ayat 1 PP No. 73 tahun 1992)

Berpedoman pada ketentuan hukum tersebut, pengertian polis asuransi yang diutarakan oleh Prof. Abdulkadir Muhammad, S.H. bahwa polis berguna sebagai alat bukti yang tertulis bahwa ada perjanjian asuransi antara dua pihak, yakni pihak tertanggung dan penanggung. Nah semoga ulasan ini dapat membantu menambah wawasan Anda di bidang asuransi.

Info Asuransi:

pengertian polis asuransi menurut para ahli - pengertian polis menurut para ahli - pendapat molengraaff tentang asuransi - sertifikat polis adalah - pengertian dokumen asuransi - polis menurut beberapa ahli - dokumen polis asuransi - pengertian polis dalam uu - pengertian polis cullen menurut para ahli - pengertian polis beserta fungsinya - pengartian polis asuransi menurut para ahli - pengertian polis asueansi menurit para ahli - pengertian polis dan fungsi polis - pengertian polis menurut aristoteles - uraikan bukti surat perjanjian antara pihak yang mengadakan perjanjian asuransi yang memuat - tuntutan periode polis - sertifikat polis - polis asuransi menurut para ahli - Polis asuransi menurut Aristoteles - perjanjian penanggung yg dibuat akta tertulis - periode tuntutan polis - pengertian tanda terima polis - pengertian polis para ahli - pengertian polis ansuransi - pengertian phoilis geography - pengertian menambah polis - fungsi sertifikasi asuransi - fungsi dari dokumen asuransi - dokumen asuransi adalah dan fungsinya - definisi polise menurut para ahli - Definisi bagaimana asuransi menurut ahli - berdasarkan undang polis adalah - arti ahli polis asuransi - apakah polis merupakan alat bukti terkuat dalam hukum asuransi - jelaskan pengertian polis menrut para ahli - makala polis asurasisi - pengertian klaim asuransi menurut para ahli - pengertian buku polis menurut uu - pengertian buku polis asuransi mwnurut undang indang - pengertiam buku polis asuransi menurut undang undanh - pendapat pakar asuransi kesehatan - pemgertian polis asuransi menurut para ahli - pegertia polis menurut uu - maksud sertifikat polis - apakah polis itu dikatakan sebagai -
Content Protection by DMCA.com